Share :  

1Kor 11:23-34

23. Karena apa yang telah saya terima dari Tuhan, itu juga yang saya teruskan kepadamu, yaitu bahwa Tuhan Yesus mengambil roti pada malam di mana Ia dikhianati.

24. Dan sesudah Ia mengucap syukur, Ia memecah-mecahkannya sambil berkata: Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku yang dipecahkan karena kamu, perbuatlah ini sebagai peringatan akan Aku. (KJI)

I. ARTI NAMA PERJAMUAN SUCI

Namanya saja sudah suci, suatu perjamuan (makan roti dan minum anggur) yang suci. Sebab itu orang yang tidak suci atau tidak disucikan tidak boleh makan, pasti ada akibatnya.

1). Perjamuan Suci itu seperti pisau yang tajam (bisa berguna untuk mengiris, kalau tidak bisa memakainya bisa menjadi bahaya,akan celaka sebab kena iris) seorang beli pisau yang tjaam untuk mendapat faedahnya, sekalipun ia tahu, pisau itu juga bisa jadi berbahaya, lebih2 kalau dipakai sembarangan atau oleh anak kecil, kemungkinan bahayanya bertambah besar. Tuhan memberi perjamuan suci untuk menjadi berkat bagi umatNya tetapi kalau salah pakai bisa berbahaya, seperti pisau tajam. Sebab itu kita harus betul2 memperhatikan syarat2 pemakaiannya bahkan mengerti segala hal tentang perjamuan suci.

2). Perjamuan Suci itu seperti

Ebal Gerisim Ul 27:12-13. Gerisim menceritakan tentang berkat dan Ebal tentangkutuk, tergantung dari hidupnya cocok dengan yang mana.

Begitu kalau seorang berani makan perjamuan suci tanpa kesucian, itu berarti merendahkan atau  menghinakan Perjamuan Suci, ia akan kena hukuman 1Kor 11:30,34. Sebab Perjamuan Suci ini bukan hanya berkat tetapi berkat atau hukuman, salah satu. Kalau makan dengan berlayak 1Kor 10:28-29 akan diberkati tetapi kalau tidak berlayak akan kena hukuman, dahsyat, bisa mati rohani lalu jasmani! Tetapi kalau diberkati, luar biasa, akan terjadi bermacam2 kenyataan dari kuasa Allah, mujizat2 dll terjadi sebab Allah kita maha kuasa dan tidak terbatas.

II. PEMECAHAN ROTI

Ini adalah istilah untuk makan pada umumnya Nud 4:4b anak2 kecil minta roti, tetapi tidak ada orang yang memecahkannya untuk mereka. (KJI). Kebiasaan mereka tidak memotong roti dengan pisautetapi memecahkannya dengan tangan. Sebab itu ayat2 tentang pemecahan roti bukan semua berarti Perjamuan Suci, termasuk perpecahan roti oleh Tuhan Yesus sendiri,dua kali, itu bukan perjamuan suci. Mat 14:19; 15:36, Mrk 10:41; 8:6,19, Luk 9:16, juga Kis 27:25 dll. Sebab itu ayat2 ini tidak boleh diartikan sebagai Perjamuan Suci, Perjamuan malam atau Perjamuan terakhir Tuhan Yesus, ini hanya untuk 12 murid2Nya saja.

Pada waktu ini mereka sedang makan, lalu selain itu Tuhan Yesus memecahkan roti dan minum anggur, itulah Perjamuan Suci. Mat 26:26-27, Mrk 14:22, Luk 22:19. Juga dalam Luk 24:35, Kis 20:7,11; 2:42,46, 1Kor 11:23-34 ini adalah tentang Perjamuan Suci yang adasyarat2nya, padahal kalau pemecahan roti sebagai acara makan biasa, tidak ada syarat2nya.

Pemecahan roti:

= makan biasa - tanpa syarat, tanya bahaya

= Perjamuan suci - ada syarat - kalau melanggar berbahaya.

Kalau semua pemecahan roti yang sebetulnya acaramakan biasa dianggap perjamuan suci, maka orang berani makan Perjamuan Suci seperti makan biasa, tanpa syarat (sebab dalam ayat2 Firman Tuhan tentang makan biasa itu tidak ada syarat apa2). Apa akibatnya? Makan perjamuan suci tanpa syarat itu ada akibatnya yang dahsyat yaitu menjadi lemah, sakit dan mati 1Kor 11:30, sebab jelas Firman Tuhan mengatakan kalau makan Perjamuan Suci sembarangan akan mendatangkan hukuman 1Kor 11:34.

III. SYARAT2 MEMAKAI PERJAMUAN SUCI

Perjamuan Suci itu sama artinya dari Paskah dan Meja Roti Pertunjukan, semua menceritakan tentang salib.

Kematian Putra manusia Yesus.

Paskah

Roti MRP

Perjamuan suci

Anak domba disembelih

Roti = tubuh Kristus

Kematian TY

Yoh 1:29

Yoh 6:35

1Kor 11:26

Sebab itu kita bisa melihat syarat dari 3 hal yang sama ini, karena memang ketiganya menceritakan hal yang sama yaitu tentang kematian Tuhan Yesus yang menjadi harga untuk penebusan manusia dari semua dosa2nya, yaitu tubuh dan darahNya.

Syarat2nya adalah:

1. Sudah dikhatankan untuk Paskah, secara rohani untuk perjamuan suci harus sudah disunat hati dan untuk syarat Meja Roti Pertunjukkan harus dapat izin untuk boleh masuk Pintu Kemah dan keduanya itu berarti penuh Roh Kudus ialah imam2 yang sudah dilantik dengan tanda air, darah dan minyak (yaitu sudah lahir baru + penuh, dipimpin Roh). Ini syarat2 untuk bisa mengambil bagian dari Perjamuan Suci(sekarang ini masih ada perkecualian seperti Gilgal dan waktu raja Hizkia) tetapi syarat ini akan  berlaku penuh pada Hujan Akhir, yaitu orang yangsudah percaya yaitu sudah lahir baru, sudah dibaptis air dan baptisan Roh dan tetap hidup suci, penuh dan dipimpin Roh.

Pada Hujan akhir perjamuan suci dilakukan setiap hari untuk orang2 yang penuh dan dipimpin Roh terus menerus yaitu ligabis.

2. Tiada ragi Kel 12:15,19. Imam2 yang suci Imm 22:1-7, berlayak 1Kor 11:27-28 (5:8), Yoh 13:8-10. Ini berarti tidak boleh ada dosa, baik yang lalu, yang sekarang dan yang akan datang, semua sudah disucikan.

3. Ada tanda darah yaitu bersedia pikul salib, menderita sengsara karena Tuhan/ kebenaran Kel 12:7,13, Ibr 11:28. Turunan Harun Bil 16:40, Imm 21; 24:8-9 dan membedakan tubuh Kristus dari persekutuan dengan hal dosa, dunia dan iblis (cawan dan hidup anggur setan, jangan ada lagi hubungan dengan mereka, tetapi tetap dalam persekutuan tubuh Kristus dan bersedia menderita karena Tuhan.1Kor 11:29, 10:20-22, Yoh 13:1.

Dua hal yang terakhir ini adalah syarat mati, kalau tidak dipenuhi akan mati kena hukuman, mula2 mati rohani lalu mati jasmani. Diharapkan bertobat, jangan keras hati seperti Judas, Saul, Simson, Salomo, Daud dll. Orang2 ini berkeras hati dalam ukuran sedikit sampai fatal (artinya tidak bisa ditolong lagi seperti Saul dan Judas). Jangan berdosa, tidak bertobat, tetapi berani bahkan sering2 makan perjamuan suci, hidupnya bisa rusak dan celaka. Tetapi jangan menghindari perjamuan suci sebab ada dosa, tetapi menghindari dosa (atau kalau sudah berdosa, bertobat sungguh2 sehingga semua dosa dibuang) supaya terus ada persekutuan dengan Tuhan setiap hari, termasuk perjamuan suci.

IV. FAEDAH PERJAMUAN SUCI

Ada begitu banyak faedah Perjamuan Suci sehingga dalam Hujan Awal orang makan setiap hari, pada hal ini berbahaya bagi orang yang tidak bertobat, makin sering makin berbahaya. Tetapi orang yang sudah lahir baru, tulus dan mengerti tentang Perjamuan Suci, ia bisa menerima berkat begitu banyak seperti Firman Tuhan, yaitu:

1. Lekat dengan Kristus.

Yoh 6:53-58

53. Kemudian Yesus berkata kepada mereka: Sesungguh-sungguhnya Aku berkata kepadamu: Jikalu kamu tidak makan daging Putra Mansuia, dan minum darahNya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu.

54. Barangsiapa yang makan dagingKu dan minum darahKu, ia mempunyai hidup yang kekal, dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.

55. Karena daging-Ku adalah makanan yang sebenarnya, dan darahKu adalah minuman yang sebenarnya.

56. Barangsiapa yang makan dagingKu dan minum darahKu, ia tinggal di dalam Aku, dan Aku tinggal di dalam dia.

57. Sebagaimana Bapa yang hidup itu telah mengutus Aku, dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang makan Aku, ia pun akan hidup oleh Aku.

58. Inilah Roti yang turun dari Surga; bukannya seperti manna yang dimakan nenek moyangmu lalu mati. Barangsiapa yang makan roti ini akan hidup selama-lamanya. (KJI)

Dengan Perjamuan Suci yang betul, kita menjadi satu dengan Kristus.

1Kor 6:17

Tetapi ia yang bersatu dengan Tuhan menjadi satu roh. (KJI)

Lekat dengan Kristus, tidak terpisahkan oleh apapun jua Rom 8:35. Seperti carang yang lekat dengan erat pada pokoknya, maka ia akan ber-buah2 bahkan dengan lebat Yoh 15:5.

Ini hidup yang luar biasa seperti Putra Manusia Yesus di dunia, Dia diutus oleh Allah dan apa saja yang dikatakan (Yoh 8:26) atau yang dibuat Yoh 5:19, itu semua dari BapaNya. Sebab Ia tidak ber-kata2 atau berbuat apapun dari diriNya sendiri, sebab Ia lekat pada BapaNya dan diutus dari BapaNya, sehingga kuasa dan kemuliaan BapaNya nyata dalam hidupnya. Begitu Perjamuan Suci bisa menolong kita hidup seperti Kristus, diutus oleh Kristus, ber-kata2 dan berbuat hanya seperti yang disuruh atau diperintahkan oleh Kristus. Gal 2:19-20, Rom 8:31 menjadi luar biasa seperti Kristus Maz 60:14.

Kita bisa meniru Dia dengan Perjamuan Suci yang betul terus menerus, tentu dengan memenuhi syarat2nya dengan betul. Sebab itu dalam Hujan Awal dan Hujan Akhir orang beriman makan Perjamuan Suci setiap hari bahkan dalam rumah2.

Kis 2:46

Dan mereka bertekun setiap hari dengan sehati di dalam bait Allah, dan memecahkan roti dari rumah ke rumah, dan makan bersama-sama dengan sukacita dan dengan hati yang tulus, (KJI)

Perhatikan baik2, dengan makan terus menerus dengan betul kita bisa menjadi luar biasa seperti Immanuel, baik dengan hal2 rohani seperti sejahtera, suka cita, kuasa, hikmat karunia2 Roh, pertumbuhan rohani dll dan juga berkat2 jasmani yang dibutuhkan. Perjamuan Suci membuat hubungan baik dengan Tuhan dan itu sumbernya dari segala kelimpahan hidup rohani dan jasmani.

2. Persekutuan Tubuh Kristus.

1Kor 10:16-17

16. Cawan berkat yang kita berkati, bukankah ia itu persekutuan di dalam darah Kristus? Rtoi yang kita pecahkan, bukankah ia itu persekutuan di dalam tubuh Kristus?

17. Karena kita yang banyak ini adalah satu roti yaitu satu tubuh, karena kita semua mendapat bagian dari roti yang satu itu. (KJI)

Kita ini dari satu roti, yaitu satu Tubuh Kristus 1Kor 12:12-13.

Dengan Perjamuan Suci, persekutuan kita dibuat makin erat dengan manis, sebab semua dosa di dalam hati yang mengganggu persekutuan dalam Kristus dibuang, termasuk tidak senang, jengkel, tidak mau peduli, apalagi benci, iri, dendam, bohong, tipu dll itu semua dibuang sama sekali.

Kalau kita cinta dan bersekutu dengan Tuhan tetapi tidak cinta dan bersekutu dengan saudara2 seiman dalam tubuh, itu berarti cinta kita kepada Tuhan palsu, bohong, tidak betul 1Yoh 4:20. Memang Tuhan itu baik, manis, murah, kasih, tidak ada kelemahan atau kekurangan sama sekali, tetapi saudara2 kita (sama seperti kita sendiri) itu biasanya ada saja kelemahan dan kekurangannya sehingga menimbulkan rasa tidak senang, apatis, jengkel, tidak peduli bahkan sampai muak, benci, iri, bahkan dendam.

Dengan Perjamuan Suci semua ini dibuang dengan pertolongan Tuhan, diganti kasih Kristus (jangan lupa juga dengan cerdik Mat 10:16, istimewa terhadap saudara2 yang tidak bertobat, yang masih belum meninggalkan sifat2 yang jelek, tetap cinta orangnya, tetapibenci dosanya Jd 23), sehingga tetap bisa bersekutu dengan tulus, dengan kasih Kristus, tidak dengan kebencian atau pura2, dan tetap mengampuni. 1Yoh 1:7; 2:9-11. Maka sikap kita terhadap orang2 yang tidak menyenangkan itu:

1). Tidak menganggap atau memperlakukan orang itu seperti musuh, tetapi menganggap dan memperlakukan dia seperti sahabat kita Ams 16:7.

2). Bisa memberkatinya, rindu hidupnya diberkati Tuhan tidak mengharapkan celakanya tetapi memberkatinya. Mat 5:44; Rom 12:14,20 dan

3). Kita mengharapkan orang yang jelek dan salah itu berubah jadi baik dan diperkenan Tuhan, bahkan kalau bisa kita juga mendapat andil atau kesempatan untuk memperbaikinya yaitu menggaraminya Mat 5:13-14.

Dengan terus menerus mengambil bagian dari Perjamuan Suci, maka persekutuan kita satu sama lain menjadi makin manis seperti Maz 133:1-3 sehingga pengurapan dan berkat Tuhan akan mengalir dengan limpah dalam hidup kita.

Lebih2 antara suami istri (dan keluarga) ini harus sungguh2 diperhatikan, sebab suami isteri itu orang yang paling dekat! Bahkan ini menjadi indikator dari persekutuan kita dalam tubuh Kristus. Kalau dengan suami atau isteri saja tidak bisa rukun dan mengampuni, apalagi dengan orang lain yang tidak ada hubungannya atau tidak ada kena mengenanya.

Memang kalau keluarga bersama2 beribadah dalam satu gereja, lebih mudah memelihara persekutuan keluarga. 

Dua hal ini permulaan atau dasar yang kuat untuk persekutuan tubuh Kristus, persekutuan kita betul dan baik (1Kor 1:10, Mrk 3:25), maka ini akan terus menarik berkat2 lain dari Perjamuan Suci; sebab itu hal ini harus menjadi target utama dari Perjamuan Suci. Bersekutu dengan Allah dan orang2 di sebelah kita Luk 10:27, Mat 22:36-40.

Perjamuan Suci tiu bukan saja menyucikan (sebagai syarat) tetapi juga mengisi dengan hidup ilahi, hidup dengan kualitas Allah(termasuk kasih ilahi), bahkan seluruh pribadi Kristus masuk, tinggal dan menjadi satu di dalam kita.

Yoh 6:56

Barangsiapa yang makan dagingKu dan minum darahKu, ia tinggal di dalam Aku, dan Aku tinggal di dalam dia. (KJI)

Jadi dengan makan dari Perjamuan Suci terus menerus dengan betul, hal ini (persekutuan tubuh Kristus) akan menjadi makin indah.

Hal2 indah lainnya, sebetulnya sudah termasuk di dalamnya, tetapi perlu kita pelajari supaya mengerti dan mengalaminya.

3. Makin ber-tambah2 mengenali Dia.

Luk 24:30-31

30. Maka terjadilah, ketika Ia duduk makan bersama mereka, Ia mengambil rotiu, memberkati dan memecah-mecahkannya serta memberikan kepada mereka.

31. Maka terbukalah mata mereka dan mereka mengenali Dia tetapi Ia lenyap dari penglihatan mereka. (KJI)

Mata menjadi celik sehingga bisa makin mengenal Tuhan yang maha besar dan maha mulia. Tidak cukup mengenali Tuhan dalam satu tahap (mengenali orang saja itu biasanya perlubertahap apalagi mengenal Tuhan yang tidak kelihatan!). Biasanya kita mengenal Tuhan dari Firman Tuhan, dalam doa dan persekutuan tubuh Kristus (saling menasehati), tetapi perjamuan suci itu ekstra, ber-sama2 menguatkan semua hal ini, sebab Perjamuan Suci itu penting dan ada, tetapitersembunyi dalam Meja Roti Pertunjukan yang berarti Firman Tuhan dan juga perjamuan suci.

4. Siap untuk kedatanganNya.

1Kor 11:26

Karena setiap kali kamu makan roti ini, dan minum dari cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang. (KJI) (Mat 26:29).

Perjamuan suci ini mengingatkan dan mengarahkan kita pada kedatanganNya,pada hari kita berkumpul lagi dalam kerajaan Allah dalam Pesta Kawin Anak Domba. Setiap kali kita makan Perjamuan Suci, harus diingatkan ayat2 ini tentang kedatanganNya. Ini yang dimaksudkan untuk terus menerus makan perjamuan suci supaya kita siap, ikut pengangkatan dan masuk dalam pesta Allah, ada di Sana dengan sukacita untuk selamanya.

Kita akan merinci satu per satu faedah perjamuan suci yang mengarahkan dan mempersiapkan kita untuk kedatangan Tuhan, yaitu:

a. Tumbuh sampai sempurna. Dari Meja Roti Pertunjukan sampai Tabut. Meja Roti Pertunjukan berarti tumbuh oleh Firman Tuhan dan perjamuan suci dan kalau sudah sampai sempurna, itu berarti sudah sampai dalam Tabut yaitu manna yang tersembunyi dalam buli2 emas Wah 2:17, Ibr 9:4.

1). Meja Roti Pertunjukan -> Buli2 emas (dalam emas).

2). Dalam Wasiat Lama ada perjamuan suci yaitu Paskah yang terbaik yang diadakan oleh Yosia 2Raj 23:22. Begitu juga dalam zaman Gereja, kalau pengertian tentang perjamuan suci yang betul sudah merata dalam Gereja2 yang dipimpin Roh dan pekerjaan Roh Kudus limpah sehingga rata2 semua orang yang masih setia, meningkat dalam kesucian, maka perjamuan suci akan sampai taraf yang sempurna.

Tanda2nya antara lain:

1). Diadakan setiap hari.

2). Setiap kali dilakukan dengan syarat yang penuh, yaitu hidup dipimpin Roh (ligabis), bahkan

3). Dilakukan sampai di rumah2 Kis 2:46 (kelompok2 persekutuan sel).

Kalau hal ini sudah tercapaiGereja akan masuk dalam masa keemasannya, dan banyak orang akan menjadi sempurna, menggenapkan angka ke-3 kedatangan Tuhan, yaitu akan ada 144.000 orang sempurna. Selain itu juga ada banyak orang2 lainnya ada di bawahnya dalam tingkat2 yang tinggi.

Perjamuan suci arahnya ke sini, membawa kita sampai tingkat Tabut yaitu kesempurnaan Allah yang tinggi.

4). Perjamuan Suci membawa kita sampai tembus Tirai yaitu pemecahan tubuhNya Ibr 10:20, untuk masuk dalam kesempurnaan rencana Allah.

b. Luput dari segala bala Mesir, istimewa balakematian anak sulung Kel 11:1; 12:17. Kalau kita tekun minum perjamuan suci, maka hidup kita disucikan dari semua (10) bala yang menghancurkan kehidupan di Mesir atau dunia ini. Kerusakan tabiat, kerusakan rumah tangga, nikah, persahabatan dll begitu banyak melanda seluruh dunia, tetapi orang2 yang memakai perjamuan suci dengan limpah dan benar akan terlepas dari semua bala2 ini. Tentu tidak hanya dengan perjamuan suci saja,tetapi ber-sama2 semua perlengkapan ilahi lainnya, itulah"selengkap senjata Allah" yaitu:

1. Firman Tuhan sampai menjadi 2 Loh batu, yaitu Firman menjadi daging,

2. Pelita menjadi tongkat Harun yang berbunga dan berbuah Badam, pelayanan dalam Roh yang menumbuhkan rohani kita sampai sepenuhnya seperti Kristus,

3. Mezbah Dupa juga dibawa masuk dalam Ruangan Maha Suci, berdoa dalam Roh dan kebenaran seperti ligabis sampai masuk dalam Pesta Kawin Anak Domba.

4. Papan yaitu persekutuan tubuh Kristus, persekutuan dalam Roh yang berlanjut terus sampai Ruangan Maha Suci, sampai dalam kesempurnaan.

Orang yang tekun makan perjamuan suci dengan betul, bukan saja lepas dari semua bala tetapi juga tumbuh sampai pada kesempurnaan rencana Allah.

c. Dimurnikan. Gereja akan dimurnikan dengan ber-macam2 cara sehingga akan ada pemisahan dalam Gereja,antara yang setia dan tidak setia.

1Kor 11:19

Karena pasti akan ada beberapa pihak di antara kamu, supaya mereka yang teruji menjadi nyata diantara kamu. (KJI)

Kita harus memelihara persatuan tubuh Kristus (bersekutu dengan Tuhan dan anggota tubuh Kristus lainnya), tetapi jangan hanyut dalam siasat orang2 yang tidak bertobat. Harus punya pendirian yang betul di atas Firman Tuhan dalam kuasa Roh Kudus Ef 5:11,Cintai orangnya, tetapi tetap benci dosa2nya Jud 23). Meskipun persekutuan tubuh Kristus sudah dipelihara baik2,tetapi masih akan timbul pihak2 yang tidak setia dan tidak murni.

Di banyak segi masih bisa terjadi perpecahan, misalnya:

1). Karena perbedaan pengertian tentang Firman Tuhan, sebab ada orang2 yang memegang injil yang lain atau orang2 yang memutarbalikkan Firman Tuhan 2Pet 3:16, bidat dll, mereka juga akan terpisah Gal 1:6-8, juga

2). Dalam ibadat 2Tim 3:5, Kis 19:4.

3). Dalam pelayanan yang tidak tulus 2Kor 2:17,

4). Dalam doa yang benar dan palsu seperti orang Parisi Mat 23.

5). dll.

Akan terjadi perpisahan untuk memurnikan Gereja yang suci.

Bila dan dimana pemisahan itu sampai pada finalnya?

Puncaknya ada di Perjamuan Suci, disiniYudas terpisah dan keluar dari perjamuan suci. Proses pemurnian atau penamatan itu akan terjadi.

Inilah orang2 yang berani makan perjamuan suci dengan tidak tulus, dengan dosa, bahkan dengan sengaja, itu berbahaya, sebab keras hati, dengan sengaja tidak mau bertobat Ibr 3:13,15. Dosa yang sengaja itu tumbuh dengan cepat dan muncul si pengkhianat, yaitu  Antikris yang seperti Yudas dan pengikut2nya.

Kita tidak boleh saling menuduh sebab kita tidak mengenal sepenuhnya, seperti murid2 belum mengenal bahwa Yudas itulah pengkhianatnya, padahal Tuhan Yesus sudah mengatakannya terang2an. Jangan menuduh, terus berjalan dalam Roh, maka pada saatnya Yudas akan dinyatakan.

Pada prinsipnya setiap orang harus memilih antara Allah dan iblis, gelap dan terang, taat dan berontak terus menerus dalam setiap kasus, sampai terakhir pilihan2 yang jahat itu membinasakan Yudas. Memang Antikris keluar dari antara kita 1Yoh 2:19.

Dengan banyak peristiwa2 yang dahsyat, aniaya dan penderitaan, sehingga orang yang tidak murni cinta dan lekat pada Tuhan akan gugur, kena segala macam hukuman yang jatuh di dalam rumah Allah. Ini terutama terjadi dalam Minggu ke-70 Daniel, dalam masa hukuman rumah Allah, sehingga yang palsu, pura2 danjahat akan terpisah dari yang murni, tulus dan lekat dengan Tuhan, 1Pet 4:17.

d. Siap untuk pengangkatan.

Luk 17:34-37

34. Aku berkata kepadamu: Pada malam itu adalah dua orang di atas satu tempat tidur, yang satu akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.

35. Ada dua perempuan mengisar bersama, seorang akan dibawa dan yang lain ditinggalkan.

36. Dua laki-laki berada di ladang, seorang akan dibawa dan yang lain ditinggalkan.

37. Lalu mereka menjawab dan berkata kepadaNya: Di mana Tuhan? Dan Ia berkata kepada mereka: Barang dimana ada tubuh itu, di sanalah berkerumun burung nasar. (KJI)

Murid2 bertanya kepada Tuhan Yesus, dimanakah pengangkatan itu akan terjadi? Heran, Tuhan tidak menjawab suatu tempat atau kota atau negri tetapi satu tempat secara rohani yang ada diseluruh dunia, dan disini akan terjadi pengangkatan yaitu disekitar meja perjamuan suci. Dimana ada tubuh, disitu berkerumun burung Nazar.

Burung Nazar adalah bayangan orang2 beriman yang terbang tinggi, dalam tingkatan2 rohani yang tinggi Yes 33:15 dan mereka berkumpul di mana ada tubuh dan darah Ay 39:30,33 yaitu perjamuan suci.

Orang yang hidup dipimpin Roh dalam tingkat2 yang tinggi, yang makan perjamuan suci dengan betul terus menerus akan siap menunggu pengangkatan bahkan sebagian menjadi sempurna.

Biar kita hidup sebagai burung Nazar (bisa sampai di tahta Allah Wah 4:6,7), sebab orang2 yang memakai perjamuan suci dengan betul dan terus menerus terpelihara dalam kesucian dan akan terus tumbuh, sampai tembus Tirai, sampai dalam kesempurnaan rencana Allah yang paling mulia.

e. Siap untuk mengalami tebus tubuh.

Rom 8:23

Dan bukan hanya mereka, tetapi juga kita yang sudah beroleh buah sulung Roh, bahkan kita sendiri juga mengerang di dalam diri kita, serta menunggu diadopsi, yaitu penebusan tubuh kita. (KJI)

Orang yang makan tubuh darah Tuhan dengan semestinya akan mempunyai hidup ilahi sehingga walaupun mati, akan bangkit pada hari kedatangan Tuhan.

Yoh 6:54

Barangsiapa yang makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal, dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman. (KJI)

Ini saat penebusan tubuh yaitu pada hari pengangkatan, dimana orang2 yang punya persekutuan dengan tubuh darah Yesus dengan betul akan bangkit (yang salah tidak akan bangkit waktu pengangkatan).

Jangan lupa, perjamuan suci tidak bisa berdiri sendiri, bukan hanya dengan perjamuan suci sendiri tetapi juga oleh Roh Rom 8:11 dan Firman Tuhan Yoh 6:63,68, sebab untuk tumbuh dan dibangkitkan, perlu semuanya.

Pada waktu mayat orang suci bangkit, juga orang2 yang masih hidup (yang sudah makan perjamuan suci dengan hati ber-ulang2) akan diubahkan dalam sekejab, yaitu mengalami tebus tubuh 1Tes 4:16-17, 1Kor 15:51-53.

Orang yang makan perjamuan suci dengan salah, akan bangkit ber-sama2 dengan semua orang berdosa pada hari kiamat Wah 20:12.

Begitu heran, faedah perjamuan suci itu sampai pada hidup yang kekal, baik yang mati, dan yang hidup, lebih2 orang2 yang "diturunkan Allah ke dunia" pada akhir zaman ini, Dia mempunyai rencana khusus dan indah dalam2 ini, asal tetap setia sampai ke akhir, jangan berubah seperti Yudas dan Saul Gal 3:3-4.

Beberapa orang hanya memikirkan faedah jasmani dari perjamuan suci, seperti kesembuhan, nafkah, keluarga dll. Itu tersedia dan ada di dalam Kristus, pasti Tuhan memberi segala fasilitas yang kita butuhkan sesuai dengan ukuran kemampuan rohani kita, tetapi tujuan yang terutama adalah hal2 yang kekal dan orang yang mendapat kerajaan Surga dan kebenaranNya juga akan dilengkapi segala fasilitas yang diperlukannya sesuai ukuran kemampuannya Mat 6:33.

KESIMPULAN

Ingat perjamuan suci itu bukan hanya berkat, tetapi berkat atau kutuk. Jangan salah pakai bisa mati rohani dan jasmani. Sebab itu kita harus mengerti syarat2nya dan taat, maka kita akan mendapat faedahnya yang manis, persekutuan dengan Kristus dan dalam tubuh Kristus yang manis.

Salah satu tanda Gereja yang betul dan tumbuh kepada kesempurnaan atau adanya persekutuan yang sempurna dalam tubuh Kristus lokal dan global seperti persekutuan Putra dan Bapa. Sebab itu bersekutulah dengan tulus dalam kesucian dan kasih ilahi dalam pimpinan Roh sesuai Firman Tuhan, maka kita akan ikut dalam rencana penamatan Allah dan sampai pada persekutuan tubuh Kristus dalam tingkat2 yang sempurna Yoh 17:23.

Dengan selengkap senjata Allah, yaitu seperti Ligabis, penuh dan dipimpin Roh, bertumbuh dalam Firman Tuhan, persekutuan tubuh Kristus, doa, ibadah dan pelayanan, kita tumbuh terus ber-sama2 dalam rencana Allah yang sempurna.

Persekutuan tubuh Krsitus harus dimulai dari sekarang dengan semua saudara2 seiman di sekitar kita, dalam Gereja kita dengan sikap kasih, bukan sebagai musuh, sehingga yang salah jadi betul, yang celaka jadi keberkatan dan kita bisa tumbuh bersama dalam Kristus.