Share :  

YESAYA 13-23 NUBUATAN TENTANG BANGSA-BANGSA KAFIR

Dalam nubuatan ini yang pada umumnya berisi segala kejahatan dan hukumannya, tetapi juga ada janji-janji tentang sebagian dari mereka yang masuk dalam kerajaan Mesias (Mesir-Asyur). Nubuatan-nubuatan tentang bangsa-bangsa kafir ini punya arti harafiah dalam kaitannya dengan bangsa Israel secara lahiriah, tetapi juga punya arti rohani dari bangsa-bangsa kafir  terhadap bangsa Israel rohani yaitu Gereja. Bangsa kafir secara rohani ini adalah bermacam-macam sifat, keadaan, dosa-dosa dan kejahatan dari orang-orang dosa yang akan sampai pada puncak-puncaknya pada akhir zaman ini. Bangsa-bangsa kafir tersebut adalah:

  1. Babel Yes 13:1-14:23
  2. Asyur Yes 14:24-27
  3. Filistea Yes 14:28-32
  4. Moab Yes 15:1-16:14
  5. Siria (Damsyik) dan Efraim (Israel) Yes 17:1-14
  6. Etiopia Yes 18:1-7
  7. Mesir Yes 19:1-20:6 (Yes 19:18-25)
  8. Babel Yes 21:1-10
  9. Edom (Duma) Yes 21:11-12
  10. Arabia Yes 21:13-17
  11. Yerusalem Yes 22:1-25
  12. Tirus dan Sidon Yes 23:1-18

Dari nubuatan tentang bangsa-bangsa kafir ini, kita bisa mengerti tentang perkembangan dosa dan kejahatan di akhir zaman ini, sampai dosa mencapai puncak-puncaknya, lalu Allah akan menghukumkan mereka (ada Meterai, Sangkakala, Bokor dll). Tetapi kalau kita mengerti, maka kita bisa lari keluar dari antara mereka, tidak menjamah yang jahat dan lepas dari hukuman Allah atas bangsa-bangsa Babel atau bangsa kafir ini Wah 18:4.

YESAYA 13:1 NUBUAT YESAYA TENTANG BABEL

1. NUBUAT YESAYA TENTANG BABEL BEBAN TENTANG BABEL YANG DILIHAT OLEH YESAYA BIN AMOS

Apa yang dilihat Yesaya tentang Babel, itu juga dilihat oleh Yohanes di pulau Patmos tentang (sundal) Babel dan kehancurannya dalam Wahyu 17-18. Semua ini saling melengkapi, supaya pada waktunya, Roh Kudus akan memberi pengertian yang lengkap bagi Gereja akhir zaman tentang keadaan dunia dan bagaimana menghadapinya, supaya kita tidak takut dan tidak tertipu atau tersesat oleh segala tipu dayanya. Juga dalam buku-buku Alkitab lainnya ada beberapa keterangan tentang Babel dan bangsa-bangsa kafir ini (misalnya di Obaja tentang Edom, di Amos, juga semua nabi kecil, nabi besar, 1-2 Tesalonika dll). Dunia akan makin jahat, bahkan menjadi sempurna dosanya, sampai pada puncak-puncaknya dalam zaman Antikris seperti iblis.  Kunci tentang peristiwa yang terjadi di sini ada dalam ayat 6-7. Di sini diceritakan tentang hari Tuhan yang dahsyat itu seperti yang tertulis dalam Wahyu 1:7; 6:15-16. Ini bukan hari Tuhan untuk mempelai atau umat-Nya yaitu hari pengangkatan, sebab tentang hari ini orang dunia tidak tahu sama sekali, tidak menyadari (baru sesudahnya), sebab tiba-tiba umat Tuhan yang sudah bersedia seperti lima gadis bijaksana akan lenyap dengan tanda-tanda yang khas dari pengangkatan (pakaian dan semua yang dipakai tertinggal, kubur pecah dll); Pada waktu ini orang-orang dunia tidak ada yang menangis, yang menangis justru orang-orang beriman. Antikris yang sudah ada (binatang yang ke-4 yang sudah ada 30 hari sebelum pengangkatan Dan 7, 12:11) akan memberi komentar yang tepat, heran dan ajaib, sehingga orang-orang dunia lekat dengan dia (menjelaskan orang-orang Kristen yang hilang dan memberi contoh-contoh, bukti dari komentarnya, yaitu orang-orang yang tiba-tiba bisa menghilang seperti orang-orang yang terangkat). Lalu Antikris mulai bertindak tegas dan kejam bagi orang Kristen yang masih ada (= yang tertinggal) dan orang-orang yang melawan kehendak dan pemerintahannya. Zaman kerajaan Antikris mulailah dengan dahsyat dan mengerikan. Keterangan-keterangan lain juga bisa dilihat dalam Wah 17,18 dll.

YESAYA 13:2-5 PERSIAPAN UNTUK PERANG HARMAGEDON

Dalam ayat-ayat ini kita melihat dari sisi yang lain dari pengangkatan. Bagi kita pengangkatan adalah penamatan atau pelantikan dari Gereja Tuhan; semua yang lulus akan bangkit dan diangkat lalu masuk dalam Pesta Kawin Anak Domba Wah 19:8, 9 dan mulailah masa kekekalan yang indah bagi semua orang percaya. Kalau seorang masuk Surga, itu berarti pengolahannya sudah selesai dan mulailah kesukaan yang kekal yang dialami dalam tubuh kemuliaan. Ia tidak mungkin berdosa lagi dan tidak mungkin keluar dari Surga. Pengolahan sudah selesai, ia tetap di Surga untuk selama-lamanya, sangat indah. Tetapi rencana Allah untuk dunia ini belum selesai, istimewa untuk Israel. Antikris masih bertahta di atas bumi untuk 3,5 tahun (1260 hari) dan Tuhan Yesus akan turun memerangi Antikris dalam perang Harmagedon. Sekarang Tuhan Yesus mempersiapkan tentara-Nya. Pengangkatan ini sekaligus menjadi permulaan persiapan Tuhan Yesus untuk menyelesaikan rencana Allah bagi iblis dan tentaranya dalam Minggu ke-70 Daniel. Begitu heran, sekaligus dalam kemuliaan penamatan Gereja, Gereja juga dipersiapkan untuk membinasakan kerajaan Antikris dan ini tidak sulit bagi Allah, tetapi semua umat Tuhan juga diikutsertakan, sebab peperangan berarti kemenangan, jarahan dan sukacita yang indah, tanpa perang tiada kemenangan. Kita ikut perang, ikut menang bersama-sama Tuhan. Begitu juga sesudah ini selesai, dan sesudah kerajaan 1000 tahun selesai Allah menciptakan Surga dan Bumi baru. Sesudah itu Allah masih mempunyai banyak acara lagi yang indah-indah bersama kita dalam kekekalan, tetapi dalam semua acara yang indah-indah itu tidak lagi ada kejatuhan atau kegagalan, tetapi kemenangan yang indah-indah dan sukacita selalu.

2. BENDERA DIPASANG NAIKKAN BENDERA DI ATAS GUNUNG YANG TINGGI. NYARINGKAN SUARAMU KEPADA MEREKA, GERAK-GERAKAN TANGANMU SUPAYA MEREKA PERGI KE PINTU GERBANG PARA BANGSAWAN

MENAIKKAN BENDERA sebagai isyarat atau tanda bahwa sesuatu yang baru akan dimulai. Inilah permulaan dari Minggu ke-70 Daniel, dimana dalam nubuatan Daniel Dan 9:24-27 lonceng Daniel mulai jalan lagi, Minggu ke- 70 Daniel dimulai dan rencana Allah untuk Gereja dan Israel akan ditamatkan dan Allah pasti  berhasil 100% menyelesaikan rencanaNya dalam waktu yang sudah ditentukan dan dinubuatkan! Allah kita luar biasa.

DI ATAS GUNUNG YANG TINGGI

Inilah gunung kesucian Allah Maz 48:2. Tanda ini ada di atas puncak gunung yang tinggi yaitu dalam puncak kesucian-Nya atau di dalam Ruangan Maha Suci. Orang-orang dalam Ruangan Suci bisa melihat ke dalam Ruangan Maha Suci sebab Tirai sudah pecah, lebih-lebih orang yang dekat dengan Tirai, limpah dengan penyembahan di dalam Roh dan kebenaran (Mezbah Dupa). Semua orang dalam Ruangan Suci adalah orang-orang yang dipimpin Roh, yang bisa melihat bendera tersebut. Tetapi orang-orang yang di Halaman tidak bisa melihat sebab terhalang oleh Pintu Kemah. Sebab itu mereka tidak tahu dan tidak mengerti. Apalagi orang-orang di luar Pintu Gerbang (orang dunia dan orang Kristen yang sudah undur) itu sama sekali tidak tahu dan tidak bisa mengerti tentang lonceng Daniel yang mulai berjalan lagi. Seperti calon mantu Lot (ini orang-orang di Luar Halaman), waktu diajak keluar dari Sodom, mereka merasa ajakan Lot itu seperti suatu gurauan belaka, dan tentu mereka menolak dan menganggap Lot itu mungkin terganggu pikirannya Kej 19:14. Juga dalam zaman Nuh, sesudah sampai waktunya Kej 7:8-9 binatang-binatang dikirim masuk oleh Tuhan dalam Pintu Gerbang kapal Nuh. Semua orang melihat, semua tahu sebab ini berita yang luar biasa, tidak pernah dan tidak mungkin terjadi. Mereka semua sangat keheran-heranan tetapi semua tidak bisa percaya berita Nuh tentang air bah dan kebinasaan manusia dan mereka binasa semua! Begitu juga permulaan Minggu ke-70 Daniel akan ada tanda dari Tuhan yaitu bendera Allah dinaikkan di atas puncak gunung yang tinggi, ada tanda yang jelas tetapi orang-orang beriman di Halaman dan luar Halaman tidak akan mengerti, tidak akan percaya. Kalau mereka mau coba-coba bersedia tetapi tidak bertobat penuh, tidak ada penyerahan 100% untuk kedatangan Tuhan, mereka akan mati, sebab sedikit dosa dihukum Tuhan 2Kor 10:6, Kis 5:13. Orang yang percaya akan habis-habisan (100%) mempersiapkan diri menunggu kedatangan Tuhan II. Semua hidup suci penuh, tanpa dosa (sebetulnya sudah bisa dan sudah harus mulai sekarang Yoh 8:36, Rom 6:1-2). Luar biasa!

NYARINGKAN SUARAMU KEPADA MEREKA

Beritanya akan terdengar bagi orang-orang yang penuh dan dipimpin Roh (dalam Ruangan Suci). Firman Tuhan akan terbuka semua dan diberitakan di mana-mana Mat 10:26-27. Semua orang yang sungguh-sungguh, yang penuh dan dipimpin Roh akan mengerti dan bersedia baik-baik dalam kesucian yang penuh (tinggal dalam Ruangan Suci) seperti lima gadis bijaksana. Tetapi yang hidup menurut daging (di Halaman) atau setengah hati seperti Laodikea dan lima gadis bodoh (naik turun Halaman dan Ruangan Suci) tidak akan mengerti, tidak percaya dan sebab tidak sepenuhnya bersedia (masih ada dosa atau hati yang mendua) mereka undur supaya tidak mati dihukum Allah. Beritanya sudah cukup jelas (seperti zaman Nuh dan Lot), tetapi orang Halaman dan Luar Halaman tidak mau percaya dan tidak bisa mengerti. Hukum di Gereja menjadi tegas dan keras 2Kor 10:6. Tidak lagi ada orang yang boleh main-main atau mendua dalam Gereja. Semua harus masuk dalam kesucian penuh terus menerus seperti lima gadis bijaksana atau keluar Halaman (lari dari Gereja-gereja jalan sempit yang ada dalam kesucian Roh) dan masuk dalam Gereja jalan lebar seperti 4 Gereja akhir zaman Wah 2-3. Gereja-gereja di sini "masih baik, penuh kemurahan", masih memberi kesempatan untuk dosa, bahkan tumbuh dalam dosa; tampaknya seperti Gereja yang betul sebab menerima orang-orang dosa, tetapi dalam Minggu ke-70 Daniel, inilah Gereja jalan lebar penuh dengan segala macam dosa dan perkara iblis yang dalam-dalam seperti Tiatira, dan iblis bertahta seperti Pergamus, bahkan mati seperti Sardis. Beberapa terang-terangan menjadi jemaat iblis tetapi banyak tetap mempertahankan nama sebagai Gereja Tuhan, tetapi Gereja jalan lebar, yang akan mati dalam dosa dan sisanya waktu pengangkatan akan ketinggalan.

GERAK-GERAKKAN TANGANMU

TANGAN YANG DIGERAKKAN adalah kegerakan Hujan-akhir hasil dari pekerjaan Roh Kudus yang limpah. Kegerakan ini lebih besar dari Hujan-awal, dua kali lipat. Semua tanda-tanda khas Hujan-awal akan ada dalam kegerakan ini bahkan dua kali lebih banyak dan lebih kuat, seperti Elisa dan Elia 2Raj 2:9-10. Macam-macam kesaksian, pertolongan, kesembuhan, tanda-tanda mujizat ilahi limpah dalam kegerakan ini. Semua ayat Firman Tuhan akan jadi dengan ajaib, luar biasa, suatu kegerakan dari perbuatan semua orang yang dipimpin Roh, lebih dari perbuatan Rasul-rasul yang menjadi kisah perbuatan rasul-rasul hujan-awal. Banyak tanda-tanda dan penjelasan diberkan kepada umat Tuhan, supaya yang mau bertobat bisa percaya dan dipersiapkan untuk masuk dalam Pintu Gerbang bangsawan. Tanda-tanda (seperti dalam zaman Nuh) segala binatang masuk dan berubah menjadi jinak seperti semula dalam Eden dan dalam kerajaan 1000 tahun. Ini berarti pertobatan dan perubahan tabiat-tabiat yang buas dan lama, berubah menjadi tabiat baru seperti Kristus. Tanda-tanda di dalam Gereja. Ada kegerakan yang luar biasa, orang-orang bertobat dan tabiatnya berubah seperti Kristus. Ini kegerakan besar dari Allah yaitu kegerakan Hujan-akhir yang terjadi di seluruh dunia dan seluru umat Allah dan juga orang-orang dunia melihat semua ini terjadi dengan luar biasa. Sebagian mau bertobat sepenuhnya, sebagian tidak mau. Pada saat ini tidak bisa mendua atau plin plan. Orang yang sudah penuh dan dipimpin Roh akan ikut dalam proyek Allah yang luar biasa ini. Tanda-tanda di luar Gereja juga akan terus meningkat melengkapi apa yang sudah dinubuatkan dalam Firman Tuhan. Ingat ini semua terjadi dengan cepat, mendadak, luar biasa, belum pernah ada dan terjadi di seluruh dunia! Hal-hal yang belum pernah terjadi akan makin banyak sampai limpah. Misalnya dahulu tembok Berlin roboh (tidak terpikir ini bisa terjadi) malapetaka yang merajalela, di tengah-tengah pemanasan global, terjadi pendinginan global sampai waktu musim panas di Australia (19 Des 2010) ada salju 10 cm menutupi mobil dan jalan-jalan. Gejala-gejala dingin di bumi belahan utara (misalnya Eropa) justru juga makin dingin, seolah-olah seluruh dunia mau membeku, padahal sebelumnya terjadi pemanasan global. Ini semua hal-hal baru. Belum lagi tanda-tanda kejahatan dan dosa yang meningkat, sebab itu kita harus bersedia baik-baik.

PINTU GERBANG BANGSAWAN

Pada akhir zaman dalam 3,5 tahun I (sebelum pengangkatan) tidak lagi ada orang hina dan orang kecil dalam Gereja. Tetapi semua menjadi bangsawan, orang-orang mulia, yang tinggi tingkat rohaninya. Orang-orang yang hina dan rendah tidak berani masuk dan undur keluar ke Luar Halaman Kis 5:13. Pintu Gerbang bangsawan adalah Pintu Kemah, kalau seorang masuk dari-padanya, ia dibaptis oleh Roh Kudus dan menjadi Imam-imam dan raja-raja di hadapan Allah 1Pet 2:5, 9, inilah bangsawan-bangsawan ilahi di muka hadirat Allah. Pintu Gerbang ini sebetulnya sudah dibuka mulai sekarang bahkan sudah mulai pada hari Pentakosta zaman rasul-rasul, tetapi belum banyak yang mau masuk, bahkan ada yang menganggap sesat. Tetapi waktu seorang dibaptis Roh, ia menjadi raja dan imam-imam di hadapan Tuhan, itulah golongan bangsawan di hadapan Allah. Sekarang, bendera dan suara yang dinyaringkan dan kesaksian atau perbuatan = tangan yang digerak-gerakkan dalam pengurapan Roh Kudus menjadi tanda supaya orang-orang pergi ke Pintu Gerbang bangsawan ini. Inilah permulaan dari Minggu ke-70 Daniel dengan banyak tanda-tanda lain (seperti perjamuan suci setiap hari, mujizat dan tanda-tanda heran langsung meningkat sampai puncak-puncaknya, jabatan-jabatan menjadi nyata, pelayanan orang sempurna mulai timbul. Ini tanda-tanda di dalam Gereja).

KESIMPULAN

Cara terbaik dan satu-satunya untuk bersedia adalah menjadi lima gadis bijaksana yaitu tetap tinggal terus menerus di dalam Ruangan Suci. Jangan seperti lima gadis bodoh yang naik turun dari Ruangan Suci ke Halaman, bahkan kadang-kadang keluar dari Halaman. Ini orang-orang yang dipakai Tuhan dengan heran dan luar biasa seperti Simson, tetapi juga berzinah dengan limpah dengan Delila dan banyak perempuan-perempuan lain. Waktu pulang dari pelanggaran-pelanggaran itu (bahkan sampai berzinah) di negeri-negeri Filistin, ia masih berbuat banyak mujizat-mujizat yang heran Hak 14:19; 15:3. Sesudah berzinah di Gaza, ia masih bisa membuat ajaib dengan menjebol dan memikul Pintu Gerbang yang berat dari Gaza sampai di muka Hebron, cukup jauh. Ini seorang yang diurapi dengan heran, tetapi dengan bebas jalan-jalan dan tinggal di Filistin, bahkan kawin dengan orang Filistin. Orang tuanya melarang tetapi Simson  menolaknya. Elimelekh, Kilyon dan Mahlon tinggal dan kawin di Moab, mati semua Rut 1:3, 5. Akhirnya Simson juga mati di Filistin meskipun saat terakhir ia bertobat, tetapi tetap mati di Filistin. Ini gambaran orang-orang yang penuh Roh Kudus tetapi seperti lima gadis bodoh, hidup dalam dosa, berzinah dengan dunia ini Yak 4:4 akan ditolak dari Surga Mat 7:21-23; 25:13. Kalau toh masuk zaman Antikris, mati di negari Antikris. Harus bersedia untuk tinggal di dalam Ruangan Suci, berdoa dalam Roh dan kebenaran sehingga ikut dalam pengangkatan Wah 11:2. Lima gadis bodoh akan tertinggal. Naik lebih tinggi, tidak lama lagi bendera akan dinaikkan di atas gunung Allah yang tinggi dan masa penamatan akan segera berlangsung, yang tidak bersedia tidak akan tahan dan mati dalam dosa atau tertinggal.

Nyanyian

Zaman sekarang berjagalah