Share :  

YS150 & 151 – Yesaya 34:9-12 Neraka di Bumi Sampai Tasik Api (27Feb’13 & 6Mar’13)

Download MP3 Khotbah: YS150

Download MP3 Khotbah: YS151


PENDAHULUAN DARI YESAYA 34

Dalam ayat-ayat ini diceritakan tentang Neraka di Bumi yang dahsyat, yaitu pada zaman Antikris, begitu hebat, betul-betul seperti neraka, hanya api dan ulatnya belum ada, masih di bumi yang tampak, tetapi semua algojo dan penyiksanya sudah ada di bumi. Keadaannya dahsyat seperti yang ditulis mulai dari ayat 7. Ini terus berlanjut sampai neraka dan Tasik api yang kekal, makin lama makin dahsyat sampai puncak-puncaknya. Ada bermacam-macam penghuninya, segala macam jenis setan, juga orang-orang berdosa dengan segala macam dosa dan bentuknya yang digambarkan sebagai bermacam-macam binatang yang dahsyat (seperti binatang-binatang buas dan haram). Orang-orang yang berdosa di dalamnya semua jadi begitu jahat, berkelahi terus, bebas berbuat dosa, toh nasibnya sama, dosa kecil atau dosa besar, tetap di neraka untuk selama-lamanya. Mereka bisa memulai perkara-perkara yang jahat atau kalau mereka diganggu dijahati dan dianiaya, mereka juga melawan dan membalas, juga berusaha menikmati pembalasan (sebab tidak ada lagi hal nikmat atau senang di sini, hanya kenikmatan iblis yaitu benci, membalas, menyiksa, menfitnah, dusta, siasat, melawan, berontak dll). Sekali-sekali ada sedikit kenikmatan dari membalas tetapi dibayar mahal dengan pembalasan kembali dan begitu seterusnya, penuh dengan takut, pahit, gelisah, marah, dendam, benci, susah dll, tetapi semua perasaan tidak enak ini bukan sukacita dan bukan kenikmatan yang sesungguhnya. Tetapi mereka tumbuh terus dalam dosa sampai akhirnya semua sempurna dalam dosa dan kejahatannya, kejinya, jeleknya, bejatnya dll sifat yang keji-keji seperti Antikris dan iblis. Kalau ada satu iblis atau satu Antikris yang menguasai semuanya, mungkin masih ada enaknya sebab menguasai semuanya, tetapi sekarang di sini, semuanya jadi sama-sama sempurna dalam dosa dan sama-sama top jahat dan kejinya, tidak ada ketaatan seperti di dunia (sebab terpaksa, kalah kuat), maka jadilah pertarungan terus menerus selama-lamanya, begitu mengerikan, sehingga asap siksanya naik ke atas selama-lamanya Wah 14:11. Lalu dalam Yesaya 34:16-17 dikatakan bahwa semua ini ada dalam Firman Tuhan dan semuanya pasti jadi dan itu akan dialami sampai kekal. Jadi Alkitab atau Firman Tuhan itu untuk menceritakan Surga yang indah untuk selama-lamanya, tetapi juga untuk menceritakan neraka dan Tasik api (tampaknya lebih sedikit yang diceritakan tentang Surga) dan ini sungguh-sungguh pasti jadi untuk selama-lamanya, luar biasa, dahsyat. Semua yang terbaik dan terjelek, Surga dan neraka, suci dan dosa diceritakan dalam Alkitab serta akibatnya untuk kekal selama-lamanya.

YESAYA 34:9 AIR MENJADI TER, DEBU MENJADI BELERANG DAN MENYALA-NYALA. DAN SUNGAI-SUNGAINYA BERUBAH MENJADI TER

Ter ini mudah terbakar, baunya tidak enak dan tidak baik, lama-lama dalam asap pembakarannya orang bisa mati keracunan dan susah. Sungai yang mula-mula berisi air yang menjadi kebutuhan hidup manusia, binatang dan pertanian (seperti sungai Mesir yang membuat tanah di sekitarnya jadi begitu subur), sekarang menjadi ter.

Dalam 10 bala Mesir (bala pertama), sebagai hukuman Allah, air menjadi darah itu sudah mematikan dan celaka Kel 7:20. Kalau ini terjadi terus menerus, tentu orang Mesir akan mati semua, untung hanya sebentar sehingga hanya anak sulung dan beberapa banyak orang saja yang mati. Apalagi di sini air menjadi ter, hitam, racun, maut dan bukan untuk 1 bulan atau 1 tahun tetapi untuk kekal, celaka selama-lamanya. Bukan saja secara lahiriah, juga secara rohani.

Semua kehidupan dalam Neraka berubah menjadi kematian dalam segala seginya. Memang di sini tempatnya, upah dosa itu maut Rom 6:23. Semua mati rohani, mati kekal.Tidak ada tertawa, tidak ada kasih, kasih sayang, belas kasihan, kebaikan, sabar, suci, jujur dan semua sifat yang baik yang memberi hidup, sifat baru seperti Allah, dll. Tetapi yang ada hanya sifat-sifat "lama", kematian seperti iblis, benci, dendam, fitnah, khianat, berontak, membunuh, menghasut, berdusta dst. Begitu dahsyat, semua sifat dan keadaan yang hidup menjadi maut, mati, binasa dan celaka! Air menjadi ter hitam, kematian dan maut (putus hubungan dengan Allah, sumber hidup).

DAN DEBUNYA MENJADI BELERANG

Sodom Gomora dihujani api dan belerang Kej 19:24. Belerang ini akan menyala dan membakar menyiksa sangat dahsyat. Ini juga Neraka di bumi dan orang-orangnya yang terbakar menderita hanya 1 atau 2 jam sudah langsung mati. Mungkin ada yang berlindung dalam rumah besi atau gua yang rapat atau di tengah-tengah air dll, tetapi itu hanya bertahan beberapa jam lalu menggelepar-gelepar sampai mati, sangat dahsyat tetapi hanya sebentar. Namun sambungannya dalam neraka kekal itu untuk selama-lamanya. Juga dalam zaman Antikris (seperti ditulis dalam ayat 8) ada neraka di bumi sangat dahsyat tetapi untuk masing-masing hanya beberapa saat saja, maksimal 3,5 tahun lalu mati dan sambungannya dalam neraka itu yang dahsyat.

DAN NEGERINYA AKAN MENJADI TER YANG MENYALA-NYALA.

Hampir sama seperti Sodom Gomora, api dan belerang menyala-nyala dan ini untuk selama-lamanya. Dahsyat, mengerikan.

Bukan negeri yang berkelimpahan air susu madu, atau seperti kerajaan 1000 tahun jauh lebih indah dari Kanaan, sebab praktis tidak ada dosa dan akibatnya, lebih indah dari Eden. Tetapi Surga lebih indah lagi dari kerajaan 1000 tahun apalagi Surga Bumi Baru itu top, kemuliaan dan kesukaan yang besar untuk kekal.

Nyata benar bedanya, di sini celaka, sengsara, penderitaan untuk kekal. Ini baru negerinya, belum hukumannya, belum perkelahian dan kebencian antara penduduknya untuk kekal selama-lamanya. Betul-betul dahsyat. Ini semua menceritakan tentang neraka, mulai dari permulaan (Neraka di dunia) dan terus sampai neraka dan Tasik api, begitu dahsyat. Jangan lupa di neraka ada banyak bagian-bagiannya dan di situ setan-setan yang ditahan juga menderita Mat 8:29, baik di Abusos, Neraka, gua yang gelap, penjara iblis di sungai Efrat dll. Semuanya satu kali akan bermuara ke Tasik api.

YESAYA 34:10 ASAP SIKSANYA NAIK SELAMA-LAMANYA. ITU TIDAK BISA DIPADAMKAN SIANG MALAM.

Kompor kita hanya menyala sebentar; juga dapur api besar di pabrik dll tetapi api dalam Tasik api tidak akan dan tidak bisa dipadamkan siang malam, selama-lamanya. Seperti dalam Wahyu 14:11, asap siksanya naik terus selama-lamanya. Ini betul-betul kekal, dan itu dinyalakan dengan api yang terus menerus menyala, tidak pernah bisa dipadamkan; mereka hidup dalam sengsara dalam tubuh kebangkitan orang berdosa, yang seperti bangkai Yes 66:24. Betapa ngeri, menderita dalam kekekalan, lawannya ber-sukacita dalam kekekalan.

Pilihlah sekarang, Tuhan Yesus akan memberi damai senang yang kekal. Betul-betul sebaliknya dari neraka kekal.

ASAPNYA AKAN NAIK UNTUK SELAMA-LAMANYA

Kalau asap pabrik, itu berarti pabriknya bekerja, pemiliknya senang sebab terus menghasilkan uang dan kesukaan bagi pemiliknya. Tetapi ini asap siksaan yang tiada berhentinya dan sangat kejam, bengis untuk selama-lamanya. Begitu dahsyat, mau lari ke mana? Tidak bisa lari, ini ujung terakhir.

DARI GENERASI KE GENERASI NEGERI ITU MENJADI RERUNTUHAN

Reruntuhan, sudah tidak bisa dibangun lagi, sisa-sisa kerusakan untuk kekal, betapa menyedihkan dan mengerikan. Tidak ada harapan apa-apa lagi, semua sudah rusak. Bahkan orang yang baru mati satu detikpun sudah tidak punya pengharapan sama sekali (di dunia, rumah atau menara WTC New York roboh, masih bisa dibangun). Selama hidup masih ada harapan, sekalipun tinggal jam terakhir (penjahat yang di salib bisa pindah ke Surga masih ada harapan, asal dipakai dengan bertobat dan percaya Tuhan Yesus sungguh-sungguh). Tetapi sesudah mati sama sekali tidak ada harapan sama sekali, kosong dan sia-sia.

TIDAK ADA ORANG YANG AKAN MELEWATINYA UNTUK SELAMA-LAMANYA

Tidak ada hubungan dengan semua yang lain. Apalagi dengan Surga Bumi Baru sudah terpisah untuk kekal 2Tes 1:9, sampai tidak lagi bisa diingat-ingat oleh semua yang ada dalam Surga Bumi Baru Yes 65:17. Luar biasa, Allah sudah memikirkan hal ini baik-baik. Tidak ada lawatan, hubungan dalam bentuk apapun, terhilang untuk kekal.

Sekarang orang berdosa, Gereja yang jahat di jalan lebar seperti Pergamus, Tiatira, Laodikea, Sardis juga Ahab dll (Tuhan masih menyuruh seorang nabi besar bagi orang-orang berdosa yang biadab dan sia-sia ini), semua masih dilawat, dipanggil pulang dengan manis, diharapkan kembali bertobat dll. Tetapi di sini sudah tidak ada perubahan dan tidak ada lawatan apapun jua, sangat menyedihkan dan mengerikan untuk kekal. Orang di Surga sudah lupa semua yang di neraka, tetapi di neraka tetap ingat dan tersiksa untuk kekal, lahir batin (dalam tubuh kebangkitan orang dosa).

YES 34:11. PENGHUNI DAN PEMILIK TASIK API

TETAPI BURUNG UNDAN DAN LANDAK AKAN MEMILIKINYA, JUGA BURUNG HANTU DAN GAGAK TINGGAL DI DALAMNYA

Undan atau pelikan ini adalah gambaran dari orang yang sangat menderita Maz 102:17. Keduanya ini adalah binatang-binatang di tempat reruntuhan Zef 2:4. Ini semua adalah binatang-binatang haram yang tidak boleh dimakan Im 11:18, Ul 14:17.

Ini penghuni-penghuni penting, bahkan pemiliknya yaitu burung undan (Pelikan) dan landak. Neraka ini adalah tempat atau milik iblis Mat 25:41, Yes 33:11, Zef 2:4.

Iblis punya banyak kawan-kawan yang jahat bersama-sama dia seperti Antikris, nabi palsu, Abbadon atau Appolion Wah 9:11.

Mungkin 4 ini adalah 4 binatang haram, gambaran dari tokoh-tokoh Neraka ini. Iblis dan Antikris adalah pemilik Tasik api (neraka) dan sesudah itu yang top jahat adalah nabi palsu (yang sama-sama dilempar pertama kali ke dalam Tasik api hidup-hidupan Wah 19:20) dan mereka inilah tokoh-tokoh, bangsawan atau sungguh-sungguh (raja-raja) dari Tasik api. Di sini mereka digambarkan dengan binatang-binatang yang cocok dengan kerubuhan, susah dan derita dan penuh kejahatan (seperti landak yang durinya banyak). Ini makhluk-makhluk hidup jahat dan dahsyat sebagai rajanya Tasik api.

DAN IA AKAN MEMBENTANGKAN TALI UKURAN KEKACAUAN DI ATASNYA DAN BATU DUGA KEKOSONGAN

Tali ukuran kekacauan ini berarti mereka diukur, dihakimi sesuai dengan perbuatannya yang jahat, bahkan seluruh isi Neraka Wah 22:12. Semua akan mendapat hukumannya masing-masing dengan adil. Tasik api adalah tempat hukuman yang adil bagi segala dosa dan kejahatannya. Hukuman diberikan sesuai dengan perbuatan dalam dunia, tetapi di Neraka semua dosa tumbuh sampai sempurna. Dosa itu terus tumbuh, tidak bisa berhenti, sekalipun asalnya dosa yang sangat kecil, akhirnya semua tumbuh menjadi dosa sempurna (sebab tidak ada yang mati). Apalagi tanpa Allah, tidak ada rem terhadap dosa, hanya Allah yang bisa memberi kekuatan dan kuasa untuk merem dan meniadakan dosa (korban tebusan).

Batu duga kekosongan. Kosong, sia-sia, tidak ada artinya, hidup yang sia-sia dalam neraka untuk kekal, tidak ada apa-apa yang berarti hanya dosa dan sengsara, penderitaan. Sebab itu kita harus sungguh-sungguh menentukan keselamatan itu sekarang selagi hidup di dunia, hanya di sini ada kesempatan, tetapi sesudah mati, tidak ada kesempatan lagi! Ibr 9:27 Tidak sulit untuk selamat untuk orang yang mau percaya Tuhan Yesus, asal sungguh-sungguh mau taat, Tuhan akan menolong, Roh Kudus selalu stand by dan kasih-Nya tidak ingin seorangpun binasa. Sebab itu bertobatlah sungguh-sungguh asal mau taat semua beres. Yang membuat kesulitan adalah sebab tidak taat dan ditipu iblis. Percayalah Allah itu kasih dan adil, jangan tertipu iblis.

YESAYA 34:12 SEMUA PENGHULUNYA SIA-SIA

MEREKA AKAN MEMANGGIL PARA BANGSAWANNYA KEPADA KERAJAAN, TETAPI TIDAK ADA SEORANGPUN YANG AKAN ADA DI SANA DAN SEMUA PENGHULU-PENGHULUNYA ITU BUKAN APA-APA

Mereka memanggil semua bangsawannya, tetapi tidak ada yang datang. Ini negeri pemberontakan, tidak ada yang taat apalagi kalau sudah sama kekuatannya sama-sama sempurna dalam dosa, semua sama-sama pemberontak.

Dalam kerajaan Allah, dalam Surga Bumi Baru semua taat dan tunduk seperti dikatakan dalam 1Korintus 11:3. Bahkan di antara tiga Pribadi Allah tidak ada bayang-bayang perpecahan. Putra Allah menundukkan diri kepada Bapa 1Kor 15:28 dan selalu taat kepada Bapa yang lebih besar dari Putra. Dalam Allah ketiga-Nya menjadi satu 1Yoh 5:7 dan tidak ada tanda-tanda perpecahan sama sekali untuk kekal. Juga kita menjadi satu tubuh Kristus 1Kor 12:12. Orang yang tidak bisa menjadi satu, bertengkar, berlawan-lawanan tidak bisa menjadi satu rumah rohani, tidak masuk Surga Mrk 3:25, 1Kor 1:10. Kalau di dunia tidak bisa bersatu, melawan, tidak mau taat pada pimpinan Ibr 13:17,ada kebencian dan perlawanan, tidak bisa masuk Surga. Memang sekarang ada banyak pihak dan masing-masing merasa dirinya benar, tetapi satu kali akan ternyata yang sungguh-sungguh benar dan masuk Surga dan semua yang lain yang melawan Firman Tuhan, melawan perintah-perintah Allah dalam Firman Tuhan (seperti Hofni Pinehas, Nadab Abihu dll) juga melawan pemimpin-pemimpinnya (seperti Korah dkk terhadap Musa), orang-orang seperti ini akan ditolak, tidak masuk kerajaan Surga. Sebab itu jangan bereaksi dosa dan jangan benci dalam perpecahan sekarang 1Kor 11:19, 1Yoh 2:19, ampuni dan kasihi musuh Mat 5:44 tetapi cerdik, jangan kena makanan tipu dayanya dan jangan ketularan dosanya, benci dosanya, belas kasihan pada orangnya Yud 1:23.

Semua penghulu-penghulunya sia-sia, sebab memang di sini,semua tidak ada harganya, tidak ada yang berharga di Neraka.

Yang berharga hanya ada di dalam Surga yang mulia dan kekal. Jangan mengumpulkan yang fana dan semua perkara-perkara dosa. Ukurannya adalah Firman Tuhan Yoh 12:48. Benar dan salah, bahagia dan sia-sia itu dicocokkan dengan Firman Tuhan. Sebab itu orang yang mengerti Firman Tuhan dan taat akan berbuah-buah yang kekal Mat 13:23, betul-betul berharga dan ikut masuk dalam Surga kekal Wah 14:13.

KESIMPULAN

Tuhan itu adil dan sudah mengatakan lebih dahulu tentang Surga dan neraka yang kekal. Dan manusia itu roh dan baik Surga atau Neraka itu kekal.Tidak sulit masuk Surga asal mau taat.

(Dan jangan terbujuk atau tertipu oleh iblis). Siapa yang mau taat dan sungguh-sungguh mencari Tuhan, Dia tahu lebih dahulu, sekalipun jauh seorang diri seperti Rut di Moab dan keluarga Rahab di Yerikho (dll) Tuhan tahu, dan Tuhan sanggup menjangkau mereka semua. Orang-orang yang sungguh-sungguh akan bertobat, Tuhan tahu lebih dahulu dan membukakan jalan untuk selamat dan menguatkan sampai terakhir Flp 1:6. Yang penting bagi kita sekarang, sesudah percaya Tuhan Yesus (ditebus darah Yesus) jangan berdosa, bertobat sungguh-sungguh, kalau mau taat pasti bisa sebab Roh Kudus selalu siap membantu dan pasti berhasil. Jangan ragu-ragu, Dia sanggup menolong, Dia maha tahu dan maha kuasa. Sekalipun lahir mati, Allah yang tahu lebih dahulu (kalau orang itu mau percaya, sebab taat), Allah akan melahirkannya dari orang beriman dan selamat 1Kor 7:14. Sebab itu jangan main-main dan pura-pura, dengan tulus bertobat dan taat, pasti masuk Surga. Yang pura-pura dan main-main sekalipun tampaknya rohani akan masuk neraka.

Nyanyian:

Ada Surga mulia (2x), satu tempat indah dan senang, ada Surga mulia