Share :  

Kunci Yesaya 12 adalah:

  1. Ayat 1 adalah sambungan dari Yesaya 11:16. Ini adalah sambungannya waktu Tuhan membuat jalan raya untuk sisa-sisa Israel kembali ke Yerusalem. Jadi ini adalah keterangan tentang kerajaan 1000 tahun yang sangat besar dan mulia bagi Israel.
  2. Ini adalah untuk orang-orang yang duduk di bukit Zion yaitu penduduk Yerusalem. Sorak sukacita sebab Allah yang maha besar ada di tengah-tengah Israel lagi dan ini baru terjadi nanti dalam Kerajaan 1000 tahun, sekarang belum.

Jadi Yesaya 12 ini adalah keterangan tentang kerajaan 1000 tahun.

YESAYA 12:1. SAYA HENDAK MEMUJI ENGKAU MAKA PADA HARI ITU ENGKAU AKAN BERKATA: O TUHAN, SAYA HENDAK MEMUJI ENGKAU

Ini saat-saat yang gilang gemilang, sebab kerajaan Israel menjadi kerajaan dunia, global dan Kristus menjadi rajanya, duduk di Yerusalem dalam kemuliaan yang sangat besar. Meskipun andaikata tidak ada tongkat besi, Israel tetap akan memuji-muji Tuhan, sebab pada waktu ini kemuliaan Israel kembali menjadi begitu besar, bahkan meliputi seluruh dunia. Belum pernah terjadi seperti ini, luar biasa dan lama, 1000 tahun. Nyanyian Israel ini tidak kalah dengan nyanyian kolosal umat Israel di tepi laut Kolsom. Meskipun nyanyian ini megah, tetapi untuk selanjutnya belum tentu mereka tetap setia. Israel yang tiba-tiba merdeka dengan dahsyat dan menang total atas Firaun dan tentaranya (oleh Tuhan), mereka menyanyikan nyanyian kolosal yang megah itu di tepi laut Kolsom, tetapi pengaruhnya sorak sorai dan nyanyian kolosal itu hanya bertahan 3 hari, lalu mereka kembali keras hati dan bersungut-sungut Kel 15:22-24. Nyanyian yang indah bagi Tuhan itu bukan hanya kebesarannya dari luar, tetapi nyanyian yang keluar dari dalam hati dengan tulus, itu yang indah dan besar faedahnya sampai lama. Ternyata Israel yang menyanyi dengan hebat ini, tidak semua tetap setia; pada akhir kerajaan 1000 tahun sebagian berontak melawan Kristus, sangat menyedihkan.

MESKIPUN ENGKAU MARAH PADA SAYA

Tuhan marah itu selalu ada sebabnya, yaitu sebab Israel tidak bertobat, melawan Allah dan menolak, membunuh Mesias, maka marah-Nya tidak berhenti. Baru sesudah Israel bertobat, marah-Nya surut. Ini akan terjadi waktu dosa-dosa Israel disucikan seperti yang dinubuatkan dalam Zefanya 1:7 (baca ayat 1-18) mereka dikorbankan habis-habisan. Ini hari pembalasan bagi dosa orang Israel yang melawan Tuhan, menolak Mesias serta berani menanggung akibatnya Mat 27:25. Ini yang disebut masa kesukaran Yakub Yer 30:7 yang amat dahsyat tetapi mereka akan diselamatkan, yaitu sisa-sisanya yang mau bertobat, mereka akan masuk dalam kerajaan 1000 tahun. Masa kesukaran Yakub itu adalah masa kesukaran bagi orang Israel dalam zaman Antikris yang dahsyat sehingga dari seluruh orang-orang Israel hanya tersisa 144.000 orang Israel yang mau bertobat, mereka masuk dalam kerajaan 1000 tahun.

KEMARAHAN-MU SUDAH SURUT DAN ENGKAU MENGHIBURKAN SAYA

Sesudah dosa disucikan, kemarahan Allah berhenti dan sekarang Dia menghibur umat Israel yang tersisa. Dalam Kerajaan 1000 tahun Israel tumbuh kembali menjadi megah, besar, bahkan seluruh dunia dikuasainya dengan ibu kota Yerusalem. Ini penggenapan puncak bagi Israel, lebih besar dari zaman raja Daud dan Salomo sebab Kristus menjadi Rajanya, Allah yang maha kuasa, tidak ada lawannya yang bisa bertahan melawan-Nya. Israel terhibur 1000 tahun dalam kerajaan yang damai, indah makmur, lebih indah dari Taman Eden.

YESAYA 12:2 TUHAN ITU KEKUATAN, KESELAMATAN DAN NYANYIAN SAYA LIHATLAH ALLAH ITU KESELAMATAN SAYA, SAYA PERCAYA DAN TIDAK TAKUT

Kalau bukan Tuhan, tidak mungkin Israel bangun dan berdiri lagi. Tetapi sebab ada janji bagi Daud, maka Israel bangkit kembali dengan luar biasa sesuai Firman Tuhan. Allah menjadi keselamatannya dan Israel percaya dan tidak takut, sebab kalau Allah sudah dipihaknya, ia tidak perlu takut sama sekali. Lebih-lebih dalam kerajaan 1000 tahun, tidak ada yang ditakuti, sebab Kristus memerintah dengan mutlak, dengan tongkat besi dan Israel sekarang percaya kepada-Nya. Dahulu Israel tidak percaya dan menolak Yesus yang dijadikan Tuhan dan Kristus oleh Allah Kis 2:36.

KARENA TUHAN ITULAH KEKUATAN SAYA DAN NYANYIAN SAYA; IA JUGA MENJADI KESELAMATAN SAYA

Luar biasa, Israel menjadi sangat kuat dan penuh kuasa, sehingga kerajaan ini bisa berlangsung selama 1000 tahun tanpa gangguan, terus jaya sampai saat terakhir dari 1000 tahun itu, luar biasa. Belum pernah ada kerajaan yang bisa bertahan 1000 tahun dan tetap jaya dengan sepenuh-penuhnya. Sebab itu seluruh penduduknya memuji-muji Tuhan dan Tuhanlah menjadi jaminan dan asuransi keselamatan Israel untuk kekal. Tetapi meskipun begitu, di sini tidak tampak kesetiaan Israel dan bangsa-bangsa yang sesungguhnya, sebab ada tongkat besi. Untuk pertumbuhan rohani, hidup di dunia yang penuh dengan dosa ini jauh lebih efisien.

YESAYA 12:3 SUMUR KESELAMATAN SEBAB ITU DENGAN SUKACITA ENGKAU AKAN MENGAMBIL AIR DARI DALAM SUMUR-SUMUR KESELAMATAN

Air seperti biasa menceritakan tentang sukacita dan kepuasan yang ada dalam keselamatan dari Tuhan, seperti dalam Yohanes 4:13-14 (untuk mendapat air ini harus percaya dan bertobat dahulu). Seluruh penduduk kerajaan 1000 tahun dengan sukacita mengambil airnya dari sumur keselamatan yang tidak lain adalah Tuhan Yesus Juru selamat dunia. Mereka bisa mengambil air sukacita dan kepuasan itu dengan bebas, senang sebab didapat dengan cuma-cuma Wah 22:17. Bukan main, Kerajaan 1000 tahun itu lebih indah dari Eden, sebab Tuhan Yesus sendiri menjadi Raja dan jutaan orang-orang suci ikut memerntah, sehingga semua beres sebab setiap orang suci yang memerintah itu sanggup, dengan tubuh kemuliaan dan pikiran seperti manusia tetapi sempurna (sebab tubuh kemuliaan itu sempurna, tetapi belum tentu tingkat rohaninya sempurna seperti Kristus). Kalau ada satu orang dalam tubuh kemuliaan memerintah, itu sudah luar biasa, apalagi ada orang sempurna dan ada Kristus, betul-betul indah lebih dari Eden bahkan seperti Surga. Tetapi penduduk kerajaan 1000 tahun masih hidup dalam tubuh manusiawi yang lahiriah dan sebab seluruh keadaan kerajaan 1000 tahun itu dibuat ideal (dipulihkan Kis 3:21) dan adanya tongkat besi, maka semua beres! Di sini mereka mendapat kesempatan untuk mengenal dan percaya kepada Tuhan Yesus, tetapi baru pada akhir kerajaan 1000 tahun akan terbukti siapa yang betul-betul mau percaya dan tidak.

YESAYA 12:4 TUHAN DIPUJI DAN DITINGGIKAN DAN PADA HARI ITU ENGKAU AKAN BERKATA PUJI TUHAN, PANGGILAH NAMA-NYA

Nama Yesus sekarang masih ditolak oleh Israel, mereka tidak mau mengakui-Nya, bahkan membunuh-Nya. Itu sebabnya darah-Nya menjadi kutuk ke atas mereka turun temurun Mat 27:25. Tetapi di dalam kerajaan 1000 tahun, Nama itu sangat mulia bagi orang Israel. Nama ini yang dipanggil dan dipuji dan dipuja. Nama ini sejak kebangkitan Tuhan Yesus, sudah diberikan Allah untuk keselamatan manusia di atas bumi Kis 4:12, tetapi Israel menolak dan akibatnya dahsyat, sehingga hanya sisa-sisanya yang selamat dan masuk dalam kerajaan 1000 tahun. Jangan kita tolak Nama ini. Tetapi orang yang menyebut nama Tuhan jangan lagi hidup dalam dosa atau hidup lama 2Tim 2:19. Sebut Nama itu dengan pengertian, hormat dan kesucian Kol 3:17. Kalau sekarang Nama itu disia-siakan, maka binasalah orang yang menolaknya. Dalam kerajaan 1000 tahun orang Israel sudah disucikan, sudah bertobat dan dengan takut dan hormat mereka menyebut nama ini.

BERITAKAN PERBUATAN-NYA DI ANTARA BANGSA- BANGSA

Masih ada bangsa-bangsa lain dalam kerajaan 1000 tahun yaitu mereka yang tidak kena cap Antikris dengan anugerah Tuhan. Merekapun diinjili, supaya percaya akan nama-Nya. Di sini Kristus diberitakan dengan bukti-bukti perbuatan-Nya yaitu roti (= segala kebutuhan mereka diberikan dengan limpah). Ini penginjilan disertai roti bahkan limpah Yoh 6:26. Bukti-bukti yang nyata dari Nama Tuhan ada di seluruh penjuru dunia. Sebab itu semua percaya akan Nama itu, tetapi karena roti, karena bukti. Ini yang menjadi kelemahan dan menutupi keadaan yang sesungguhnya (yang belum kelihatan). Sebab yang muncul adalah iman manusiawi, yang memang bisa percaya sebab ada bukti. Dengan iman seperti ini mereka bisa bersukacita dan menikmati kerajaan 1000 tahun, tetapi iman seperti ini tidak membuat orang selamat Yoh 20:29. Ini iman Tomas yang tidak membuat bahagia sebab belum tentu selamat. Kerajaan 1000 tahun dipenuhi dengan iman campuran, yaitu iman ilahi dan iman manusiawi. Baru pada akhir Kerajaan 1000 tahun tampak bahwa iman manusiawi akan gugur, ikut iblis yang waktu itu membuat tanda-tanda dan mujizat yang besar, sehingga iman manusiawi goncang dan gugur. Sebab itu tetaplah percaya pada Firman Tuhan, bukan karena roti atau bukti. Sekalipun belum ada bukti, percayalah akan Firman Tuhan, pegang baik-baik dan ini membuat bukti datang menyusul Mrk 16:20. Jangan karena ada roti atau bukti baru percaya, tetapi percaya sekalipun tidak ada roti atau bukti dan iman dari Tuhan ini kuat, sehingga bisa tahan sampai akhir.

KATAKANLAH BAHWA NAMANYA ITU DITINGGIKAN

Orang yang percaya akan ikut menyebut dan meninggikan Nama ini. Memang di seluruh dunia nama Kristus dipermuliakan, tetapi karena iman campuran.

YESAYA 12:5 DIKENAL DI SELURUH DUNIA NYANYILAH BAGI TUHAN, SEBAB PERBUATAN-NYA MULIA, YANG DIKENAL DI SELURUH DUNIA

Seluruh dunia mengenal nama Tuhan Yesus Juru selamat dunia. Apalagi ada jutaan orang-orang pemerintah di seluruh dunia yang meninggikan nama itu dan semua penduduk percaya (campuran). Zaman sekarang nama itu belum sampai seluruh dunia; kalau sudah sampai Tuhan Yesus datang Mat 24:14. Injil harus diberitakan sampai semua manusia sudah mendengar dan waktu ujian besar terjadi di seluruh dunia, mereka yang sudah mendengar tetapi tidak mau percaya akan binasa, tetapi yang percaya akan selamat. Dalam kerajaan 1000 tahun semua sudah kenal tetapi sebagian punya iman manusiawi, sebagian iman ilahi. Beruntunglah orang yang punya iman ilahi dalam zaman itu sehingga ia bisa tahan pada saat ujian di akhir kerajaan 1000 tahun. Tetapi zaman sekarang orang-orang yang punya iman roti atau iman manusiawi tidak semua masuk Gereja, hanya kalau ada roti dan bukti baru mereka beribadah. Orang-orang ini mudah ditarik dan ditipu oleh dunia sebab tidak ada tongkat besi dan penghulu dunia ini masih memerintah dunia ini. Tuhan hanya memerintah di dalam hati orang percaya dan Gereja jalan sempit, meskipun ia tetap menguasai seluruh dunia Mat 28:18. Tetapi orang percaya yang punya iman ilahi itu untung, sebab ia akan selamat dan mulia untuk kekal dan bisa tahan sampai Tuhan Yesus datang.

YESAYA 12:6 BESARLAH YANG MAHA SUCI TERIAKKAN DENGAN KERAS DAN SORAKLAH ENGKAU SEGALA PENDUDUK ZION, KARENA BESARLAH YANG MAHA SUCI ISRAEL DI TENGAH-TENGAHMU

Orang di sini bebas berteriak-teriak membesarkan nama Tuhan sebab tidak ada pihak oposisi. Semua harus tunduk pada Tuhan Yesus dalam pemerintah tongkat besi ini. Semua bebas beribadah, itu rasa-rasanya ideal. Tetapi untuk pengolahan dan pertumbuhan iman, ini tidak ideal. Justru kalau ada oposisi apalagi kalau oposisi itu kuat, justru Gereja tumbuh dengan subur seperti dalam Hujan awal dan juga dalam Hujan akhir yang akan datang. Dalam Hujan-awal Gereja Tuhan diinjak-injak dan dianiaya begitu dahsyat, sampai mereka lari meninggalkan Yerusalem kecuali rasul-rasul, tetapi dengan ini Gereja tumbuh luar biasa, tidak bisa dibendung. Kita semua biasanya selalu minta sikon yang ideal untuk berbakti, baik dalam pemerintah (ini betul secara umum!), dan dalam pribadi masing-masing. Kalau bisa jaminan pemerintah itu mutlak, sehingga semua bebas beribadah tanpa diskriminasi. Juga secara pribadi diberkati dan dilindungi Tuhan sehingga sejahtera dan bisa berbakti dengan baik. Dalam kerajaan 1000 tahun, semua penduduk dijamin penuh bisa beribadah dengan tenang dan senang, bisa berteriak dan bersorak-sorak, dengan bebas beribadah. Seolah-olah ideal sebab itu tidak perlu iman dan pengharapan pada Tuhan, sebab itu imannya tidak tumbuh. Asuransi mirip dengan kerajaan 1000 tahun. Penjual-penjual asuransi menjanjikan keadaan yang ideal, karena ada jaminan yang kuat supaya tenang tidak kepikiran; sebab semua kemungkinan yang jelek sudah dibuang dengan uang, yaitu dengan membayar preminya, dengan demikian ada jaminan yang kuat. Tetapi sejahtera kita bukan karena jaminan yang tampak atau yang bisa dihitung, melainkan karena iman kepada Tuhan Yoh 14:27. Yusuf orang yang sungguh-sungguh berbakti kepada Tuhan tetapi untuk bisa terus berbakti dengan benar, ia diganggu. Waktu Yusuf dibuang, ia menderita, sekalipun ia tidak salah dan beribadah dengan baik, tetapi nasibnya "sangat jelek", lebih jelek dari saudara-saudaranya yang jahat. Rasa-rasanya ia sial terus-terusan padahal hubungannya dengan Tuhan baik. Tetapi justru ini yang menumbuhkan imannya dengan baik sampai akhirnya Tuhan bisa mempercayakan perkara-perkara yang sangat besar kepada Yusuf. Pembentukan bangsa Israel itu ditentukan dalam tangan Yusuf. Sehingga dalam 400 tahun Israel menjadi satu bangsa yang sangat besar, dari 75 orang menjadi kurang lebih 2 juta jiwa. Jangan berkecil hati dengan sikon yang tidak ideal. Justru pada akhir zaman, dalam Minggu ke-70 Daniel, sikon akan menjadi sangat tidak ideal untuk ibadah dan untuk tumbuh dalam tingkat rohani yang sangat tinggi di hadapan Tuhan. Tetapi dalam sikon seperti ini Gereja tumbuh sangat pesat sampai mencapai rencana kesempurnaan Allah. Kalau kita mengerti rahasia ini, kita tidak kecil hati melihat dosa bertambah-tambah dan sikon makin jelek untuk ibadah dan pelayanan, tetapi kuasa Allah dan segala fasilitas dari Surga akan makin melimpah! Jangan lupa, Tuhan tidak akan mencobai kita lebih dari kekuatan kita, sebab itu Tuhan akan terus menambah fasilitas rohani yang kita butuhkan! Dalam keadaan seperti ini Tuhan mengirimkan hujan akhir, pembukaan Firman Tuhan, pelayanan orang sempurna, jabatan-jabatan dan semua janji-janji Tuhan dalam Alkitab akan nyata semua. Justru keadaan yang tidak ideal ini menjadi sekolah yang paling baik dan tepat untuk pertumbuhan rohani yang cepat, supaya bisa masuk dalam tingkat kesempurnaan Ibr 2:10. Orang yang dipimpin akalnya akan mengeluh dan mencari jalan supaya bisa melangsungkan imannya dengan baik dalam keadaan yang ideal. Cara yang mudah adalah kompromi dan masuk jalan lebar, maka di sini aniaya akan reda atau berkurang. Kalau iblis bisa diajak kerjasama, bahkan bertahta dalam Gereja (Pergamus), maka aniaya itu hampir-hampir tidak ada. Sebab itu Gereja Laodikea bersukacita dan tidak kekurangan apa-apa, mereka kaya dan makin besar dengan cepat. Mereka merasa nyaman dan bahagia, merasa sudah mencapai target dunia dan Surgawi. (Ini juga terjadi pada zaman kaisar Romawi yang membuat Kristen menjadi agama negara maka akhirnya Gereja menjadi Gereja jalan lebar). Tetapi Tuhan mengatakan merekalah Gereja yang celaka, tiada terkasihani, malang dan celaka Wah 3:16-19. Ini orang-orang yang berjalan dengan akalnya, dengan iman manusiawi, tidak bahagia. Dalam kerajaan 1000 tahun keadaan begitu indah, lancar, ada kebebasan ibadah, semua bisa bersorak-sorak tanpa gangguan pihak oposisi. Tetapi iman sulit tumbuh. Orang yang berjalan dalam Roh akan mengerti, mengapa Tuhan mengizinkan dosa meningkat di akhir zaman, bukan hanya kesucian Wah 22:11. Roh Kudus akan memberi pengertian dan iman yang tepat. Justru semua kesukaran, godaan, bujukan, gangguan dan aniaya itu menjadi pengolahan dan ujian supaya kita sungguh-sungguh berharap dan percaya pada Tuhan, sungguh-sungguh berjalan dalam Roh seperti ligabis, bukan seperti ligabo. Justru masa-masa yang sulit ini yang terus mengganggu, menantang, menggoda, mengancam, dll, itu membuat orang beriman harus sepenuhnya percaya dan harap pada Tuhan, kalau tidak mereka akan gugur. Masa-masa ini menjadi masa hukuman bagi rumah Allah 1Pet 4:17, Yeh 9:1- 8, tetapi ini menjadi masa pengolahan yang indah dan cepat dan sangat efektif. Di sinilah Gereja dan semua orang beriman yang sungguh percaya dan bersandar Tuhan, penuh dan dipimpin Roh seperti lima gadis bijaksana akan mengalami pengolahan yang dahsyat dan pertumbuhan yang pesat. Tuhan juga akan memberi fasilitas dan perlengkapan yang penuh. Rohani akan meningkat, tanda-tanda dan mujizat akan terjadi, pengurapan, pembukaan Firman Tuhan dll, semua akan nyata dan meningkat dengan pesat. Justru makin ditempa, emas yang satu talenta itu akan makin cepat berubah menjadi Pelita emas yang ajaib dan mulia (Pelita dalam Kemah Suci). Sebab itu jangan takut oposisi dari iblis dan manusia, bersandar pada Tuhan sepenuh-penuhnya. Iblis akan dilempar dari Surga sehingga ia marah besar dan membuat banyak gara-gara di dunia Wah 12:12 tentu ia menggangu & menganiaya Gereja Tuhan, tetapi itu sudah diketahui Tuhan lebih dahulu. Allah tahu dan tidak membiarkan hal-hal yang merugikan pengolahan umat Tuhan. Sebab justru ini akan menumbuhkan Gereja Tuhan dengan kecepatan yang luar biasa kepada kesempurnaan. Juga orang-orang yang dipimpin Roh, yang menjadi anggota Gereja hujan-akhir tidak ada seorangpun yang mati, tetapi tumbuh, siap untuk pengangkatan dan sebagian menjadi sempurna 1Kor 15:51-52. Sebab itu kita harus bersedia, makin mahir berjalan dalam Roh seperti ligabis dan siap dengan pengertian dari Roh Kudus Yoh 16:13 untuk menghadapi masa-masa yang sulit tetapi indah bagi orang yang hidup seperti ligabis. Zaman penderitaan ini akan berubah menjadi zaman keemasan bagi Gereja, sehingga bukan menderita tetapi justru rasanya seperti sudah di Surga, padahal masih di bumi yang penuh dengan dosa, kejahatan, dan iblis yang marah-marah dengan luar biasa. Allah tahu dan mengerti. Dia sudah memperhitungkan semua ini untuk menjadi faedah dan keuntungan bagi Gereja. Sebab itu bersedialah. Jangan takut, Yang Maha Suci orang Israel, Allah yang maha suci itu bekerja dalam Gereja-Nya dengan penuh (ketiga Pribadi Allah) sehingga Gereja akan menjadi suatu ajaib Wah 12:10, lebih dari hari-hari yang lalu Hag 2:10.

KESIMPULAN

Allah begitu besar kemurahan-Nya. Sekalipun Ia marah besar pada Israel, tetapi sesudah mereka bertobat, dibersihkan, Israel mengalami kemurahan-Nya yang besar sehingga limpah dengan syukur dan pujian. Tetapi hidup dalam zaman kita sekarang, lebih-lebih dalam masa hukuman rumah Allah dalam Minggu ke-70 Daniel, meskipun tampaknya berat, tetapi itu justru menjadi berkat yang besar dan nyata bagi orang yang bersedia seperti ligabis dan setia sampai akhir.

Nyanyian

Marilah hari mulia