Share :  

Kita menyaksikan perkara-perkara dahsyat yang terus terjadi dalam segala segi silih berganti di banyak negara dan ini akan mencapai puncaknya dan terjadi bersama-sama di seluruh dunia, sangat dahsyat! Bagaimana kita harus menghadapi keadaan atau situasi dunia masa kini dan yang akan datang?

Semua ini mempengaruhi seluruh segi hidup kita, baik dalam hal keuangan, kesehatan, rumah tangga, pergaulan, ibadah,  pelayanan dll. Jangan berjalan sendiri, sebab kemampuan kita terbatas. Orang yang paling pintar dan kuatpun akan bingung dan kocar-kacir menghadapinya apalagi untuk tetap hidup suci dan taat akan Firman Tuhan. Keadaan seperti ini sangat mempengaruhi ibadah dan pelayanan kita, kesucian dan sikap dan tindakan kita.

Bagaimana sikap dan cara kita menghadapi dunia masa kini, lebih-lebih menjelang hari kedatangan Tuhan?

A.    Bersedia menunggu kedatangan Tuhan, jangan terjerat perkara-perkara yang fana.

B.     Harus mengerti peristiwa-peristiwa yang akan terjadi supaya bisa bersedia menghadapinya sehingga tidak bingung, takut atau panik, lalu salah langkah dan celaka.

C.    Terus tumbuh dalam rencana Allah sehingga tidak hidup sia-sia melainkan justru berbuah-buah tabiat baru (buah pertobatan) dan jiwa-jiwa.

D.    Siap setiap saat, untuk masuk dalam  peperangan yang dahsyat ini, jangan sampai gugur dan binasa kekal.

A. BERSEDIA MENGHADAPI KEDATANGAN TUHAN

Lukas 17:32-37

Semua peristiwa yang terjadi dalam dunia ini erat hubungannya dengan kedatangan Tuhan yaitu berhubungan langsung atau tidak langsung dengan penamatan rencana Allah. Contoh: kebijakan atau tindakan suatu negara besar di dunia ini, pengaruhnya  sampai di seluruh dunia, apalagi penggenapan rencana Allah, seluruh dunia terpengaruh. Berbahagialah orang yang ikut serta dalam proyek penamatan rencana Allah, sebab pahalanya besar dan Allah tidak pernah gagal. Semua orang beriman sebagai anggota tubuh Kristus seharusnya ikut dalam rencana Allah, sebab Allah akan menyelesaikan proyek-Nya lewat tubuh Kristus di dunia dan kepalanya adalah Kristus sendiri, pasti berhasil 100% pada waktunya. Dalam proyek penamatan ini, Gereja akan disempurnakan di tengah-tengah dunia yang juga tumbuh dalam kesempurnaan dosanya, sebab itu menarik hukuman Allah.

Lot dikeluarkan dari Sodom, tetapi sayang isteri Lot yang sudah dalam proses lari keluar menjadi tiang garam dan mati sebab bercintakan harta miliknya di Sodom Gomora.

Kasus Lot ini menggambarkan tentang orang-orang yang hendak diselamatkan dari dunia yang jahat ini. Jangan terikat dan bercintakan dunia ini. Orang seperti ini tidak bisa lari untuk ikut dalam pengangkatan seperti isteri Lot, seperti Matius 24:19-21. Ini orang-orang yang celaka (wai berarti celaka), seperti orang-orang yang mengandung dan beranak dosa Yak 1:15. Juga jangan sampai terjadi pada hari Sabat (hanya kewajiban, tetapi tidak ada gairah, suam akan diludahkan, tertinggal), juga jangan terjadi pada musim dingin, yang berarti tidak bisa bekerja apa-apa untuk Tuhan, dingin sebab punya banyak alasan.  Orang yang cinta Tuhan akan penuh gairah sampai berbuah-buah. Orang yang sibuk dengan pelayanan yang tulus dan dipimpin Roh, itu indah dan untung, sebab ia tidak dalam keadaan "musim dingin".

Juga dalam hal-hal jasmani tetap kita  kerjakan sesuai dengan kewajiban masing-masing (misalnya sekolah, bekerja atau nafkah, rumah tangga dll); Jangan putus asa atau malas, tetaplah bekerja. Meskipun dalam hal rohani kita selalu siap menunggu kedatangan Tuhan (seperti yang diperintahkan dalam Firman Tuhan), tetapi pekerjaan sehari-hari tetap dikerjakan baik-baik, sebab kedatangan Tuhan itu terjadi pada waktu seorang sedang bekerja (jasmani atau rohani) dan karena kita tidak tahu hari kedatangan-Nya dan tidak boleh spekulasi. Tetapi jangan lupa untuk membedakan antara fasilitas dan tujuan, supaya jangan kita terjerat akan hal-hal fana, sehingga kehilangan yang kekal. Sebab itu carilah terus perkara-perkara yang dari Atas, yang kekal Kol 3:1-2.

B. MENGERTI PERKARA-PERKARA DAHSYAT YANG AKAN TERJADI

Manusia hanya bisa mengira-ngira (meramal), tetapi Allah Bapa kita sudah tahu dengan tepat apa yang akan terjadi dan itu sudah ditulis lengkap dalam Alkitab dan akan dibuka bertahap sesuai dengan waktunya, sampai akhirnya lengkap semua Mat 10:26-27. Kalau kita tidak tahu pesan Bapa kita, itu sangat dungu rohani. Hari-hari yang akan datang istimewa Minggu ke-70 Daniel itu adalah masa ujian akhir, zaman Antikris (2 tahap), masa hukuman rumah Allah dst. Orang yang tidak mengerti akan bingung, kacau, takut panik sehingga bertindak ngawur dan celaka bahkan mati sebab tidak tahu Luk 21:26, Mrk 12:24, Ams 10:21b. Paling sedikit ada 22 nama untuk Minggu ke-70 Daniel, istimewa 3,5 tahun I yaitu:

1.      Masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17 disambung masa hukuman dunia 1Kor 11:32, yaitu untuk orang-orang yang tidak ikut masa hukuman rumah Allah. Ini adalah ujian akhir bagi semua orang, bersedia atau tidak, rohaninya rendah atau tinggi, semua harus ikut ujian akhir. Pasti yang tidak bersedia akan gugur.

2.      Zaman Antikris. Dua tahap yaitu sebelum dan sesudah pengangkatan Dan 7:1-6, Dan 7:7-8.

3.      Masa pemeteraian Wah 7:1-4, Yeh 9:4-8 yang akan mendahului masa berikutnya yaitu:

4.      Masa kejatuhan yang besar 1Tim 4:1, 2Tes 2:3

5.      Masa penyempurnaan dosa dan kesucian Wah 22:11

6.      Masa penampian Mat 13:12, Luk 22:31

7.      Masa pemurnian Dan 12:10

8.      Masa pendisiplinan 2Kor 10:6, Kis 5:13

9.      Masa pemisahan 1Kor 11:19, Mat 13:24-30, 37-43 lalang dipisahkan dari gandum lalu dibakar.

10.  Hari itu seperti api 1Kor 3:13.

11.  Baptisan api Mat 3:11, Luk 12:49-50, Zak 13:9

12.  Masa kesukaran global 2Tim 3:1-5.

13.  Halaman diserahkan dan dikosongkan Wah 11:2, Kis 5:13. Sesudah pengangkatan, yang bertobat kembali ke Halaman dan diinjak-injak Antikris.

14.  Masa hidup tingkat tinggi (burung Nazar) Luk 17:34-37, Yes 33:15-16

15.  Patokan: Tabut Yos 3:4

16.  Masa finishing semua digenapkan Mat 10:26-27 dan dituntut Luk 12:48

17.  Masa pelayanan orang sempurna Yoh 1:51, Kis 10:40-41

18.  Zaman keemasan Gereja Wah 12:1, Hag 2:10

19.  Zaman hujan akhir Wah 6:6, Zak 10:1, Hab 6:3, Ams 16:15

20.  Masa ligabis Mat 25:3-13, ligabo (lima gadis bodoh) akan gugur

21.  Masa panen besar dan susulan 1Kor 15:23, Obj 5b, Yer 49:9a, Im 19:9

22.  Pencuri datang mengambil barang berharga Yer 49:9b, Obj 5a.

23.  Dll Masih ada beberapa nama-nama untuk 3,5 tahun kedua yaitu zaman yang paling gelap di mana dunia sudah diserahkan pada iblis dan Antikris sepenuhnya. Kita perlu tahu tentang apa yang akan terjadi dan bagaimana kita harus menghadapinya yaitu dengan hidup mahir dipimpin Roh maka kita tidak akan takut atau panik, justru kita bisa ikut dalam rencana Allah yang mulia, indah dalam zaman keemasan Gereja yang luar biasa, asal kita sudah siap sebagai ligabis, bukan ligabo.

C. TERUS TUMBUH DALAM RENCANA ALLAH

Orang yang tumbuh akan berbuah-buah yaitu:

1.      Buah-buah pertobatan yaitu hidup baru yang akhirnya seperti Kristus Mat 3:10, 1Kor 11:1 dan

2.      Buah jiwa-jiwa yang dimenangkan dan ditumbuhkan sampai seperti Kristus sebab 3 angka kedatangan Tuhan akan digenapkan oleh orang-orang yang ikut dalam rencana penamatan Allah.
Ikutlah serta dalam memenangkan jiwa orang di sekitar dan orang-orang yang dibebankan Tuhan pada kita; jangan takut tetapi jangan ngawur, minta hikmat dan kuasa Allah seperti Paulus yang takut dan menggeletar di antara orang-orang Korintus 1Kor 2:4.
Ikutlah membagi-bagi makanan rohani melalui buku, kesaksian, pelayanan pribadi, berikan kebenaran-kebenaran Firman Tuhan dengan gairah, itu hamba yang setiawan dan bijak Mat 24:45.

Jadi dalam masa yang sangat sulit itu kita tidak sembunyi dan ketakutan, tetapi ikut aktif mengambil andil, baik sebagai pribadi atau bersama-sama sebagai Gereja lokal dan global. Orang yang tidak ikut dalam rencana Allah itu hidup sia-sia, ketakutan dan sembunyi dan akan digilas oleh segala kesukaran pada saat itu, lebih-lebih oleh Antikris (3 binatang pertama) yang sudah muncul pada hari-hari itu. Akhirnya banyak yang mati dalam aniaya Antikris pendahulu ini, atau mereka undur dan menyangkal iman dan mati dalam dosa atau tertinggal, masuk zaman Antikris.

Menghadapi hari-hari yang dahsyat ini kita harus penuh dan dipimpin Roh, kalau tidak, tidak akan tahan, akan terseret oleh banjir dosa dan bisa mati dalam aniaya Antikris atau menyangkal Tuhan dan undur. Tetapi orang yang ikut rencana Allah, ia tergabung dalam Gereja Hujan akhir dan tidak ada yang mati, tetapi semua lepas dengan kuasa dan hikmat Allah atau oleh pelayanan orang sempurna 1Kor 15:51,52 sampai tiba-tiba semua orang ini hilang ikut pengangkatan.

Mulai sekarang kita sudah harus hidup berbuah-buah menjadi seperti Kristus dan berbuah jiwa-jiwa. Ini memerlukan hidup yang mahir pikul salib dan dipimpin Roh, yiatu berdoa dalam Roh dan kebenaran non stop, bahkan juga waktu tidur tetap berhubungan dengan Tuhan (ini zaman Hujan akhir, yang tidak penuh dan tidak dipimpin Roh akan gugur) 1Tes 5:10, 17. Doa itu sangat besar kuasanya dan orang-orang yang berdoa ini yang bisa masuk dalam kesempurnaan Allah seperti yang tampak dalam Ibrani 9:4 dan Wahyu 11:2. Mezbah Dupa ini yang diukur oleh Tuhan, sebab dia yang akan dibawa masuk dalam Ruangan Maha Suci. Belajar bisa berdoa di mana-mana dalam Roh dan kebenaran dan tanpa stop seperti yang dipesan dalam 1Tesalonika 5:17, Yudas 1:20, Efesus 6:18. Mulai sekarang terus dilatih dalam terus berdoa dalam Roh dan kebenaran (sehingga karunia-karunia Roh dan buah Roh nyata dalam hidup kita) dan kalau perlu dengan puasa, sebab ini menghasilkan kuasa yang besar Mat 17:21.

Keadaan dunia masa ini sangat genting dan makin kritis, tetapi Gereja menjadi indah, sukacita dan ajaib, sebab kita masuk dalam zaman keemasan Gereja yang luar biasa. Tumbuhlah dan terus berbuah-buah.

Orang yang tumbuh dan berbuah-buah, rohaninya akan stabil, tidak takut, justru bersukacita dalam zaman keemasan Gereja di tengah-tengah aniaya tiga Antikris pendahulu (dalam Hujan awal Gereja mengalami masa yang heran dan luar biasa di tengah-tengah aniaya, bedanya banyak di antaranya mati sahid tetapi dalam hujan akhir tidak ada yang mati, semua hidup dalam tingkat tinggi – burung Nazar – dan dipelihara Allah dengan sempurna). Mereka berani tetapi tidak ngawur, penuh hikmat dan kuasa Allah yang limpah, lebih dari hujan awal (seperti Elisa mujizat dan tanda-tanda ajaibnya dobel dari Elia 2Raj 2:9-10).

D. SIAP SETIAP SAAT

Siap untuk apa? Bukan siap, tetapi nganggur seperti orang menunggu kereta api. Bukan hanya siap untuk mati dan masuk Surga Amos 4:12, tetapi lebih dari itu. Kita harus siap untuk berperang, peperangan yang besar dan dahsyat Mat 24:42.

Kita harus siap berperang untuk:

1.      Menghadapi kesukaran yang besar 2Tim 3:1-5 Sebab itu cara bekerja mencari nafkah harus berani dengan jujur dan betul menurut Firman Tuhan, tetapi dengan kuasa Allah untuk bisa menghadapi macam-macam ancaman, masa-masa paceklik yang sulit, bencana-bencana, kuasa gelap, perubahan-perubahan keadaan dll. Bukan dengan kekuatan sendiri tetapi dengan kuasa dan hikmat Allah yang limpah. Tanpa Tuhan hidup di akhir zaman ini mengerikan, baik dalam nafkah, keamanan, kesehatan, ras, keluarga dll. Berdoa dalam Roh tanpa stop itu kunci untuk hidup dipimpin Roh; itu seperti Nuh, di tengah-tengah zaman yang bejat, ia bisa menyelesaikan membangun bahtera dengan ajaib dan lolos dari banjir.

2.      Dosa yang meningkat tinggi Wah 22:11. Akibatnya dahsyat, sebab kalau dosa meningkat tinggi, maka godaan, keduniawian, hidup najis dll yang keji, akan meningkat tanpa batas, begitu mengerikan, juga dalam occultisme, kejahatan, sifat manusia yang keji dan egois (korupsi); juga timbul bermacam-macam orang jahat yang makan uang begitu banyak di seluruh dunia. Juga orang-orang jahat dan tidak berperikemanusiaan, keji, pengkhianat dll timbul di mana-mana. Ini semua terjadi karena tingkat dosa diijinkan Tuhan terus meningkat sampai sempurna, dahsyat! Sebab itu dosa dan orang berdosa terus meningkat sampai sempurna. Dahulu tidak diizinkan, sehingga orang-orang yang melebih batas dipotong Allah habis-habisan, sebab itu mereka kalah, mati, digulingkan dsb. Tetapi pada akhir zaman mereka justru menang dan berkuasa di seluruh dunia, bahkan pendukung-pendukung orang jahat ini justru makin banyak dan menang. Kejahatan begitu mengerikan dan dosa-dosa dalam seks, uang, kesombongan (politik, kuasa, kejahatan dll), juga occultisme, semua meningkat dengan berkemenangan.
Ajaran sesat justru menang dan meningkat, apa yang dahulu dilarang pemerintah dan orang banyak, sekarang justru resmi dan banyak pendukungnya.
Orang yang tidak punya pengertian yang cukup dan tidak kuat dalam kuasa Allah (doa dalam Roh dan kebenaran) akan berguguran. Sebab itu siapkan kondisi rohani kita baik-baik.

3.      Antikris muncul Dan 7:1-8. Ini musuh tubuh Kristus. Sekalipun mereka adalah Antikris pendahulu, itu sudah sangat dahsyat. Orang-orang jahat dan besar yang sekarang sudah ada, itu saja sudah sangat mengerikan, apalagi kalau mereka muncul dan ada di dekat kita, betapa dahsyat.
Orang-orang ini akan memusuhi terutama tubuh Kristus, lebih-lebih sesudah iblis dilempar dari Surga Wah 12:12, 13. Begitu dahsyat serangan, ancaman dan aniaya yang ditujukan pada tubuh Kristus. Ada banyak korban, terutama dari Gereja jalan lebar! Tanpa kuasa dan hikmat Allah tidak akan ada orang yang bisa terlepas dari tangan Antikris.
Sebab itu untuk bersedia, mulai sekarang kita sudah harus bisa hidup suci, berjalan dalam Roh, mahir pikul salib, puasa dan doa dalam Roh senantiasa, berjalan dengan iman, sabar, tidak bereaksi dosa, bisa mengalahkan dosa dengan kebaikan Rom 12:21, penuh dengan karunia-karunia Roh, mulut dan telinga yang sesuai Firman Tuhan Yes 40:5 dll.
Singkatnya ini hidup seperti Kristus di atas dunia selama 3,5 tahun. Kita menghadapi hal-hal dahsyat seperti yang dialami Kristus, hanya bedanya Kristus harus mati, tetapi orang yang dipimpin Roh tidak mati, sebab ini dijanjikan Tuhan untuk bisa diangkat hidup-hidupan. Meskipun selalu dekat dengan maut Maz 92:7, dengan pimpinan Roh Kudus dan kuasa Allah yang limpah, kita akan mengalami kemenangan seperti Putra manusia Yesus dan ikut dalam pengangkatan bahkan beberapa ikut menjadi sempurna.
Dalam Gereja Hujan-akhir kita akan mengalami pertumbuhan rohani dan pelayanan secepat dan sehebat Putra manusia Yesus dalam 3,5 tahun di dunia.  Ini dimungkinkan oleh adanya Hujan akhir, pembukaan Firman Tuhan seluruhnya Mat 10:26-27, jabatan-jabatan nyata, pelayanan orang sempurna (ini sama bahkan lebih dari pelayanan Putra manusia Yesus Yoh 14:12. Bayangkan ada 144.000 orang sempurna di seluruh dunia) sebab itu Gereja mengalami masa keemasan. Meskipun Antikris merajalela (sekarang rohnya sudah keluar 1Yoh 2:18) tetapi pada saat ini betul-betul Antikris nyata (manusia sempurna dalam dosa dan roh Antikris Wah 17:8) akan menyebabkan aniaya yang hebat (sekalipun masih dalam 3,5 tahun I, lebih-lebih terhadap orang beriman yang jalan dengan kekuatan sendiri).
Siaplah menghadapi peperangan yang dahsyat dengan senjata-senjata rohani, bersedialah.
Belajar hidup sepenuhnya oleh Kristus Gal 2:20 (kalau sudah mau mati bagi dunia dan dunia bagi kita Gal 6:14). Inilah prinsip menghadapi Antikris dan semua kekuatan musuh! Kalau kita dipimpin Roh, Ia akan mengajar tangan kita berperang Maz 18:34; 144:1. Roh Kudus akan melatih kita untuk mahir memakai semua senjata peperangan iman, misalnya karunia-karunia Roh Kudus dengan pimpinan Roh, doa, hikmat, kuasa dll. Butuh waktu untuk mahir berperang. Mulai sekarang hadapi setiap problem dalam pimpinan Roh Kudus sepenuhnya, jangan dengan hikmat dan kekuatan sendiri. Kalau kita sudah mahir mengalahkan musuh kecil (yang sekarang) maka kita juga akan mahir menghadapi musuh-musuh yang besar, semua Antikris yang akan datang, dengan Allah sama saja 1Sam 17:36, 37, sebab Allah kita lebih besar dari semuanya. Jangan takut.

KESIMPULAN

Kerjakanlah mulai sekarang 4 prinsip ini untuk menghadapi segala pencobaan dan pekerjaan setan. Jangan lupa dalam setiap perkara kecil besar, Kristus harus nyata dalam hidup kita, bukan kita lagi, maka kita akan menang sampai terakhir. Raih kemenangan dalam pimpinan Roh Mat 4:1, Luk 4:1, Kis 11:12 yaitu dengan hikmat dan kuasa Roh, maka kita akan terlatih untuk menghadapi hari-hari yang paling sulit di hari-hari yang akan datang sampai masuk dalam pengangkatan atau menjadi sempurna.

Nyanyian

Hidupku bukannya aku lagi, tapi Kristus dalamku Gal 2:20