Share :  

YESAYA 13:6 HARI KEDATANGAN TUHAN

Sudah diterangkan dalam YS-60 bahwa inilah hari kedatangan Tuhan yang kedua, yaitu Harmagedon waktu Tuhan Yesus dan orang-orang suci turun memerangi Antikris dan tentaranya, serta membinasakan semuanya Wah 19:11-21. Semua orang yang ada cap antikris dibunuh mati, Antikris dan nabi palsu dilempar ke dalam Tasa (tasik api = lake of fire) dan iblis dkknya ditahan dalam Lutal (lubang tanpa alas) = Abusos.

YESAYA 13:7. ANTIKRIS DAN PENGIKUTNYA KALAH MUTLAK

SEBAB ITU SEMUA TANGAN AKAN LEMAH

Dengan nafas mulut-Nya dan cahaya kedatangan-Nya, Antikris, iblis, dan pengikutnya dikalahkan dalam sekejap 2Tes 2:8. Tidak ada yang bisa mengalahkan Tuhan Yesus (sebetulnya Tuhan Yesus tidak perlu mengajak orang-orang suci-Nya untuk perang, Dia sendiri dengan mudah mengalahkan iblis, Antikris dan pengikutnya, sebab memang Tuhan Yesus adalah Allah yang maha kuasa, Bapa kekekalan. Juga sebagai Putra manusia, Ia sudah menang di atas semuanya Flp 2:9. Tuhan Yesus tidak mungkin dikalahkan sedikitpun atau sekalipun. Dia Allah yang maha besar dan patut terus menerus dipuji dan disembah). Tetapi orang-orang suci diajak ikut perang supaya dengan demikian mereka juga ikut menang dan ikut bersukacita bergembira bersama-sama Kristus yang menjadi kepala dan suami dari tubuh-Nya yang sangat dicintai. Semua tangan Antikris dll menjadi lemah dan tidak berdaya, langsung dikalahkan. Jangan takut dengan musuh yang manapun, sebab dengan Tuhan kita pasti menang, kapan saja, di mana sjaa, dengan siapa saja, asal Tuhan beserta kita Rom 8:31, 1Yoh 4:4. Dari dahulu, sekarang, dan sampai hari-hari yang akan datang selama-lamanya. Tuhan Yesus tetap adalah pemenang yang kekal, Dia Bapa kekekalan dan Allah yang maha kuasa Yes 9:5. Sebab itu asal kita tetap di pihak Tuhan dan melakukan kehendak-Nya. Jangan takut, kita pasti menang. Hadapi semua tanpa takut, asal kita tetap di dalam Dia dan Dia di dalam kita Yoh 6:56; 15:5.

DAN HATI SETIAP ORANG AKAN MELELEH

Sebetulnya dalam hatinya Antikris (ini manusia) dan semua pengikutnya sudah tahu bahwa mereka akan kalah dan Tuhan Yesus itu pasti menang. Tetapi iblis dkk menipu orang-orang yang percaya kepadanya bahwa iblis akan menang, tetapi itu semua bohong belaka. Tuhan Yesus pasti menjadi pemenang yang kekal. Sebab itu waktu mereka melihat Tuhan Yesus datang, semua sudah sangat ketakutan dan meleleh hatinya Wah 6:15-17. Jangan kena tipu iblis, tidak ada sesuatupun yang berarti dalam iblis, apalagi untuk menang, hanya celaka dan hukuman kekal dalam Neraka dan Tasa kekal. Kesukaannyapun hanya sesaat Ibr 11:25 dan akhir dari jalan lebar Sodom Gomora itu hanyalah Neraka dan tidak ada yang lain.

YESAYA 13:8 PASTI DATANG SAAT HUKUMAN

MEREKA AKAN KETAKUTAN. KESAKITAN DAN PENDERITAAN AKAN MENGUASAI MEREKA

Sudah tahu, pura-pura tidak tahu dan terus hidup dalam dosa dan kejahatan melawan Allah. Waktu ini semua pengertian mereka muncul kembali dengan penuh kesadaran. Firaun seperti mata gelap waktu mengejar Israel, tetapi waktu mereka mulai tenggelam dalam laut Merah, mereka menjadi sadar dan mengerti (sudah tahu dari permulaan tetapi tidak mau tahu), dan sekarang sudah terlambat. Juga sekarang orang-orang dosa mabuk, mata gelap dalam segala dosa, kejahatan dan kesukaan dosa yang sesaat, pura-pura tidak tahu, apalagi orang Kristen yang undur, satu kali mereka akan ketakutan dan celaka untuk kekal. Sejak hari kedatangan Tuhan dan seterusnya di dalam Neraka, mereka akan sadar sepenuh-penuhnya bahwa mereka sudah melawan Tuhan dan sekarang celaka kekal seperti orang kaya dalam Neraka yang sadar tetapi terlambat Luk 23:31. Semua akan sadar dan menyesat tetapi terlambat.

MEREKA AKAN KESAKITAN SEPERTI SEORANG PEREMPUAN YANG AKAN MELAHIRKAN

Orang yang hamil pasti akan melahirkan anak, normal atau tidak, lahir mati atau lahir hidup pasti akan datang saatnya untuk melahirkan yang ada dalam kandungannya! Tinggal tunggu harinya. Orang yang bersukacita di jalan lebar itu sesungguhnya tinggal menunggu harinya untuk masuk dalam Neraka; juga orang-orang dosa zaman sekarang, itu akan datang dan terjadi pada hari matinya atau pada saat kedatangan Tuhan, pasti masuk neraka! Sebab itu jangan mabuk, nekat, keras hati dalam dosa, tetapi bertobat dan kembali kepada Tuhan. Yang sudah taat di jalan sempit, teruskanlah, sebab pasti akan datang hari yang mulia itu, baik pada hari kematian atau pada hari pengangkatan, akan datang sukacita yang abadi! Jangan tertipu, tergiur untuk masuk dalam jalan lebar menuruti daging, pasti datang saat celaka itu, tidak bisa lain!

MEREKA AKAN KEHERAN-HERANAN, SEORANG TERHADAP YANG LAIN

Mengapa heran? Sebab baru sadar! Dari dahulu dikiranya jalan lebar itu manis, indah, senang untuk selamanya, apalagi kalau kena dusta atau tipu daya iblis yang berkata: Semua orang begitu, tidak apa-apa, senang buat selama-lamanya. Tidak mungkin menderita. Tidak ada Neraka, itu hanya ditakut-takuti dll. Tetapi sekarang mereka melihat ternyata Alkitab itu benar, Firman Tuhan itu benar tetapi mereka sudah terlambat. Semua akan kecele untuk abadi!

WAJAHNYA SEPERTI NYALA API

Ini wajah merah karena marah, terkejut, keheran-heranan, sebab semuanya ini nyata, seperti Ahab waktu kena panah musuh, ternyata Mikha benar 1Raj 22:17, 34. Juga seperti wajah Belsyazar yang marah mendengar kata-kata Daniel yang dibencinya, namun ia tidak berdaya, ia harus menggenapi janjinya untuk memberi hadiah kepada Daniel, tetapi ia dihukum, ia marah (tidak terima, tidak mau merendahkan dirinya pada Daniel) tetapi ia tidak berdaya dan mati Dan 5:29. Banyak orang akan marah-marah, tidak bisa menerima hukuman Tuhan, seperti orang-orang yang ditolak Tuhan dalam Matius 7:23, tetapi mereka tetap dihukum bahkan sampai kekal. Firman Tuhan itu benar, tidak mungkin salah, jangan melawan, pasti celaka. Juga yang di jalan sempit, pasti jadi, kesukaan yang abadi.

YESAYA 13:9 HARI TUHAN YANG KEJAM

LIHATLAH HARI TUHAN DATANG, KEJAM, DENGAN MURKA DAN AMARAH YANG MENYALA

Manusia yang berdosa dibinasakan tanpa ampun (yaitu Antikris dan pengikutnya, juga iblis dkk), begitu kejam tanpa ampun, langsung binasa. Tetapi ini belum semuanya. Sesudah mati, orang-orang ini masuk Neraka yang kekal, asap siksanya naik ke atas selama-lamanya Wah 14:11. Apa ini kejam? Saksi Yehuwa mengatakan Allah tidak kejam, tidak ada Neraka, sebab kalau Allah menghukum dalam Neraka, itu kejam. Betul? Tidak! Ini adil! Memang tampaknya kejam, tetapi ini sudah dikatakan berulang-ulang seperti dalam ayat ini. Bukan karena kejam tetapi Allah itu adil dan dosa harus dihukum. Mengapa begitu banyak hukumannya sampai kekal, padahal tidak semua orang di dunia dihukum oleh pengadilan dunia. Sebab:

  1. Dosa itu tumbuh terus, kalau diberi waktu, apalagi kalau tidak dibatasi oleh Tuhan 1Kor 10:13 seperti di Neraka, mereka dicobai oleh iblis dan orang-orang jahat lainnya, semua akan menjadi sempurna dalam dosa seperti iblis dan sebab itu patut dihukum bersama-sama iblis dalam Neraka kekal Mat 25:41. Allah yang maha tahu itu tahu.
  2. Kalau iblis atau orang-orangnya diberi kesempatan masuk Surga, maka Surga akan rusak menjadi Neraka dan Allah tidak adil Yes 26:10. Sebab itu orang-orang berdosa yang tidak mau percaya, ditolak dari Surga dan ikut iblis bapaknya ke Neraka. Bukan sebab Allah kejam tetapi sebab Allah adil dan orang-orang ini sudah diberitahu (bahkan dalam perasaan hatinya masing-masing Rom 2:15). Sebab yang memberontak melawan Allah, tidak mau taat, akan menjadi seperti Lucifer dan masuk ke tempatnya juga.

DENGAN MURKA DAN AMARAH YANG MENYALA-NYALA UNTUK MEMBUAT BUMI SUNYI SENYAP

Bumi menjadi sunyi senyap dari orang dan dosa kejahatannya, sebab semua dibinasakan total oleh murka dan amarah Allah yang menyala-nyala sebab dosanya melebihi batas seperti Sodom dan Gomora. Kalau orang-orang dosa masih mau bertobat, maka Tuhan masih memberi kemurahan yang besar seperti kepada putra yang terhilang Luk 15:20. Tetapi kalau seorang keras hati, lalu dosanya melebihi batas, mereka menarik hukuman yang setimpal bagi dirinya sendiri. Dalam ayat-ayat ini diceritakan dengan detil segala hukuman bagi orang-orang yang tidak mau bertobat dan keras hati.

DAN IA AKAN MEMBINASAKAN ORANG-ORANG BERDOSA SEHINGGA KELUAR DARIPADANYA (Dari dunia orang hidup)

Semua orang berdosa dibinasakan total, keluar dari dunia, tanpa sisa masuk dalam Neraka. Orang-orang berdosa yang mau bertobat, yang tidak menyembah Antikris sudah ditolong dan dilindungi Tuhan sehingga mereka bisa lepas dari tangan dan cap Antikris, dan orang-orang ini tidak mati dibunuh oleh amarah Tuhan (sebab tidak ada tanda Antikris), mereka masuk dalam kerajaan 1000 tahun sebagai rakyatnya. Peristiwa yang akan terjadi itu sudah diceritakan sekarang dengan lengkap supaya kita tahu dan memilih yang baik!

YESAYA 13:10 MATAHARI, BULAN DAN BINTANG TIDAK BERSINAR

KARENA BINTANG-BINTANG DI LANGIT DAN GUGUSANNYA TIDAK LAGI BERSINAR

Kita harus membedakan dalam akhir zaman (dalam Wahyu) ada bintang, bulan, matahari yang terus bersinar yaitu yang ada pada umat Tuhan yang tumbuh menjadi sempurna seperti yang ditulis dalam Wahyu 12:1. Tetapi juga ada matahari, bulan, bintang yang ada pada orang-orang berdosa atau orang-orang yang jatuh dalam dosa dan undur dari Tuhan, di dalam orang-orang ini semuanya tidak lagi bersinar tetapi menjadi gelap. Bintang-bintang di langit yang ini akan jatuh dan inilah bintang-bintang yang gelap, sepertiganya jatuh Wah 12:4. Inilah Ligabo, yaitu orang yang penuh Roh Kudus tetapi kemudian jatuh dalam dosa dan tidak sungguh-sungguh bertobat sebab terus mendua. Memang di dunia tidak terlalu jelas bedanya antara ligabo dan ligabis, apalagi kalau di Gereja jalan lebar, bahkan mungkin mereka menjadi tokoh utama. Orang-orang ini meskipun sedikit-sedikit berdosa atau bercabang hatinya, atau juga minum anggur lama Luk 5:39, tidak kelihatan. Simson yang diam-diam berzinah, mungkin mula-mula orang Israel tidak tahu selain orang tuanya. Juga Saul yang penuh Roh Kudus, masih menjadi tokoh penting bahkan tokoh utama, tetapi sudah dibuang oleh Tuhan dan mungkin hanya orang yang mengerti seperti Samuel bisa mengerti artinya ini. Sebab itu kita harus terus tinggal dalam kesucian. Dengan Perjamuan suci setiap hari, dalam Minggu ke-70 Daniel, orang-orang seperti ini tidak bisa tahan dan undur Kis 5:13. Kalau ikut perjamuan suci setiap hari dengan betul (seperti dalam Hujan-awal Kis 2:46) maka iblis tidak bisa titip dosa terlalu lama, harus dibuang. Sebab itu ligabo dan ligabis akan terpisah, lebih-lebih dalam Perjamuan Suci Luk 17:37 apalagi yang tidak setia 1Kor 11:19. Sangat menyedihkan dan mengerikan, sebab orang yang mula-mula menjadi bintang-bintang di langit oleh Roh Kudus, sekarang jatuh dan tertinggal, masuk dalam zaman Antikris dan sebagian yang tidak mau bertobat, tetap keras hati akan binasa selama-lamanya seperti Saul sebab berakhir dalam daging Gal 3:3-4. Yang bertobat kembali akan tertinggal dan masuk dalam zaman Antikris. Tetapi kalau kita dipimpin Roh, Roh Kudus akan memimpin kita sampai pada rencana kesempurnaan-Nya, apalagi kalau kita mendapat pengurapan yang tidak terbatas Yoh 3:34.

MATAHARI AKAN DIGELAPKAN DALAM PERJALANANNYA DAN BULAN TIDAK LAGI MENYINARKAN CAHAYANYA

Bintang ~ pekerjaan Roh Kudus, pengurapan. Matahari ~ hidup benar, pekerjaan Allah Bapa dengan segala rencana-rencana-Nya. Bulan ~ pekerjaan Tuhan Yesus, jabatan dan pelayanan. Akan terjadi kejatuhan, mula-mula sepertiganya Wah 8:12 lalu sesudah pengangkatan, maka seluruh Gereja Tuhan akan menjadi gelap sama sekali, sebab semua yang bersinar sudah diangkat, tinggal Gereja yang gelap total, sebab pekerjaan Allah Bapa, Allah Roh dan Putra sudah tidak ada. Mereka sudah meninggalkan dunia ini. Sepertiga matahari menjadi gelap, itu berarti sepertiga dari orang-orang benar akan jatuh dalam dosa, sehingga pengurapan dan pelayanannya juga rusak. Kalau kita hidup benar istimewa dalam ibadah dan pelayanan, terus di jalan yang betul, kita akan masuk dalam kesempurnaan Allah Mat 5:48. Sepertiga bulan akan gelap. Kalau seorang hidup di atas Mezbah Tuhan, dalam sengsara Salib Kristus, maka orang itu akan disempurnakan dalam rencana Allah, sebab Firman Tuhan menjadi daging, kalau sudah seluruhnya kita menjadi seperti Kristus, sempurna. Kalau seorang tidak lagi pikul salib, apalagi kalau berkat rohani limpah (tidak berjaga-jaga dan menjadi sombong, ia akan direndahkan) juga kalau limpah berkat jasmani dan tidak pikul salib, ia akan menjadi duniawi, tidak lagi pikul salib, maka sinarnya akan padam semua. Sebab itu orang-orang beriman pada akhir zaman harus tumbuh dengan cepat, tetapi juga berjaga-jaga, jangan tertipu, jangan sampai padam sinarnya, sebab sepertiga akan jatuh. Akhirnya sesudah pengangkatan, maka Gereja Tuhan menjadi gelap sepenuhnya sebab semua yang bersinar sudah diangkat, tiga Pribadi Allah sudah meninggalkan dunia, sisa dua Saksi yang menguatkan orang-orang yang tertinggal yang bertobat.

YESAYA 13:11 DUNIA YANG DOSANYA MELEBIHI BATAS DIHUKUM TUHAN

AKU AKAN MENGHUKUMKAN DUNIA INI KARENA KEJAHATANNYA DAN ORANG-ORANG FASIK KARENA KESALAHANNYA

Waktu dosa zaman Lot, hanya Sodom Gomora yang dihukum, bahkan Zoar pun tidak dihukum sebab Lot masih di sana. Juga waktu Nuh, hanya orang-orang yang ada pada waktu itu yang dihukum, jumlahnya tidak terlalu banyak dan hanya ada di sekitar itu, sebab belum tersebar (baru sesudah Babel, sebab bahasanya tidak sama, mereka tersebar, tidak bisa bersatu). Tetapi dalam akhir zaman ini seluruh dunia, global, dihukum Tuhan. Semua karena kesalahan dan kejahatannya sudah melebihi batas. Sebab itu hukuman dari Bapa (7 Bokor), Putra (7 Meterai), dan Roh Kudus (7 Sangkakala) jatuh ke atas dunia dan mereka betul-betul menderita, keadaannya menjadi sangat parah! Ini disempurnakan dengan kedatangan Tuhan yang kedua dan seluruh dunia dibinasakan, yaitu Antikris, pengikutnya dan iblis dkknya. Ini sudah dinubuatkan dan pasti terjadi, bahkan tepat sesudah 1260 hari.

DAN AKU AKAN MENYEBABKAN KEJEMAWAAN ORANG-ORANG SOMBONG BERHENTI DAN AKAN MERENDAHKAN KECONGKAKAN ORANG-ORANG YANG DAHSYAT

Di sini nyata bagaimana Antikris dan iblis serta orang-orangnya memuncak dalam kesombongannya, sebab mereka menjadi kepala, pemerintahan yang tertinggi dari seluruh dunia pada waktu itu (zaman Antikris). Iblis itu jatuh karena kesombongan dan sekarang ia menjadi penguasa dunia, maka kesombongan yang sempurna itu menjadi, makan korban terus menerus dengan dahsyat dan kejam. Begitu juga Antikris dan orang-orangnya menjadi sangat jemawa, lebih-lebih mereka memiliki kuasa yang tanpa batas di seluruh dunia. Mereka tidak takut pada siapapun, mereka merajalela dengan sangat dahsyat (M: tyrants = penguasa yang kejam, seenaknya lebih dari zaman Nero, Hitler). Kalau Hitler membunuh 4 juta orang Yahudi. Antikris dan orang-orangnya akan membunuh puluhan juta bahkan semua orang yang tertinggal dan orang-orang lain dengan sangat kejam di seluruh dunia. Sangat jemawa dan kejam. Sombong salah satu dosa yang umum (hampir semua orang mudah tersinggung atau menjadi sombong) apalagi kalau mereka sukses atau mempunyai kelebihan), juga ini dosa yang sulit dilepaskan. Orang berzinah yang bertobat, tidak lagi berzinah, orang cinta uang, berhenti seperti Zakheus, tetapi seringkali orang sombong kalau tidak mau kejam terhadap daging, akan sulit bertobat, sombongnya tidak hilang-hilang. Juga beberapa orang beriman belum lepas dari kesombongannya atau kumat kembali menjadi sombong, lebih-lebih kalau sukses jasmani atau rohani sehingga terpaksa Tuhan merendahkannya! Sombong itu tampaknya dosa kecil tetapi kadang-kadang sulit dilepaskan oleh orang-orang sombong. Janngan sampai kita tertipu oleh dosa iblis ini.

KESIMPULAN

Firman Tuhan sudah menubuatkan bagaimana keadaan pada waktu kedatangan Tuhan, sangat dahsyat dan ini pasti terjadi. Jalan lebar pada akhir zaman akan sangat meriah, juga orang-orang Kristen yang hidup di jalan lebar, tetapi hukuman Tuhan akan turun, lebih-lebih pada akhirnya mereka akan ada dalam Neraka yang kekal. Tidak mungkin ada nasib yang lain untuk jalan lebar, juga jalan sempit pasti akan berakhir di Surga, tinggal tunggu waktunya saja. Kalau ada investasi yang pasti jadi untung besar, tinggal tunggu waktu, maka pasti semua orang akan menyerbu. Jalan sempit dalam Kristus pasti akan menjadi sangat untung untuk kekal tetapi sayang banyak orang tuli dan buta, tidak mengerti. Jangan pindah di jalan sempit, tetap setia, tinggal tunggu waktunya, akan datang saat yang amat indah, senang untuk kekal.

Nyanyian

Satu kali akan datang, hari senang buat saya (Tabernakel Glory No.391)