Share :  

Kunci untuk ayat-ayat dalam pasal 13 ini adalah:

  1. Babel (kerajaan dunia) dan
  2. Hari Tuhan yang dahsyat membinasakan dunia adalah hari kedatangan Tuhan yang kedua yang dahsyat sehingga orang-orang ketakutan dan lari Wah 1:7; 6:16-18. Ini bukan hari pengangkatan! Sebelum hari kedatangan Tuhan yang kedua ini terjadi, maka bendera Tuhan sudah dinaikkan di atas gunung Allah yang tinggi dan kemudian bala tentara Allah dikumpulkan dalam hari pengangkatan, disiapkan untuk turun bersama-sama Kristus seperti yang diceritakan dalam Wahyu 19, dipimpin Tuhan Yesus naik kuda putih untuk memerangi Babel atau dunia yang sa-ngat gelap, yang akan dibinasakan.

YESAYA 13:3 BALA TENTARA SURGA DIKUMPULKAN
AKU SUDAH MEMERINTAHKAN ORANG-ORANG YANG TELAH KU SUCIKAN

Siapakah orang-orang ini, yang akan menjadi bala tentara Surgawi? Inilah orang-orang yang sudah disucikan oleh Tuhan, masuk dalam Ruangan Suci yang kemudian akan diangkat. Orang-orang yang diangkat ini adalah orang-orang yang disucikan, bukan orang-orang yang hidup dalam dosa. Beberapa banyak Gereja-gereja akan menjadi Gereja jalan lebar dan kesucian tidak lagi menjadi syarat minimum. Sedikit dosa diperbolehkan. Kalau sedikit dosa boleh, mereka akan menjadi suam, sebab cinta dosa akan bersemi, terus tumbuh dan akan membuat hati mendua, bercabang, jadi suam. Meskipun hanya sedikit dosa saja yang diijinkan, itu menghidupkan kembali percintaan akan dosa, percintaan dosa dalam hati harus dibuang tuntas, kalau tidak dosa selalu bertumbuh, tidak statis Ams 6:26-27 dan lama-lama menjadi makin besar lalu menguasai, memperbudak orang itu yang mula-mula berdosa hanya sedikit. Ini memang siasat setan. Mula-mula Gereja yang undur itu hanya berbuat dosa sedikit, menjadi Gereja yang suam (Laodikea) lalu makin banyak dosanya sampai menjadi Gereja Tiatira, tidak lagi takut berbuat dosa, lalu lama-lama bukan saja dosanya tumbuh, juga dalangnya yaitu iblis bertahta di dalamnya, menjadi Gereja Pergamus dan akhirnya mati seperti Gereja Sardis; semua mula-mula sedikit, tetapi makin lama makin tumbuh menjadi banyak sampai akhirnya mati. Orang Kristen yang celaka dan binasa itu mula-mula berdosa hanya sedikit-sedikit. Sebab itu syarat minimum orang Kristen, lebih-lebih pelayan Tuhan adalah hidup benar atau suci. Jangan mulai berdosa! Kesucian harus terus dipegang erat-erat, jangan luntur dengan alasan apapun. Memang yang diterima Tuhan itu ligabis. Ligabo itu mula-mula hidup suci tetapi kemudian sedikit-sedikit kompromi dengan dosa, itu sebabnya dinamai bodoh, sebab berani main-main dengan dosa, lalu akibatnya binasa untuk kekal, bahaya sekali! Jangan berdosa sekalipun sedikit-sedikit, jangan beri tempat pada iblis Ef 4:27, jangan menuruti daging, jangan sebentar dalam Roh, sebentar dalam daging, akan menjadi suam, bercabang, mendua dan itu permulaan celaka dan binasa. Harus segera bertobat Yak 4:7-8.

AKU JUGA SUDAH MEMANGGIL ORANG-ORANG KUAT-KU

Menjadi orang kuat ini bukan terutama untuk dipakai Tuhan dengan heran, berbuat mujizat dll, tetapi kuat itu untuk mematikan daging, hidup suci dan benar di hadapan Tuhan. Ini yang pertama dan menjadi dasar untuk hidup dan ibadah serta pelayanan kita. Kuat untuk mematikan daging. Jangan tujuan kita untuk populer, disukai dan dipuji orang banyak, dapat penghargaan, uang, hadiah dll, tetapi berkenanlah kepada Tuhan. Tuhan tidak berkenan pada dosa sebab Ia maha suci dan menghendaki kita suci 1Pet 1:15-16. Jangan lupa ini dasarnya dan jangan dikurangi. Allah sanggup memerdekakan kita dari dosa sehingga kita menjadi suci dan tetap suci Yoh 8:36, Gal 5:1. Dalam segala segi hidup, segala saat biar kita tetap hidup suci; Jadilah kuat untuk hidup suci, dan taat memperkenankan Tuhan dengan melakukan kehendak-Nya, baru sesudah itu kuat untuk pelayanan dll. Dengan Tuhan kita sanggup hidup suci dan melakukan segala kehendak Tuhan dalam akhir zaman yang dahsyat ini Flp 4:13. Jangan Percaya dan tetaplah suci seperti ligabis.

UNTUK KEMARAHAN-KU

Allah itu adil, kalau satu orang berbuat dosa apalagi berkeras hati dan terus menerus tidak mau bertobat sampai melebihi batas waktu dan ukurannya, maka hukuman Allah akan turun dengan dahsyat seperti zaman Nuh, Lot, Niniwe dll.

Juga secara pribadi Saul mula-mula penuh Roh Kudus tetapi kemudian berdosa dan tidak mau bertobat sampai melebihi batas, maka Tuhan tidak mau lagi bicara dengan dia. Ini seperti ligabo yang mulai dalam Roh tetapi berakhir dalam daging Gal 3:3-4, dan akhirnya binasa, ia ditekan iblis yang menguasainya, sampai bunuh diri seperti Yudas, langsung masuk Neraka, sebab terus berkeras hati.

YAITU MEREKA YANG BERSUKACITA DALAM KEBESARAN-KU

Semua tentara Tuhan dikumpulkan dan mereka bersukacita dalam kebesaran Tuhan.

Waktu Tuhan Yesus datang pertama, kita bersukacita dalam salib dan penderitaan Kis 5:41, Luk 6:23. Kesukaan ini timbul sebab berharap hari yang mulia yang akan datang 1Pet 1:8; 4:12 seperti Kristus di atas salib Ibr 12:2. Tetapi penderitaan salib (karena kebenaran, bukan karena dosa) itu justru menjadi ukuran kemuliaan yang akan kita terima dari Tuhan Rom 8:17-18. Sebab itu orang yang mengerti itu suka salib, bahkan Paulus sudah mati dari dunia dan dunia mati bagi dia Gal 6:14. Seluruh hidupnya penuh dengan salib Kristus, tetapi itu menjadi ukuran kemuliaan yang akan diterimanya, luar biasa!

Pada kedatangan Tuhan Yesus yang kedua adalah saatnya orang-orang yang disucikan, yang menjadi pasukan Kristus, bersukacita dalam kebesaran Kristus. Ini sudah dimulai dalam Minggu ke-70 Daniel, dalam masa keemasan Gereja, ada sukacita yang luar biasa, sehingga rasanya seperti Surga meskipun masih di dunia. Bahkan di sini ukuran dan tingkatan kita masih bisa tumbuh terus. Ini saat yang sangat menguntungkan. sudah merasakan sukacita suasana Surga tetapi masih bisa tumbuh. Kalau di Surga sudah tidak bisa tumbuh lagi. Mengapa begitu? Sebab sekalipun sudah merasakan suasana Surga indah, tetap masih ada aniaya dan penderitaan dari dunia, dosa, daging dan Antikris (tiga Antikris pendahulu sudah muncul saat ini) Gereja Tuhan masih mengalami tekanan, ancaman dan aniaya seperti Gereja Hujan awal, lebih-lebih dari Antikris, tetapi selalu menang, bahkan anggota Gereja Hujan-akhir tidak ada yang mati. Memang sulit membedakan anggota Gereja mana yang termasuk anggota Gereja Hujan-akhir, sebab dalam Gereja Sardis yang matipun, masih ada sedikit orang yang tetap hidup suci, dan berjalan dengan Tuhan Wah 3:4-5. Orang-orang ini termasuk berlayak akan pengangkatan. Biasanya mereka ini menjadi nabi-nabi dalam Gereja-gereja yang jahat dan mati, baru mereka bisa tahan seperti Elia, Elisa di Samaria. Orang-orang lain, yang bukan nabi, biasanya tidak akan tahan dan seringkali akan hanyut dalam dosa-dosa yang limpah dalam Gereja jalan lebar, sebab itu biasanya orang yang mau sungguh-sungguh ikut Tuhan, mereka pindah ke Gereja yang betul yaitu Gereja jalan sempit. Ini terjadi dalam zaman Israel 2Taw 11:14,16; 15:9. Biasanya hanya nabi-nabi yang bisa tahan di tempat-tempat yang begitu jahat melawan Tuhan, sebab mereka dapat tugas untuk menobatkan orang-orang jahat itu.

Biasanya anggota-anggota Gereja-gereja jalan sempit banyak yang menjadi anggota Gereja Hujan- akhir dan akan masuk dalam pengangkatan atau menjadi sempurna.

Orang-orang ini akan bersukacita dalam masa emas Gereja akhir zaman, lalu kemudian masuk dalam pengangkatan dan bersukacita dalam pesta kawin Anak Domba selama 3,5 tahun di Surga. Baru sesudah itu mereka bersama-sama Kristus akan turun ke dunia dalam perang Harmagedon seperti yang disebut dalam Wahyu 19.

Dalam hari-hari sukacita ini, kita juga dipersiapkan untuk turun bersama-sama Kristus. Di Surga tidak lagi ada pengolahan untuk peningkatan, tetapi sebelumnya, sewaktu di dunia (dalam 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel) masih ada kesempatan untuk meningkat dalam pengolahan, bahkan kesempatan yang sangat besar lebih-lebih dalam suasana dosa yang meningkat tinggi sampai puncak-puncaknya Wah 22:11.

YESAYA 13:4. KEDAHSYATAN ZAMAN ANTIKRIS DI DUNIA
SUARA ORANG BANYAK DI ATAS GUNUNG-GUNUNG

Di sini ada banyak orang di atas gunung-gunung, tetapi ini lain, ini gunung-gunung kenajisan dosa Babel atau orang-orang dosa yaitu dalam zaman Antikris Wah 17:9. Ada 7 gunung, di mana perempuan sundal Babel duduk!
Ini lain dengan satu gunung dalam ayat 2 yaitu gunung kesucian Allah.
Lalu pada waktu orang beriman yang diangkat dan dibangkitkan berpesta dalam Surga, sementara itu dalam dunia terjadi pesta besar untuk Antikris dengan membantai orang-orang yang tertinggal dan sesudah mereka habis, semua pengikutnya sendiri akan dibantai, sebab memang iblis dan Antikris itu adalah pembunuh dari mulanya Yoh 8:44. Saat ini (zaman Antikris) dunia sangat gelap pekat di dalam dosa, bahkan banyak yang meningkat dalam kesempurnaan dosa!

SEPERTI KUMPULAN ORANG BANYAK

Memang jalan lebar itu lebih banyak orangnya, juga Gereja-gereja jalan lebar itu lebih penuh dan sesak Mat 7:13-14. Kalau Gereja membagi-bagi roti atau hal-hal yang fana, ribuan orang datang. Kalau Gereja membagi-bagi salib, pikul salib 1Kor 1:18 yang datang lebih sedikit atau sangat sedikit, tetapi ini yang betul. Jalan sempit itu ujungnya sampai di Surga, tetapi jalan lebar ujungnya di Neraka. Sebab itu jangan kecil hati melihat lebih banyak orang di jalan lebar. Seringkali orang banyak itu punya daya tarik yang besar dan itu disebut mode yang lebih diikuti orang banyak, tetapi akhirnya aniaya kekal dalam Neraka. Bertekunlah dan saling menguatkan di antara orang-orang di jalan sempit, sebab akhirnya itu sukacita yang kekal dalam Surga.

SUATU SUARA YANG RIBUT DARI KERAJAAN BANGSA- BANGSA YANG BERHIMPUN

Sekalipun meriah dan banyak orangnya, tetapi selalu ribut. Sebab dosa tidak pernah memberi sejahtera Rom 3:17, tetapi selalu ribut. Dosa itu egois mencari keuntungan dan kesukaan sendiri. Suami yang hidup dalam dosa pasti menelantarkan isteri dan anak-anaknya, lupa daratan, membuat keributan dalam keluarga dan kepahitan. Suami yang berdosa senang-senang dengan kesukaan yang sesaat di atas air mata yang limpah dalam keluarganya, akhirnya binasa. Ini dosa dan upahnya Rom 6:23. Ramai meriah seperti Sodom Gomora, tetapi menderita, pahit dan ribut besar seperti Neraka. Jangan tertipu oleh kemanisan dosa.

TUHAN BALA TENTARA MENGUMPULKAN UNTUK MEMERIKSA BALA TENTARA PEPERANGAN

Tuhan Yesus Kristus adalah Tuhan bala tentara yang mengumpulkan tentara-Nya untuk berperang melawan iblis dan Antirkis dalam perang Harmagedon. Tuhan Yesus pasti menang sekalipun sendirian. Tetapi mengapa Ia mengajak semua umat-Nya? Ia membawa tentara-Nya, umat-Nya untuk bersama-sama berperang, supaya bisa bersama-sama bersukacita dalam kemenangan perang. Jadi mereka berperang bukan dengan kekuatannya sendiri, tetapi dengan kuasa Allah, sebab Tuhan pasti menang dan semua yang ikut,juga menang. Mereka ikut perang supaya ikut menang dan kalau menang itu indah dan penuh sukacita. Ini prinsip dalam peperangan rohani bahkan juga sejak di dunia sekarang. Kita menang itu oleh Tuhan, sebab perang dan kemenangan itu Tuhan yang punya Ams 21:31, 2Taw 25:8; 14:11. Sebab itu jangan takut menghadapi peperangan dan pergumulan apapun, sebab yang membuat kemenangan itu Tuhan, asal kita taat dipimpin Roh, kita akan menang. Dan dalam peperangan ini kita juga mengalami pengolahan sebab taat. Untuk taat harus pikul salib, matikan daging dan dengan demikian kita diolah makin taat, setia, tunduk dsb dan kemudian juga ikut dalam kemenangan yang dibuat Tuhan dan itu indah.

Jadi sesungguhnya kemenangan umat Tuhan itu dari Tuhan. Tuhan mengizinkan kesukaran dan peperangan datang untuk mengolah kita dan kalau kita taat, kita ikut menang dengan Kristus, sehingga bisa ikut bersukacita tetapi jangan sombong, sebab bukan kita yang menang tetapi Tuhan.

Ini maksudnya Tuhan mengizinkan peperangan datang pada kita, supaya kita diolah dan bersukacita. Pada akhir zaman pengolahan hanya ada di dalam peperangan di dunia (dalam 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel) tetapi sukacita yang besar dan indah dari kemenangan itu sudah mulai ada dalam Gereja akhir zaman, dilanjutkan dalam pesta kawin Anak domba Allah.

YESAYA 13:5 TENTARA ALLAH DIKUMPULKAN
MEREKA DATANG DARI NEGERI YANG JAUH, DARI UJUNG-UJUNG LANGIT

Seluruh tentara Allah yaitu tubuh Kristus itu adalah Gereja global, dari seluruh dunia.
Sekarang Gereja-gereja dalam satu kota atau dalam satu Sinodepun seringkali belum bisa bersatu karena dosa dan pengertian yang kurang, sehingga tidak bisa bersatu dan sebab tidak bisa dipimpin Roh dengan betul. Tetapi dalam Gereja akhir zaman, Gereja Hujan akhir, semua yang sungguh-sungguh itu penuh dan mahir dipimpin Roh, kuat mematikan daging, tahu dan taat akan kehendak Tuhan, sebab itu semua menjadi satu tubuh Krsitus global. Bahkan dalam hal jasmani karena taat dipimpin Roh, ada persatuan yang luar biasa, sehingga dalam milikpun bisa dimiliki bersama-sama (sebab tingkat rohani sudah mahir dipimpin Roh sehingga mammon tidak menjadi tuan tetapi hamba yang dikalahkan sepenuhnya). Ini persekutuan yang kokoh dari seluruh dunia, luar biasa indahnya. Kalau satu kota atau satu propinsi saja bisa duduk bersama dengan tulus dalam pengurapan Roh Kudus (minyak itu mengalir dari kepala sampai turun ke janggut dan jubahnya) maka ada kesukaan yang besar Maz 133:1-3. Ini digenapkan sepenuh-penuhnya dalam Gereja Hujan akhir. Gereja akan tumbuh dengan cepat sekali dan banyak yang menjadi sempurna dan Gereja mengalami zaman keemasan yang heran.

YAITU TUHAN DAN SENJATA KEMARAHAN-NYA

Gereja akhir zaman itu membawa senjata Allah yang luar biasa, yaitu kuasa Allah tanpa batas, mujizat-mujizat dan hikmat Kristus, sehingga Gereja itu dinamakan ajaib Wah 12:1. Betul dosa dan kejahatan, malapetaka dan aniaya itu meningkat terlalu banyak, tetapi Gereja Tuhan juga diperlengkapi dengan luar biasa sampai menjadi ajaib. Jangan takut, asal kita lekat dengan Tuhan dalam kesucian, kemenangan itu milik Allah.

Senjata Gereja Hujan-akhir itu luar biasa, tidak terkalahkan, tetapi tetap ada aniaya dari dunia dan Antikris. Seperti Gereja Hujan awal itu luar biasa, tetapi murid-murid dan orang Kristen tetap teraniaya bahkan banyak mati, termasuk rasul Yakub. Memang Hujan awal ditandai dengan darah martir tetapi Hujan akhir, semua anggota Gerejanya tidak ada yang mati 1Kor 15:51, ikut pengangkatan bahkan ada yang menjadi sempurna. Gereja Tuhan tidak akan kalah, jangan takut sekalipun rencana setan dalam kaki tangannya mengerikan, maju terus, kita akan menang dan anggota Gereja Hujan akhir tidak ada yang mati. Luar biasa, sangat ajaib Wah 12:1.

UNTUK MEMBINASAKAN SELURUH BUMI

Pada hari kedatangan Tuhan Yesus yang kedua seluruh bumi akan dibinasakan. Semua yang ada tanda Antikris akan mati, Antikris, nabi palsu, dilempar dalam tasik api dan iblis CS dimasukkan sumur tanpa alas Wah 19:20-21. Tidak ada satu yang luput sebab Kristus itu Allah yang maha kuasa. Hanya 144.000 orang Israel dan orang kafir yang tidak kena cap Antikris yang tidak mati dan masuk dalam Kerajaan 1000 tahun.

YESAYA 13:6 RATAPAN PADA KEDATANGAN TUHAN YANG KEDUA
MERATAPLAH ENGKAU, SEBAB HARI TUHAN SUDAH DEKAT, ITU AKAN DATANG SEBAGAI PENGHANCURAN DARI YANG MAHA KUASA

Ratap tangis dan penyesalan seluruh dunia adalah tanda khas dari kedatangan Tuhan yang kedua (pengangkatan penuh dengan sukacita dan yang meratap hanya orang yang tertinggal). Ini hari murka Allah yang top Wah 1:7, 6:15-18 lebih dari murka zaman Nuh, Lot. Betul-betul meratap sebab mereka sudah mengerti dan mendengar Injil Mat 24:14. Lebih-lebih orang zaman sekarang yang tidak mau bertobat, juga orang beriman yang kembali dalam dosa dan keras hati, tidak bertobat, perhatikanlah, sebab hari Tuhan sudah dekat. Ini adalah penghancuran dari yang Maha Kuasa, siapa bisa tahan. Kalau gunung meletus dan tsunami saja manusia dengan teknologi tinggi tidak bisa menahan, apalagi murka Allah! Jangan keras hati, hari Tuhan sudah hampir, termasuk saat kematian = hari kedatangan Tuhan pribadi. Orang yang tidak bertobat akan dihancurkan dalam Neraka, dengan api dan ulat yang tidak bisa mati dan disiksa oleh iblis dan tentaranya yang menikmati menyiksa orang-orang yang menjadi milik, warisnya untuk dianiaya sampai kekal. Orang yang hidup dalam dosa, di dunia pun sudah pahit, menderita dan tidak ada sejahtera, apalagi di Neraka, dapat hukuman Allah dan disiksa iblis dkk dan dari orang-orang berdosa sendiri. Jangan keras hati, itu bodoh dan menderita untuk kekal. Jangan berani melawan Yang Maha Kuasa 1Kor 10:22!

Sekarang kalau mau bertobat, maka kasih Allah masih bisa menolong bahkan membuatnya dipulihkan. Tetapi wai yang mulai dengan Roh dan berakhir dengan daging, apalagi keras hati, hasil celaka kekal dalam murka Allah yang maha kuasa. Waktu itu (dalam Neraka) orang bertobat pun (seperti orang kaya Luk 16:24) tidak ada faedah dan artinya, sia-sia belaka. Bertobat sekarang dan yang sudah sungguh-sungguh ikut Tuhan, teruslah bertekun dengan sukacita, Dia hampir datang!

KESIMPULAN

Ingat ini hari Tuhan untuk orang Babel, (kedatangan Tuhan Yesus yang kedua) yaitu orang berdosa yang tidak mau percaya dan orang percaya lalu jatuh dalam dosa dan keras hati, tidak mau bertobat kembali, tetap keras hati. Mereka semua akan binasa dengan dahsyat untuk kekal. Bertobatlah hari Tuhan sangat dahsyat.

Nyanyian

Tentukanlah engkau telah bersedia (Tabernakel Glori No.238 – koor)