Share :  

YESAYA 32:1 RAJA YANG MEMERINTAH DALAM KEBENARAN

LIHATLAH SEORANG RAJA AKAN MEMERINTAH DALAM KEBENARAN DAN PEMERINTAHNYA AKAN MEMERINTAH DALAM KEADILAN.

Sudah lazim di mana-mana orang yang berkuasa, apalagi berkuasa mutlak, hampir selalu menyalahgunakan kekuasaannya sedikit atau banyak dengan kata lain berdosa, tidak bisa hidup dalam kebenaran. Tetapi Raja ini memerintah dalam kebenaran. Ini sesudah Israel dihabiskan tinggal sisa-sisa. Inilah zaman kerajaan 1000 tahun di mana Kristus duduk di tahta Daud memerintah seluruh dunia dari Yerusalem Luk 1:32. Israel yang habis dan hilang dari peta dunia sekarang memenuhi seluruh bumi dalam pemerintah Kristus yang sangat-sangat indah bahkan ideal.

Sisa yang hanya 144.000 dan sisa orang kafir dalam 100 tahun sudah kembali memenuhi bumi. Berkembang biak sangat cepat sebab tidak ada penyakit, tidak ada kekurangan, semua ideal. Kristus memerintah dalam tubuh kemuliaan (seperti sesudah kebangkitan) bersama-sama orang suci (juga dalam tubuh kemuliaan) atas penduduk kerajaan 1000 tahun (yaitu orang Israel dan orang-orang kafir lain) secara jasmani tetapi dalam kebenaran dan keadilan. Tidak ada pemerintahan yang salah (apalagi dalam tubuh kemuliaan itu tidak butuh uang, makan dan tidak bisa berdosa lagi, luar biasa, sangat indah) dan penuh dengan kuasa sehingga praktis tidak ada penyakit, malapetaka dll. Kecelakaan masih bisa terjadi (sebab penduduk bumi hidup seperti kita sekarang) tetapi semua sembuh dan pencegahannya sempurna, sebab setiap pemerintahan dalam tubuh kemuliaan itu cerdik, berkuasa, benar, adil dst, betul-betul ideal. Bumi menjadi lebih indah dari Eden. Kita hidup dalam bumi yang paling indah, iklim dan suhu bagus, tidak perlu memikirkan polusi, penghijauan dll dan binatang-binatang kembali seperti di Eden, betul-betul ideal, dapat dikatakan sikon yang sempurna. Hidup di sini jauh lebih indah dari tour yang paling mewah dan indah di dunia sekarang dan lagi 1000 tahun terus menerus. Kita bisa berjalan-jalan di dasar laut dan di angkasa dalam tubuh kemuliaan.

YESAYA 32:2 TIDAK LAGI ADA BAHAYA

Dan "orang itu" akan menjadi tempat perlindungan dari angin dan suatu tudung dari angin ribut.

Luar biasa. "Orang" di sini adalah Kristus, satu-satunya orang yang terbesar waktu di dunia Flp 2:9-10. Sebab Dia juga Allah yang maha kuasa dan mempunyai tubuh manusiawi yaitu tubuh kemuliaan. Luar biasa! Dia seorangpun sudah cukup menjadi tempat perlindungan dan tudung keselamatan bagi seluruh dunia bahkan untuk semesta alam masih cukup, sebab Dia Allah yang maha kuasa. Tetapi sama seperti tiga Pribadi Allah, sebetulnya satu sudah cukup, tetapi sebab cinta maka melakukan semuanya terus bersama-sama, maka ketiga Pribadi itu bekerja sama dengan sangat manis dan harmonis. Begitu juga Kristus dan mempelainya bahkan seluruh manusia yang sudah ditebus, semua bekerja sama dengan harmonis memerintah dalam keadilanKita ikut memerintah, bahkan orang yang keluar, lulus dari aniaya Antikris dan mati karena Kristus juga ikut memerintah bersama-sama Kristus, tentunya dalam tingkat yang paling rendah Wah 20:6.

Kristus menjadi tempat perlindungan dari segala angin, bahaya celaka dll bagi semua penduduk bumi dan suatu tudung dari angin ribut. Semua penyakit, bahaya, celaka, penderitaan dan apa saja bisa diatasi dengan sempurna oleh Kristus, sebab itu kerajaan ini 100% damai, tidak ada bahaya dan tidak ada orang berani berbuat jahat.

Seperti aliran air di tempat kering.

Beberapa tempat menjadi kering dan tandus sebab tidak ada air. Waktu air datang, semua menjadi hidup, hijau dan indah. Begitu dalam kerajaan ini, bumi yang rusak dalam zaman sekarang, lebih-lebih hancur dan rusak total dalam zaman Antikris, hidup kembali dalam kerajaan 1000 tahun.

Seperti naungan dari batu yang besar di tanah yang tandus.

Semua yang tidak enak tidak ada. Kita bisa menyanyi: "Senang selalu senang, o...senang selalu senang". Betul-betul selalu senang di sini sekalipun masih di bumi, belum kiamat. Ayat-ayat ini menjelaskan keadaan kerajaan 1000 tahun yang sangat indah dan fantastik ini. Sebab tiu jangan tukarkan semua keindahan (1000 tahun!) dan kekal dalam Surga yang lebih indah dengan kesukaan dosa sesaat yang amat sangat pendek! Jangan lupa, sekarang kita sudah bisa merasakan hal ini, meskipun dalam ukuran yang jauh lebih kecil tetapi mutunya, yaitu kesukaan ilahi yang sama Yez 47, Yoh 4:14; Sebab itu kalau kita mau hidup seperti Kristus dalam kesucian, pikul salib, kita sudah bisa menikmati kesukaan yang sama dan makin lama makin mendalam dan diteruskan sampai dalam kerajaan Surga.

YESAYA 32:3 MATA DAN TELINGA TIDAK BERKURANG

Dan mata mereka yang melihat, tidak akan meredup dan telinga yang mendengar akan (terus) mendengar.

Ini menceritakan mata, telinga dan alat-alat tubuh yang tidak menua tetapi tetap berfungsi dengan baik sekalipun sampai 1000 tahun. Kalau sekarang mata orang berumur 100 tahun tetap terang itu ajaib, tetapi waktu ini berarti normal, sebab sampai 1000 tahun tetap terang. Juga telinga dan semua alat-alat lainnya (jantung, otak, pembuluh darah, ginjal, hati dll) semua berfungsi seperti biasa, tidak berkurang. Luar biasa, sebab seluruh dunia sudah dipulihkan Kis 3:21 dan semua hidup dalam berkat Tuhan Yes 11:9 dan ini suatu hidup yang luar biasa. Tidak perlu praktek dokter atau rumah sakit, bersalinpun di rumah sendiri seperti orang buang air besar mudah dan tidak ada komplikasi. Ini keadaan penduduk kerajaan 1000 tahun, sangat ideal dan indah. Untuk yang sudah bangkit, ikut memerintahmemakai tubuh kemuliaan yang heran.

YESAYA 32:4 TIDAK ADA CACAT

Hati yang terburu-buru akan mengerti pengetahuan dan lidah orang yang gagap akan siap bicara dengan fasih.

Keadaan yang luar biasa. Semua akibat dosa praktis sudah tidak ada dalam kerajaan Daud ini, sehingga orang yang terburu-buru pun penuh pengetahuan. Padahal kalau murid sekolah belajar terburu-buru, tidak dengan baik, angkanya jelek dan gugur. Kalau di sini, dengan terburu-buru pun hasilnya tetap baik, mengerti pengetahuan sebab hadirat Tuhan ada di mana-mana, sehingga tidak ada yang sulit dan semua penuh dengan pengertian yang baik Hab 2:14. Bahkan orang yang gagap akan selalu siap (sudah sembuh, tidak ada yang cacat lagi) untuk bicara dengan fasih (plainly, elegantly). Tetapi mereka (penduduk kerajaan 1000 tahun) belum teruji, sebab iblis dan setan-setan dipenjarakan dalam abusos. Pada akhir kerajaan 1000 tahun, waktu iblis dkk dilepaskan, semua penduduk kerajaan 1000 tahun mengalami ujian besar, ternyata banyak yang jatuh dan ikut iblis sebab mereka tidak mengalami pengolahan yang baik seperti kita sekarang di dunia yang penuh dengan salib, (derita karena kebenaran). Orang yang bisa menikmati segala penderitaan karena Kristus, itu sedang mengalamipengolahan yang efisien seperti Yusuf, Ayub, Musa dll, sehingga mereka bisa diolah jadi indah dan kuat dan tumbuh seperti Kristus Ibr 2:10. Sebab itu jangan bersungut-sungut waktu pikul salib, mematikan daging, ini pengolahan dengan hasil yang sangat indah untuk kekal Rom 8:17-18.

Kalau kita bisa menikmati dan bersyukur segala penderitaan karena Kristus,maka Roh kemuliaan turun ke atas kita 1Pet 4:14, tetapi kalau bersungut-sungut dan berdosa berarti gugur dalam pencobaan, tidak lulus dan akibatnya pahit. Mau bertekun dan bersyukur dan tidak bersungut-sungut dalam jalan sempit, pikul salib, itu membuat masa depan yang sangat mulia untuk kekal.

YESAYA 32:5 HINA DAN MULIA

Orang yang hina tidak lagi disebut mulia, juga orang yang kikir tidak dikatakan murah.

Tuhan tidak pernah berubah, apa yang benar, mulia dari zaman dahulu sampai sekarang dan selama-lamanya tetap mulia, tetapi yang hina tetap hina, sebab Firman Allah tidak berubah untuk se-lama-lamanya Luk 21:33. Dosa dan suci tidak berubah, Allah tidak berubah. Sebab itu kita harus belajar hidup benar, mulia dan murah di hadapan Tuhan.

Kita harus mengerti hal ini supaya jangan ikut dosa arus orang banyak Kel 23:2 atau ikut sikon, pergaulan, keadaan zaman dll, sebab meskipun dunia banyak berubah (makin jahat makin keji) tetapi ukuran Tuhan tidak pernah berubah sampai kekal. Sebab itu tetaplah hidup suci di mana saja, dalam hal apa saja dan kapan saja. Kalau ikut-ikut dalam dosa-dosa orang dunia, ataupun dosa-dosa orang Kristen jalan lebar, akibatnya tetap dahsyat di hadapan Allah. Pada akhir zaman orang-orang Kristen (Gereja-gereja) jalan lebar sudah biasa dalam segala dosa-dosa modernnya, tetapi hukuman Allah tidak akan membedakan siapapun, pasti menuai sesuai dengan penaburannya. Israel yang hidup dalam dosa (tidak seperti orang Yehuda), tidak memperkenankan Allah biarpun sudah lama turun temurun, semua yang melawan Firman Tuhan tetap dosa! (Perubahan-perubahan dalam Wasiat Lama ke Wasiat Baru itu bukan perubahan ukuran Allah, tetapi orang Wasiat Lama beribadah secara jasmani karena belum ditebus oleh darah Yesus, hanya dengan darah binatang yang menjadi bayangan darah Kristus. Semua cara-cara Wasiat Lama harus dibuka selubungnya 2Kor 3:13-14). Kita harus selalu mulia di hadapan Allah dan penuh kemurahan, lebih-lebih secara rohani Ams 11:24-25.

YESAYA 32:6-7 ORANG YANG HINA

32:6. Orang yang hina akan bicara dengan hinanya dan hatinya akan mengerjakan kejahatan, melakukan kemunafikan dan mengucapkan kesalahan melawan Tuhan, membuat jiwa orang yang lapar menjadi kosong dan ia akan menyebabkan minuman orang haus habis.

Ini tanda-tanda orang yang hina di hadapan Allah, meskipun mungkin ia pintar, mulia, berkedudukan di hadapan manusia atau kelompoknya, tetapi ini tetap hina di hadapan Allah.

Orang yang hina akan bicara dengan hinanya. Bicara yang bagaimana yang hina? Bicara yang melawan Firman Tuhan, yang menyakiti hati Tuhan, yang membuat orang menjadi lemah dan undur. Biarlah kata-kata kita benar dan diasinkan dengan garam yaitu dengan kata-kata dari Roh Kudus Kol 4:6 seperti yang dilakukan Putra manusia Yesus Yoh 8:26. Mulut ini kemudi hidup; orang yang hina itu mulutnya hina Yak 3:2-3.

Dan hatinya ada mengerjakan kejahatan.

Mungkin belum ketahuan, tetapi Tuhan sudah tahu. Sebab itu orang yang kata-kata dan hatinya tidak sama itu melakukan kemunafikan Mat 5:37. Kita harus takut akan Tuhan, jangan munafik, Tuhan tahu, sekalipun terhormat di hadapan manusia seperti orang-orang Farisi yang munafik Mat 23.

Dan mengucapkan kesalahan melawan Tuhan.

Tuhan tahu dan merasa dengan betul semua kata-kata yang melawan Tuhan yaitu yang tidak benar, melawan Firman Tuhan dan melemahkan, menjatuhkan atau membinasakan orang. Sekalipun daging bisa puas dan lega, jangan menuruti dan mengucapkan kata-kata kedagingan, tetapi sangkali dan lawan, supaya kata-kata yang dipimpin Roh yang kita katakan, bukan kata-kata daging atau iblis.

Membuat jiwa orang lapar menjadi kosong.

Siapa orang yang lapar? Yang tidak makan Firman Tuhan, tetapi makan sampah dunia ini, jiwanya lapar dan akhirnya mati.

Baik orang berdosa, maupun orang beriman yang menolak Firman Tuhan atau terus minum anggur lama dan makanan duniawi, jadi lapar, lemah dan jiwanya merana. Beberapa banyak orang bahkan hamba-hamba Tuhan tidak memberi makan Firman Tuhan jiwa-jiwa yang ditanggungkan Tuhan atasnya (digembalakan) tetapi memberi pikiran manusiawi, falsafah dunia dan perkara-perkara duniawi yang indah-indah tetapi fana dan sia-sia. Memang orang itu sendiri tidak punya makanan Firman Tuhan dalam hatinya, sebab itu yang diberikan bukan makanan, sehingga jiwa-jiwa yang lapar menjadi kosong akhirnya mati. Misalnya Korah, Datan dan Abiram membuat jiwa orang-orang Israel kosong dan akhirnya mati!

Dan ia akan menyebabkan minuman orang haus, habis.

Jiwanya haus tidak ada sejahtera sebab tidak dapat makanan rohani dan sebab terus dikalahkan oleh dosa, dunia dan iblis Rom 3:17. Orang yang minum air dunia ini akan kembali haus Yoh 4:13. Air hidup yang sudah sedikit dalam Gereja-gereja dibuang, diganti air dunia ini sehingga minuman yang betul habis dan orang yang haus ini lama-lama mati, sebab tidak minum air hidup tetapi racun dunia ini. Roh Kudus dan Firman Tuhan itu membuat pancaran air hidup yang kekal Yoh 4:17; 7:38. Kalau hidup dalam dosa, tidak dilepaskan dari ikatan2 dosa, pasti jiwanya haus dan akhirnya mati rohani!

Inilah yang dibuat orang-orang hina di hadapan Tuhan, sekalipun di hadapan manusia tampaknya terhormat, bergelar, berkedudukan tetapi hidup hina di hadapan Tuhan, tidak ada kesucian dan pimpinan Roh Kudus, jalan menurut daging, orang yang hina, membuat orang menjadi lapar dan minumnya habis lalu mati!

YESAYA 32:7 ORANG KIKIR ITU JAHAT

Peralatan-peralatan orang kikir itu jahat, ia merencanakan siasat-siasat yang keji, untuk membinasakan orang miskin dengan kata-kata dusta, sekalipun waktu orang yang miskin berkata-kata benar.

Dalam dunia orang kikir kalau tidak memberi itu tidak bisa dijatuhi hukuman, sebab itu miliknya, meskipun orang bisa mengata-ngatainya, sebab ia berhak atas miliknya.

Tetapi secara rohani orang yang kikir rohani itu jahat, sebab kita menerima dengan cuma-cuma, kita juga harus membagi-bagikan dengan cuma-cuma Mat 10:8 dan orang yang kikir (apalagi kikir rohani) Tuhan tidak memberkatinya Ams 11:24-26. Kita perlu membagi-bagikan hal-hal rohani yang kekal, istimewa pada orang-orang di dekat kita, yang menjadi beban kita. Sebaliknya ada orang-orang yang tidak mau diberi hal-hal rohani, menolak seperti undangan pesta dari raja Luk 14:15-23. Lebih suka diberi roti daripada Firman Tuhan dan perkara-perkara yang kekal Yoh 6:26. Memang orang berdosa buta mata rohaninya dan orang beriman yang terikat pada hal-hal duniawi mengejar yang fana dan menolak yang kekal, tidak mau menerima apalagi mencari hal-hal yang kekal Kol 3:1-3. Orang-orang yang tidak mau membagi-bagi makanan rohani (tidak mau bersaksi) sebab terikat dengan hal-hal yang fana atau tidak ada belas kasihan seperti imam-imam dan orang Lewi Luk 10:27, 31-32, inilah orang-orang yang jahat di hadapan Tuhan (bukan hamba-hamba yang bijak dan setia Mat 24:45). Ia membinasakan orang miskin dengan kata-kata dusta yaitu hal-hal yang fana, falsafah manusiawi, kata-katanya sendiri. Seperti Zedekia memberi kata-kata nubuatannya sendiri itu mematikan rohani dan jasmani Ahab 1Raj 22:11. Juga Korah cs. yang mempengaruhi orang Israel. Juga ada banyak umat Tuhan yang miskin rohani justru suka kata-kata yang palsu dan tidak benar, tidak suka yang benar, tentu akhirnya binasa. Bahkan ada orang-orang yang sungguh-sungguh rindu, minta yang benar, tetapi diberi dusta oleh orang-orang ini. Biasanya Tuhan akan menolong orang yang sungguh-sungguh rindu dan mau bertobat, sekalipun ditolak orang lain Mrk 19:14, Yun 1:3. Misalnya Rut, Nikodemus, Kornelius dll.

YESAYA 32:8 ORANG MULIA MERENCANAKAN HAL-HAL YANG MULIA

Tetapi orang yang mulia merencanakan hal-hal yang mulia, yaitu untuk keselamatan yang kekal. Oleh perkara-perkara yang mulia ia akan berdiri (teguh).

Kalau kita melakukan hal-hal yang mulia, yaitu menyelamatkan dan mendorong orang-orang pada hal-hal yang kekal, itu indah, baik dan memperkenankan Tuhan Luk 15:7, atau menolong dalam hal-hal yang kekal, misalnya Ams 27:6, Yud 23. Jangan menyenangkan secara jasmani (memberi banyak hal-hal duniawi dalam Gereja) tetapi itu menyesatkan atau mematikan secara rohani. Yang penting berilah hal-hal yang menumbuhkan hidup yang kekal, ini perbuatan yang mulia. (seringkali sakit bagi daging, tetapi berguna untuk pertumbuhan rohani, dan keselamatan kekal) Kol 1:10.

Nyanyian:

Jadikan berkat hidupku ini.