Share :  

 

I. BISA TAHU KEDATANGANNYA?

Tuhan mengumpamakan kedatangan-Nya seperti pencuri yang tidak diketahui kapan ia datang. Kita harus berjaga-jaga seperti ini yaitu:

  1. Kalau kita tidak tahu kapan si pencuri itu datang, kita harus selalu siap misalnya mengunci pintu dengan baik, dll. Memang kita tidak tahu kapan ia datang.
  2. Kalau tahu pada waktu jaga yang mana pencuri datang, maka kita harus berjaga-jaga (KJI). Ada empat waktu jaga dalam Markus 13:35 (32-37), dikatakan kalau tuan rumah tahu pada waktu jaga yang mana. (Waktu jaga sore hari 6-9 malam, tengah malam 9-12, ayam berkokok 12-3 dan pagi hari jam 3-6 pagi). Memang orang beriman yang "tidak tidur" akan tahu dalam waktu jaga yang mana Tuhan Yesus akan datang 1Tes 5:1-8.

Kita tahu pada waktu jaga yang mana Tuhan datang. Orang-orang beriman harus tahu tanda-tanda zaman supaya tahu apakah kedatangan Tuhan sudah dekat atau belum Mat 16:3. Tanggalnya kita tidak tahu tetapi masanya (waktu jaga yang mana) kita bisa tahu.
Jadi kita harus tahu tanda-tanda kedatangan-Nya, supaya meskipun belum tahu tanggalnya, tetapi tahu sudah dekat atau masih lama. Meskipun ini relatif, itu perlu supaya kita terus meningkatkan berjaga-jaga, dengan kata lain kita harus siap dengan keadaan atau senjata yang cukup untuk menghadapi pencuri sehingga kita tidak dirugikan, dengan kata lain kalau Tuhan datang jangan sampai tertinggal! Memang sekarang kita hanya tahu tanda-tanda kedatangan-Nya, tetapi kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel, kita bisa tahu lebih tepat, sebab pengangkatan akan terjadi tidak lebih dari 3,5 tahun kemudian.

II. BERJAGA-JAGA KEMBAR

Kita berjaga-jaga itu kembar, baik untuk pengangkatan atau untuk kematian, sebab keduanya mempunyai pengaruh yang sama.

Pada waktu orang beriman mati, ia sudah bertemu Tuhan, itu sudah merupakan kedatangan Tuhan secara pribadi baginya. Ia sudah menikmati kerajaan Surga (dalam rohnya) tetapi belum bangkit, baru pada waktu pengangkatan, ia akan bangkit dan bertemu lagi dengan Tuhan Yesus di udara dalam tubuh kemuliaan. Sebab itu kita harus bersedia untuk dua kemungkinan itu yang sama artinya untuk kekal bagi kita. Keduanya itu datang pada saat yang kita tidak tahu; kadang-kadang kita tahu kira-kira waktunya Maz 90:12, sebab itu kita harus terus berjaga-jaga, terus ada dalam jalur bersedia yang betul, artinya tidak simpan dosa, terus melakukan kehendak Allah, siap sedia setiap saat Amos 4:12 dan meningkat setinggi mungkin dalam rohani sebab tingkat rohani kita pada saat terakhir itu menjadi ukuran kemuliaan yang akan kita terima dari Tuhan untuk kekal di Surga. Jangan sampai grafik rohani kita turun tetapi terus meningkat dan saat terakhir hendaknya ada di puncak-puncaknya, jangan seperti Nuh yang grafiknya turun drastis karena tidak berjaga-jaga tetapi mabuk Kej 9:20-21, Luk 21:34-36.

III. BERJAGA-JAGA SUPAYA IKUT RENCANA PENAMATAN ALLAH

Ini sudah dipesan Allah berkali-kali dalam banyak ayat, supaya kita tidak sampai gugur pada Akhir Zaman tetapi ikut dalam rencana penamatan rencana Allah yang besar, yaitu puncak rencana Allah dimana Gereja Tuhan akan disempurnakan, lalu Israel diselamatkan Rom 11:25.

  1. Ikut rencana penamatan Allah
    Ini saat yang ditunggu-tunggu Allah dan umat-Nya. Kalau sudah sampai saatnya Gereja akan disempurnakan lalu Tuhan datang. Bila ini terjadi? Tiga angka kedatangan Tuhan harus digenapi dahulu yaitu:
    1. Matius 24:14 Seluruh dunia sudah mendengar Injil
    2. Roma 10:25 Jumlah orang yang percaya genap, dan
    3. Wahyu 14:1 Jumlah orang beriman yang tumbuh menjadi sempurna juga genap
      Kalau ketiga angka ini genap berarti terjadi pengangkatan. Untuk menyelesaikan rencana penamatan ini dibutuhkan kira-kira 3,5 tahun dan itu dimulai dengan tanda lonceng nubuatan Daniel dijalankan kembali yaitu nubuatan tentang Minggu ke 70 Daniel Dan 9:24-27.
  2. Kejatuhan orang-orang beriman
    Ini saat yang dahsyat sebab untuk penyempurnaan itu berarti Gereja dituntut jauh lebih banyak supaya bisa jadi sempurna. Orang yang tidak berjaga-jaga tidak akan tahan dan jatuh, tetapi orang yang berjaga-jaga bisa ikut rencana penamatan Allah yang mulia ini.
    Kalau saatnya sudah sampai untuk penamatan rencana Allah, orang beriman yang tidak mau berjaga-jaga, yang hidup dalam dosa, rohaninya tertidur 1Tes 5:6-8 akan jatuh. Tuhan sudah tahu lebih dahulu, sudah menubuatkan bahwa akan ada banyak kejatuhan yaitu orang-orang beriman yang tidak mau taat akan Firman Tuhan, yang terus minum anggur lama dan anggur Sodom, sebab keras kepala seperti orang Israel, mereka akan berguguran 1Tim 4:1, 2Tes 2:3. Bahkan sepertiga bintang (yaitu turunan Abraham yang di atas, penuh Roh Kudus) masih ada sepertiga yang gugur Wah 12:4. (Tuhan beri Hujan Akhir sehingga jumlah yang penuh Roh Kudus itu begitu banyak. Sekarang saja sudah lebih kurang 1 miliar sejak tahun 1900, lebih-lebih pada waktu masuk Minggu 70 Daniel, waktu itu ada Hujan Akhir, jumlahnya akan makin meningkat!). Sebab itu bersedialah, perhatikan Firman Tuhan, jangan menjadi pendengar yang terlupa, hanya dengar tetapi tidak mau taat Yak 1:23, nasibnya akan celaka.
    Orang yang mau berjaga-jaga itu penuh dan dipimpin Roh, masuk dalam Ruang Suci. Ia ada dalam jalur yang betul sejak sekarang, sebab kalau sudah sampai Minggu 70 Daniel, sulit pindah jalur, sebab keadaanya akan sangat sulit bahkan tidak mungkin untuk orang yang tidak mau dengar-dengaran, yang hatinya selalu bercabang, suam, mendua dan hidupnya di jalan lebar sekalipun sudah tahu! Ada beberapa banyak orang Kristen pada Akhir Zaman yang masih sembarangan seperti ligabo, apalagi karena tertipu oleh kemanisan dosa dan dunia, orang-orang  ini akan gugur semuanya. Bahkan orang-orang yang sudah penuh Roh Kudus harus terus memperhatikan supaya jangan sampai ia termasuk 5 gadis bodoh tetapi 5 gadis bijaksana. Orang yang ada di jalur yang betul itu adalah orang-orang yang mempunyai:
    1. Dua gomer Firman Tuhan Kel 16:22. Banyak orang membuang kesempatan untuk belajar Firman Tuhan, akan kelaparan dan jatuh dalam pencobaan Ams 1:29-32, Luk 14:24.
    2. Minyak dua kali ganda, dalam pelita dan dalam persediaan Mat 25:3-4, yaitu dengan limpah berdoa, baik dalam kamar dan di mana saja terus berdoa tanpa berhenti 1Tes 5:17.
    3. Persekutuan tubuh Kristus yang betul 1Yoh 1:7 dengan kasih dan kesucian (limpah Firman Tuhan). Orang yang mengerti kebenaran akan bisa membedakan persekutuan tubuh Kristus yang betul, yaitu Gereja-gereja jalan sempit dan tetap lekat; yang lepas karena bodoh, tidak mengerti, ada perkara, akan jatuh dalam pencobaan dan tertinggal 1Kor 11:19 atau menjadi pengikut Antikris 1Yoh 2:18-19.
    4. Tekun dalam pelayanan di Gereja dan di mana saja Mat 5:13-14. Kalau kita ada dalam persekutuan tubuh Kristus yang betul, maka kita bisa bersama-sama menikmati kesempatan-kesempatan dan penderitaan salib dalam dunia ini, itu makin indah dan makin efektif. Dengan persekutuan tubuh Kristus yang betul, kita akan makin kuat dan tepat memakai semua kesempatan yang ada Im 26:8.

III. BISA BERTEKUN DALAM MASA YANG DAHSYAT

Mengapa keadaan menjadi sangat sulit waktu Tuhan Yesus akan datang 2Tim 3:1-5? Sebab dosa akan meningkat sampai puncak-puncaknya, juga kesucian Wah 22:11 akan ada 2 puncak yaitu dosa dan kesucian. Dosa dan kejahatan meningkat luar biasa, ini menimbulkan masa yang sangat sulit, seolah-olah dunia makin berubah seperti Neraka, makin dahsyat. Tetapi Gereja juga makin meningkat, beda kesucian dan dosa makin besar tetapi ada di dunia yang sama, bahkan sangat dekat, dosa dan kesucian dengan segala proyek-proyek itu bertetangga, jalan lebar dan jalan sempit bertetangga, tetapi jumlah orang di jalan lebar lebih banyak, jangan kecil hati. Gereja yang mau taat hidup di jalan sempit, jangan takut, sebab Allah sanggup menyelesaikan rencana-Nya sampai Gereja itu jadi sempurna. Sebab itu untuk bisa bertekun dalam sikon seperti ini, tingkat rohani umat Tuhan harus lebih meningkat (terus di dalam Ruang Suci) bisa tidak sampai jatuh. Ada 10 hal yang membuat keadaan itu makin sulit dan menuntut orang-orang beriman makin meningkat supaya bisa tahan. Keadaan itu adalah:

  1. Wahyu 22:11 Dosa dan kesucian meningkat, ini sekaligus menjadi pengolahan dan ujian bagi Gereja yang makin tumbuh sampai sempurna.
  2. 1 Petrus 4:17 Masa hukuman rumah Allah
    Untuk meningkat selalu ada ujian dan ini ujian akhir bagi Gereja untuk masuk dalam kesempurnaan.
    Ujian akhir itu biasanya hanya untuk siswa yang tingkatannya sudah sampai di kelas terakhir, bukan untuk siswa di kelas permulaan. Biasanya ujian akhir ini untuk pribadi-pribadi yang sudah matang, tingkatnya hampir sempurna seperti Abraham, Ayub, Daniel, Yusuf, Elisa, dll dan yang sudah lulus seperti Henokh, Elia, "Musa".
    Tetapi pada masa ini semua orang Kristen, bersedia atau tidak, sudah matang atau tidak, harus masuk dalam masa kesusahan yang dahsyat 2Tim 3:15 dan mereka yang sekarang tidak mau bersedia akan gugur. Sebab itu bersedialah, jangan keras hati atau tidak percaya. Yang mengerti untung, yang tidak taat buntung, celaka bisa mati dalam dosa yang sangat banyak atau tertinggal dan masuk zaman Antikris.
  3. Ulangan 11:14 Hujan Akhir datang
    Hujan Awal dimaksudkan untuk membongkar tanah dan menumbuhkan benih yaitu untuk memulai, Gereja lahir dalam zaman ?? selama 2ribu tahun Tuhan sudah menumbuhkan Gereja-Nya dan sekarang dengan Hujan Akhir Tuhan akan menyempurnakan Gereja-Nya yang ??? yang sudah dewasa dan sudah ??? mayangnya; Hujan Akhir datang supaya buahnya matang dan dituai masuk lumbung. Dengan adanya Hujan Akhir (pengurapan yang dua kali ganda), dua gomer manna persekutuan Tubuh Kristus yang bersatu dengan kuat didalam pelayanan, maka Gereja akan tumbuh dengan cepat kepada kesempurnaan.
  4. 2 Korintus 10:6 Peraturan yang keras
    Orang yang main, mendua, tidak tulus, tidak tinggal dalam kesucian akan kena hukuman yang keras dan mati di tempat seperti Ananias dan Safira Kis 5. Mereka yang tidak sungguh-sungguh jadi takut dan undur Kis 5:13, makin terjerumus dalam dosa dan masuk dalam golongan Antikris 1Kor 11:19, 1Yoh 2:18-19.
  5. Matius 25:3-4 Harus berjaga-jaga seperti lima gadis bijaksana
    Mereka yang main-main, mendua, sekalipun sudah penuh Roh Kudus akan ditolak seperti 5 gadis bodoh. Untuk zaman sekarang 5 gadis bodoh masih bisa diterima dan dalam pelayanan sering kali termasuk tokoh-tokoh yang penting dan utama.
    Tetapi kalau tidak ada pengurapan dua kali ganda, selalu dalam pimpinan Roh Kudus di mana saja dan kapan saja, orang-orang ini bisa diterkam singa yang begitu buas dan limpah dalam segala segi hidup di mana-mana 1Pet 5:9. Sebab itu kita harus berjaga-jaga jangan seperti lima gadis bodoh Mat 25:13, sebab minimum dituntut keadaan rohani seperti 5 gadis bijaksana dalam hari-hari ini supaya bisa berjaga-jaga dengan betul dan masuk dalam rencana penamatan Allah dalam 3,5 tahun pertama Minggu 70 Daniel.
  6. Wahyu 11:2 Halaman akan diserahkan kepada Antikris
    Penjahat yang disalib dengan Putra Manusia Yesus itu baru percaya dan bertobat, ia baru masuk Pintu Gerbang dan sudah selamat. Ini tetap berlaku, siapa percaya akan selamat. Tetapi orang-orang yang di Halaman tidak akan tahan segala macam godaan, pencobaan, tekanan, tipu daya dosa dan kejahatan yang memuncak seperti dalam Minggu 70 Daniel ini. Mereka akan gugur dan tidak ikut pengangkatan. Memang Halaman akan tertinggal. Hanya orang yang penuh dan dipimpin Roh (masuk Ruang Suci) yang bisa tahan, sebab itu jangan setengah hati atau bercabang, mendua, tidak akan tahan dalam masa-masa sulit ini.
  7. 2 Timotius 3:1-5, Daniel 7:1-6 Tiga Antikris pendahulu
    Dalam kesukaran dan kejahatan yang akan terjadi itu, ada tiga Antikris pendahulu yang bekerja bergantian di belakang segala kejahatan ini. Kalau kita tidak punya hikmat dan kuasa yang besar. Kita tidak bisa tahan dan tidak akan lolos dari kejahatan dan siasat Antikris-antikris ini. Tanpa hidup penuh dan dipimpin Roh, kita bukan tandingan Antikris dan orang-orangnya yang sangat jahat. Sebab itu orang beriman pada Akhir Zaman harus makin mahir dipimpin Roh, baru kita tahan dan bisa menang atas orang-orang yang sangat jahat ini.
  8. Lukas 17:34-37 Hidup sebagai burung Nazar
    Ini kunci untuk kedatangan Tuhan yang diberitahu oleh Tuhan Yesus pada waktu murid-murid-Nya bertanya tentang pengangkatan.
    Kalau kita ingin ikut dalam pengangkatan, kita harus hidup dalam kesucian dan terbang tinggi seperti burung-burung Nazar ini Ayb 39:30-33. Tidak lagi main-main dalam dosa tetapi jauh daripadanya Yes 33:15-16.
    Memang Gereja akan masuk dalam puncak-puncak kesuciannya pada hari-hari yang sulit ini, limpah dengan kuasa Allah, Perjamuan Suci setiap hari adalah salah satu tanda dari Minggu 70 Daniel dan orang-orang beriman seperti burung Nazar ada di sekitarnya senantiasa.
  9. Lukas 12:48 Dituntut lebih banyak
    Firman Tuhan dibukakan semua Mat 10:26-27, Hujan Akhir dicurahkan, segala janji-janji Allah diberi dengan limpah bahkan tanpa batas, tetapi untuk Gereja yang diberi banyak, juga dituntut banyak. Sebab itu orang yang main-main, kanak-kanak rohani, Kristen Halaman tidak akan tahan kecuali sungguh-sungguh bertobat dan meningkat tinggi dengan Tuhan.
  10. Yosua 3:4 Tabut sebagai patokan
    Waktu Israel keluar dari Mesir, patokannya adalah paskah, salib Kristus. Semua diampuni dan dilepaskan, keluar dari Mesir. Tetapi waktu mereka mau masuk Kanaan, patokannya adalah Tabut yaitu kesempurnaan rencana Allah, Gereja harus tumbuh menjadi mempelai Kristus seperti Tabut. Orang-orang seperti ini yang bisa tahan, paling sedikit terus tumbuh dengan pesat ke arah ini.
  11. Kisah Rasul 10:41 Pelayanan hanya pada orang-orang tertentu (Ruangan Suci)
    Sesudah Tuhan Yesus bangkit, sebagai orang sempurna, Ia melayani hanya pada orang-orang tertentu, yang sudah percaya dan setan, bukan kepada orang banyak seperti biasanya sebelum di salib. Juga pada masa ini ada pelayanan orang sempurna Yoh 1:51 langsung dari tahta Allah dan yang dilayani bukan umum, tetapi hanya orang-orang dalam Ruangan Suci (pelayanan Ruangan Maha Suci hanya untuk Ruangan Suci), sebab Halaman, apalagi Luar Halaman tidak akan tahan, bisa mati di tempat seperti Kis 5. Orang Kristen Halaman dan Luar Halaman mencari Gereja jalan lebar, di situ mereka aman dengan segala dosa dan kekurangan-kekurangannya. Sebab iblis bertahta di dalamnya. Orang-orang di Halaman akan undur dari pelayanan orang sempurna Kis 5:13.
  12. Wahyu 12:1 Gereja mengalami masa keemasan
    Tiga Pribadi Allah bekerja penuh dalam Gereja sehingga Gereja menjadi ajaib. Keadaannya luar biasa, sangat indah, mulia, penuh sukacita seperti Surga tetapi masih di dunia. Orang-orang yang hidup dalam dosa, bercabang atau mendua tidak berani mendekat dan mereka pergi keluar dari Gereja yang ajaib ini, sehingga makin terperosok dalam dosa dan menjadi Antikris atau pengikutnya 1Yoh 2:18-19.

KESIMPULAN

Firman Tuhan tidak pernah salah. Kalau kita tidak mau berjaga-jaga sekarang yaitu hidup penuh dan dipimpin Roh dalam jalur yang betul, tidak akan tahan dan tidak bisa ikut dalam rencana penamatan Allah. Orang-orang yang tidak ikut akan binasa atau menjadi pengikut Antikris. Hari-hari yang akan datang itu sangat dahsyat dari luar dan dari dalam Gereja, sebab itu orang-orang beriman harus betul berjaga-jaga, bersedia kalau mau tahan menghadapi akhir zaman ini. Jangan hidup sembarangan, jangan tinggal di Halaman, jangan mendua, sungguh-sungguh bertobat dan makin mahir dipimpin Roh.

Nyanyian

Berjagalah dan penuh Roh Kudus
Zaman sekarang berjagalah, lihat dunia bergelora