Share :  

I. PENDAHULUAN

  1. Tuhan menjanjikan dan mengingatkan bahwa Dia adalah Allah yang maha tahu Yes 21:11; 42:9; 46:10 (tahu dengan tepat apa yang akan datang) dan sudah memberitahu kepada kita lebih dahulu rahasia-rahasia yang akan datang Amos 3:7, Wah 10:7, sebab rahasia-rahasia itu dikatakan-Nya pada orang yang takut akan Tuhan Wah 25:14, Yoh 15:15. Rahasia-rahasia ini diberitahukannya lebih dahulu, supaya umat Tuhan yang takut akan Tuhan dipersiapkan lebih dahulu seperti Nuh Kej 6:13, bahkan Abrahampun dibuat tahu lebih dahulu sehingga bisa bersyafaat bagi Lot yang tidak bersedia Kej 18:27.
  2. Apa yang akan terjadi dalam tahun depan 2011? Tahun 2010 sudah banyak memberi kejutan-kejutan, lebih-lebih yang cocok dengan Firman Tuhan yang menceritakan tentang tanda-tanda kedatangan-Nya (tanda-tanda khas yang melekat pada tanda-tanda kedatangan Tuhan itu: global, belum pernah ada, tiba-tiba menghebat, terjadi bersama-sama di seluruh dunia). Pasti tahun depan tanda-tanda itu akan makin banyak dan makin menghebat sebab hari kedatangan-Nya makin dekat, oleh karena itu kita harus bersedia Mat 24:42.
  3. Minggu ke-70 Daniel akan dimulai. Kita tidak tahu kapan, tetapi pasti sudah lebih dekat dari tahun-tahun yang lalu, bahkan kalau sudah waktunya, tanda-tanda akan dinyatakan bagi orang yang hidup dipimpin Roh Yes 13:2 (catatan khotbah YS59), orang Halaman dan Luar Halaman tidak akan tahu, tetapi yang dipimpin Roh (Ruangan Suci) akan tahu dan itu pasti sangat menguntungkannya. Orang yang tahu dan tidak, itu nasibnya berbeda! Sebab mengerti rahasia akhir zaman itu sangat mempengaruhi hidup rohani orang yang tahu (yang berjalan dalam Roh), ia akan bisa memilih nasib yang baik, dan mendapat banyak keuntungan sebab tahu lebih dahulu apa yang akan terjadi. (Bandingkan kalau orang tahu harga-harga barang yang akan datang, pasti untung besar, lebih-lebih tahu perkara-perkara yang akan datang).

II. APA YANG AKAN TERJADI DALAM TAHUN YANG AKAN DATANG?

Semua orang mempunyai kepentingan dalam hari-hari yang akan datang dan kalau ia tahu, pasti lebih untung, bisa bersedia. Meskipun akan terjadi hal-hal yang dahsyat, orang beriman tidak perlu putus asa atau kecil hati, sebab Allah menguasai penuh semua peristiwa yang akan datang dan Ia menghendaki semua orang selamat dan untung karena Ia cinta semua orang 2Pet 3:9, 1Yoh 4:8, istimewa orang-orang yang percaya dan cinta kepada-Nya.

  1. Orang dunia mengharapkan supaya hidupnya menjadi lebih baik, lebih sukses, lebih kaya, lebih bahagia dan senang dan bisa membereskan semua problemnya, tetapi harapan itu seringkali seperti mengharapkan bintang di langit.
  2. Orang beriman yang sungguh-sungguh berharap bisa makin meningkat rohaninya dan tahu rahasia peristiwa-peristiwa yang akan datang, lebih-lebih kapan Tuhan datang. Kita diperintahkan Tuhan untuk selalu siap menghadap Tuhan Amos 4:12, apalagi di akhir zaman ini, kita mutlak harus bersedia Mat 24:42. Kedatangan Tuhan itu makin lama makin dekat dan makin pasti. Persiapan kita harus betul-betul sudah matang. Minggu ke-70 Daniel adalah masa penamatan rencana Allah bagi Gereja dan dunia umum (tetapi belum kiamat).

III. MENGAPA KITA HARUS SIAP MENGHADAPI MINGGU KE-70 DANIEL

  1. Supaya bisa ikut dalam rencana penamatan Allah. Minggu ke-70 Daniel ini adalah masa yang genting dan dahsyat untuk semua orang, sebab itu orang beriman harus sudah mahir berjalan dalam Roh sehingga bisa:
    1. Tahu saat Minggu ke-70 Daniel mulai, lalu 3,5 tahun kemudian pengangkatan dan
    2. Bisa kuat digembleng, untuk ikut dalam rencana penamatan Allah sehingga bisa ikut pengangkatan (minimum) atau menjadi sempurna (target Allah)
  2. Supaya jangan sampai jatuh, sebab pada akhir zaman istimewa dalam Minggu ke-70 Daniel yang dahsyat (3 Antikris pendahulu sudah muncul, itu dahsyat sekali dan dosa begitu banyak dan hebat sehingga) banyak orang beriman jatuh 1Tim 4:1, 2Tes 2:3, rohaninya rusak, rumah tangga banyak yang hancur (lebih dari hari-hari yang lalu bahkan akan memuncak ). Pekerjaan iblis juga akan meningkat, istimewa sesudah ia diusir dari Surga pada hari-hari ini Wah 12:12, sebab itu ia sangat marah dan mengamuk! Wai bagi orang-orang yang tidak bersedia, mudah jatuh!

IV. PRINSIP BERSEDIA Mat 24:42

Bersedia adalah hidup dalam Ruangan Suci dan hidup di Halaman (kanak-kanak, tidak tumbuh, jatuh bangun dalam dosa) adalah hidup yang tidak bersedia.

  1. Berjalan dalam Roh Orang yang tidak hidup atau berjalan dalam Roh, tidak akan bisa yakin bahwa Minggu ke-70 Daniel sudah mulai, mereka akan menertawakan orang-orang yang yakin seperti zaman Nuh 2Pet 2:5 dan zaman Lot Kej 19:14. Orang yang tidak yakin akan lebih mudah setengah hati, suam, kurang sungguh-sungguh dan terseret arus dosa (sebab yakin masih ada waktu). Bersedia adalah berjalan dalam Roh, terus menerus seperti ligabis (= lima gadis bijaksana), jangan seperti ligabo (= lima gadis bodoh) yang nasibnya seperti Saul, penuh Roh Kudus tetapi celaka! Ini cara bersedia yang betul, yaitu selalu lekat pada Kristus seperti carang pada pokoknya Yoh 15:5, selalu di dalam Ruangan Suci, hidup suci, pikul salib, tekun dalam Firman Tuhan (2 gomer), perjamuan suci, ibadah dan pelayanan, doa dalam Roh dan kebenaran, persekutuan tubuh Kristus, ini semua adalah ciri-ciri dari orang yang berjalan dalam Roh. Semua ini harus dikerjakan dengan tulus. Ada orang melayani Tuhan bahkan dengan heran, tetapi tidak tulus, hidupnya di jalan lebar (hanya waktu tugas di jalan sempit supaya ada urapan) hidup seperti ini tidak selalu dipimpin Roh, tidak selalu di dalam Ruangan Suci. Sekalipun "dipakai Tuhan" heran, tetapi sebab hidup di jalan lebar, dianggap orang jahat, ditolak dari Surga dan masuk Neraka Mat 7:23. Kita harus memperhatikan hal ini baik-baik. Sekalipun pikul salib dalam hal-hal tertentu tetapi berbuat dosa (atau simpan dosa dan tidak bertobat) itu berarti hidup di jalan di jalan lebar, tetap dianggap orang jahat dan akhir dari jalan lebar ini ke Neraka, sia-sia. Hidup campuran dosa dan kesucian, meskipun ikut pelayanan, ia tetap berada di jalan lebar (setan setuju, tidak anti), tetapi oleh Tuhan dianggap sebagai orang berdosa dan akhirnya masuk neraka. Jalan lebar pasti berakhir ke Neraka. Jangan bersedia di jalan lebar, sia-sia, akhirnya masuk neraka.
  2. Hidup bersedia itu indah dan sukacita. Kalau dipaksa, hidup bersedia itu berat dan tidak enak, tetapi kalau dengan pengertian dan rela, mau, itu menjadi hidup yang indah dan penuh sukacita Mat 10:28-30, Kis 5:41. Orang yang hidup dipimpin Roh (di dalam Ruangan Suci) akan tumbuh rohaninya dengan baik, pengertian Firman Tuhan cepat meningkat 2Pet 3:18 dan kuat (karena Roh Kudus) untuk menjadi penurut Firman Tuhan, bukan hanya pendengar, maka iamempunyai pondasi yang kuat Mat 7:24-28, Kol 2:7 sehingga bisa tahan dalam arus dosa yang begitu keji dan limpah dan hidupnya akan selalu sejahtera dan sukacita Flp 4:7,4, Mat 11:30 serta berbuah-buah. Andaikata Tuhan masih lama datang, cara hidup bersedia itu amat indah, kalau orang itumengerti, ia akan berusaha mati-matian untuk hidup seperti ini. Sama sekali tidak ada alasan untuk menolak hidup bersedia, itu hidup yang berarti dan penuh sukacita dan terus meningkat dalam kemuliaan Allah sampai kekal. Tidak bersedia, itu hidup sia-sia.

V. TUHAN SUDAH MENGATAKAN LEBIH DAHULU

Bila Tuhan mengatakan rahasia ini kepada kita?  Dengan berjalan dalam Roh Mat 3:1,4; Luk 4:1 dan tekun belajar Firman Tuhan, kita akan mengerti rahasia-rahasia perkara yang akan datang yang disediakan Tuhan bagi orang yang takut kepadanya Maz 25:14. Kita harus usaha untuk mendapatkan rahasia tentang hari-hari yang akan datang, istimewa pada akhir zaman sebab ada rencana Allah yang luar biasa yaitu penamatan, untuk menjadi sempurna seperti Dia. Dalam hari-hari yang akan datang (2011 dst) makin lama kita harus makin mengerti rahasia-rahasia akhir zaman supaya bisa mengambil keuntungan rohani (dan jasmani) sebanyak-banyaknya dan memang itu yang disediakan Allah, supaya kita bisa tumbuh dengan cepat, berbuah-buah dan mengalami zaman keemasan Gereja yang terbesar dalam rencana Allah Hag 2:10, Wah 12:1. Semua rahasia yang akan datang lengkap ada di dalam Alkitab! Kalau kita tidak tekun mencarinya (di dalam Ruangan Suci, jangan di luar, tidak dapat apa-apa Mrk 4:11) itu terlalu bodoh, rugi dan celaka! Semua rahasia peristiwa-peristiwa yang akan datang sudah ada dalam Alkitabkita, lengkap, asal kita mau hidup dipimpin Roh terus menerus. Roh Kudus akan membukakan rahasia-rahasia yang akan datang bagi kita 1Kor 2:10, Yoh 16:13 sampai kita akhirnya (dalam Minggu ke-70 Daniel) bisa mengerti semuanya dan memanfaatkan pengertian ini untuk tumbuh, berbuah-buah lebat sehingga ikut masuk dalam rencana penamatan yang sangat mulia. Bagi orang-orang yang ikut dalam rencana penamatan Allah, itu berarti menjadi anggota Gereja Hujan-akhir (ini Gereja global), itu sangat indah seperti hidup di Surga meskipun masih di bumi. Memang ini rencana Allah bagi Gereja Tuhan, percayalah, Dia Bapa yang cinta kita dan maha kuasa! Memang hukumnya keras 2Kor 10:6, tetapi bagi orang yang hidup dipimpin Roh itu tidak apa-apa, justru indah (seperti peraturan keras bagi pencuri, itu tidak masalah bagi orang yang jujur, sebab ia tidak akan kena peraturan itu). Allah memberi peraturan keras bukan untuk menjatuhkan orang dalam hukuman, tetapi justru supaya sama sekali menolak dosa dan tipu daya setan, sehingga tumbuh sangat cepat. Kalau kita suka membagi-bagi rahasia Firman Tuhan, itu membagi-bagi makanan, kita akan makin limpah Ams 11:24-26. Sebab itu bagi-bagikan pada orang yang hatinya terbuka, bagi terus, sekalipun hanya pada satu orang, pikiran kita akan makin terbuka dan bisa menyerap rahasia-rahasia akhir zaman lebih banyak, lebih tumbuh, lebih berbuah-buah. Bagi-bagikan dengan pengorbanan, penuaiannya akan lipat kali ganda.

VI. MENGAPA YANG TIDAK BERSEDIA AKAN JATUH?

Sebab akan ada pemisahan antara yang bersedia dan tidak bersedia, bukan karena Allah jahat, tetapi sebab saatnya datang bagi umat Tuhan untuk diirik Mat 3:12 gandum dan sekam akan diirik (atau ditampi) dan dipisahkan, untuk masuk dalam lumbung dan sekam untuk dibakar. Juga dalam Matius 13:30. Akan ada pemisahan antara yang sungguh-sungguh dan setengah hati, antara gandum dan sekam atau lalang. Pemisahan itu disebabkan karena:

  1. Dosa dan kesucian meningkat sampai puncak-puncaknya, batas antara dosa dan suci makin lebar, yang setengah hati tidak akan tahan. Orang Halaman (= ingin bahkan cinta dosa, tidak mau mematikan daging) akan terseret oleh dosa yang dicintainya seperti Lot, terseret sampai masuk Sodom Gomora. Kalau mau sungguh-sungguh bertobat, mematikan semua keinginan / percintaan dosa, baru bisa tahan dalam semua pencobaan dosa, lulus danlangsung naik dan terus tinggal di sini dan terus tumbuh.
  2. Ujian akhir datang 1Pet 4:7. Sudah matang atau tidak, siap atau tidak, semua harus ikut ujian akhir. Mereka yang tidak dipimpin Roh (punya Meterai dari Allah Yeh 9:4-5) akan gugur dalam ujian ini. Godaan, ancaman, jerat dan macam-macam usaha iblis yang marah, menyeret orang yang tidak bersedia dalam arus dosa sampai keluar Halaman.
  3. Syarat minimum meningkat, dahulu Pintu Gerbang sekarang Pintu Kemah:
    1. Akan ada pemisahan antara yang setia dan yang tidak setia 1Kor 11:19. Dahulu sekam bisa bersama-sama, sekarang dipisahkan, kecuali orang itu bertobat menjadi gandum Mat 3:12; 13:30
    2. Ligabo ditolak untuk masuk dalam persiapan pertemuan mempelai Mat 25:13. Dahulu ligabo dan ligabis selalu bersama, sekarang harus dipisahkan
    3. Tuhan beri limpah fasilitas rohani, Tuhan juga tuntut lebih banyak, artinya harus lebih rohani, sebab memang ini yang dibutuhkan Luk 12:48
    4. Orang yang bercabang hati, suam, setengah hati akan diludahkan keluar Wah 3:16 dipisahkan dari yang sungguh-sungguh

Campuran dosa dan pelayanan itu berarti di jalan lebar, dihitung sebagai orang berdosa dan ditolak, ujungnya ke Neraka!

VII. YANG DIPIMPIN ROH AKAN TUMBUH DENGAN CEPAT

Ini terjadi dalam Minggu ke-70 Daniel, tetapi sekarang sudah bisa dialami sebagian bahkan seluruhnya.

  1. Pola Putra manusia Yesus yang dalam 3,5 tahun pelayanan-Nya tumbuh menjadi sempurna. Pelayanan yang tulus di jalan sempit menghasilkan pertumbuhan yang sangat cepat 2Tim 2:21.
  2. Target Minggu ke-70 Daniel: menamatkan rencana Allah, Gereja harus menjadi sempurna, 3 angka kedatangan Tuhan digenapi dan terjadi pengangkatan Mat 24:14, Rom 11:25, Wah 14:1.
  3. Bisa? Bisa sebab:
    1. Allah tidak pernah gagal Luk 1:37, Ay 42:2
    2. Fasilitas rohani dan jasmani diberi lengkap dan limpah. Misalya Hujan-akhir Ul 11:14, pembukaan seluruh Firman Tuhan Mat 10:26-27, sebab itu bisa makan 2 gomer, pasti Tuhan sediakan. Juga ada persekutuan tubuh Kristus global, hasilnya berlipat kali ganda Im 26:8. Semua hidup bersama dalam keuangan sebab ada hukum yang keras dan semua orang-orang ini yakin bawah Minggu ke-70 Daniel sudah mulai, mammon dikalahkan. Tiga Pribadi Allah bekerja sama sehingga hasilnya luar biasa Wah 12:1.
    3. Rencana Tuhan hanya 3,5 tahun, harus selesai seperti contoh Putra manusia Yesus.
    4. Orang yang mau, Roh Kudus yang memberi kemampuan dan menyempurnakan Zak 4:6.
  4. Cara tumbuh cepat. Hidup dan pelayanan orang yang dipimpin Roh itu sangat efektif, limpah dengan hikmat dan kuasa Allah seperti pelayanan Putra manusia Yesus, sehingga selalu berkemenangan Rom 8:37, bahkan seperti pawai kemenangan 2Kor 2:14. Ini juga dibantu pelayanan jabatan (spesialisasi) bahkan pelayanan orang sempurna (spesialisasi semua segi seperti Kristus). Orang-orang seperti ini mahir dipimpin Roh dengan limpah Yoh 3:34 sehingga tumbuhnya seperti tentara akhir zaman dalam Yoel 2:7, dst.Tumbuhnya seperti lari, naik bahkan lompat tembok, seorang diri memecahkan satu pasukan Maz 18:30.
  5. Sikon. Tuhan menguasai sikon global, ini ikut membantu pertumbuhan yang cepat. Hujan-akhir dan hukum yang keras serta dosa yang limpah di luar Gereja itu semua membuat pelayanan dan pertumbuhan dan pengolahan yang sangat efektif Ibr 2:10. Semua harus dilakukan dengan tulus dan sungguh-sungguh, kalau tidak celaka, tetapi justru dengan demikian, pengolahannya baik dan tumbuhnya sangat pesat. Orang yang setengah hati apalagi munafik akan mati di tempat.

VIII. KESIMPULAN

Kita tidak tahu apa isinya tahun dan hari-hari yang akan datang. Tetapi Tuhan sudah mengatakan pada kita sedikit demi sedikit sampai semuanya terbuka, lebih-lebih pada Minggu ke-70 Daniel, semua sudah terbuka. Semua rahasia yang akan datang lengkap ada dalam tangan orang-orang beriman yaitu dalam Alkitab dan kalau mau dipimpin Roh kita akan mengerti rahasia Tuhan dan ini akan sangat menguntungkan rohani dan jasmani kita. Tekun belajar Alkitab, hidup dipimpin Roh, sehingga kita mengerti dan taat melakukan kehendak Tuhan, maka kita akan makin mengerti dan kuasa Allah akan cukup untuk melakukan kehendakNya; Ini hidup indah, puas, sukacita, sejahtera, berbuah-buah dan tumbuh dengan sangat cepat, sehingga banyak yang menjadi sempurna seperti pola kecepatan pertumbuhan Putra manusia Yesus. Makin tinggi, makin kuat, makin indah, makin mulia untuk kekal. Jangan takut kesukaran-kesukaran jasmani, sebab makin mahir dipimpin Roh, kemenangan makin banyak seperti pawai kemenangan. Zaman keemasan ini membuat iblis diinjak-injak hancur lebur, tetapi dalam daerah iblis orang-orang diinjak-injak dalam dosa habis-habisan begitu keji dan hina. Dunia akan punya dua puncak, yaitu puncakkesucian dan kenajisan dosa. Kita harus masuk salah satu; yang plin plan, bodoh, tidak mengerti, tidak punya pendirian akan hanyut dalam arus dosa dalam jalan lebar, menuju puncak-puncak dosa dan neraka. Tetapi yang berjalan dengan Tuhan dengan tulus, itu di jalan sempit, akan mengalami hidup yang luar biasa, indah dan berbuah-buah, siap menunggu Tuhan kapan saja.

Nyanyian

Ku 'kan tahu hari esok