Share :  

YESAYA 13:17 ORANG MADAI DIGERAKKAN TUHAN
LIHATLAH AKU AKAN MENGGERAKKAN ORANG MADAI (orang Madai, Madi = Medi, Media Kej 10:2, 2Raj 17:6 EAP)

Semua kerajaan yang naik turun itu ada dalam tangan Tuhan. Kita tidak perlu khawatir akan pergolakan politik di seluruh dunia, maupun pergolakan lainnya, sebab semuanya ada di dalam tangan Allah Rom 13:1 dan Allah sanggup mengatur semua sesuai dengan kehendak-Nya Ay 42:2. Yang penting kita mengerti kehendak Allah dan terus taat dipimpin Roh. Sebab Dia yang maha kuasa dan maha tahu tentang semua yang sudah dan yang akan datang.

YANG TIDAK MENGHIRAUKAN PERAK DAN EMAS, MEREKA TIDAK MENYUKAINYA

Biasanya hampir semua orang di dunia ini dikuasai oleh emas dan perak. Tetapi heran, orang-orang ini tidak terpengaruh oleh emas perak, mereka tidak menyukainya. Mengapa? Sebab iblis yang mengatur semuanya dan ia tidak mau rencananya gagal (yaitu membangun kerajaannya) hanya karena uang (iblis sendiri tidak membutuhkan perak emas, juga di Neraka tidak dibutuhkan, sebab dimensinya lain, ia hanya memakainya sebagai umpan). Kadang-kadang sebab sombong, harga dirinya (atau sebab-sebab lain) ada orang-orang yang mau melepaskan uangnya. Meskipun demikian kalau Allah yang memimpin, menggerakkan dan mengatur, Ia bisa mengubah semuanya menurut kehendak-Nya sendiri Mat 28:18.

Rencana Allah pasti jadi, Tuhan Yesus pasti datang, pengangkatan pasti terjadi dst sesuai dengan rencana dan kehendak Allah. Kalau kita di pihak Tuhan, dipimpin Roh, kita tidak perlu takut.

YESAYA 13:18 MADAI MENGHANCURKAN ORANG-ORANG YANG TERTINGGAL
BUSURNYA AKAN MEREMUKKAN ORANG MUDA-MUDA SAMPAI BERKEPING-KEPING

Busur yang mana? Ini yang dibawa oleh penunggang kuda putih dalam meterai I Wah 6:2. Ini menceritakan orang-orang yang dipakai iblis yaitu (3) Antikris pendahulu, juga Antikris yang sesungguhnya, binatang yang ke-4 sudah keluar satu bulan sebelum pengangkatan Dan 12:11 sehingga keempatnya sudah bekerja, tetapi Antikris (lebih-lebih yang ke-4) belum bisa nyata sepenuhnya sampai Gereja sudah diangkat.

Penunggang kuda putih ini Kristus palsu dan busurnya itulah ajaran sesat. Ia menang dan supaya menang lagi. Ajaran sesat dan occultisme akan makin merajalela sekarang dan makin bertambah-tambah dalam Minggu ke-70 Daniel sehingga banyak orang tersesat.

Orang beriman yang tidak kuat dalam Firman Tuhan (2 gomer) akan mudah disesatkan dan rohaninya akan menjadi rusak sama sekali. Bahkan dengan sedikit kesesatan (misalnya tanggal pengangkatan, hari kiamat) sudah menjadi bingung dan kacau, apalagi dengan ajaran-ajaran sesat yang dahsyat.

Banyak ajaran manusiawi yang tampaknya baik Kol 2:18, 21-23 tetapi sebetulnya adalah prinsip hidup orang dunia di jalan lebar. Banyak falsafah manusiawi yang baik (limpah dengan kata-kata mutiara, ilmiah dll) masuk dalam pikiran orang Kristen, sebab dikira "baik" tetapi tidak sesuai dengan Firman Tuhan. Misalnya persekutuan tubuh Kristus dan akrab (M3413). Lama-lama kalau kebenaran-kebenaran manusiawi dikumpulkan terus (dapat duit, gelar, penghargaan dll) hidupnya menjadi manusiawi, duniawi "yang baik" tetapi tidak berkenan pada Tuhan. Ada banyak hal-hal kecil seperti ini, tetapi kalau sudah banyak racun-racun ini membuat mabuk lalu mati dalam dosa. Misalnya Saul adalah orang "baik" bagi tentaranya, lebih-lebih sebab ia memperhatikan nafkahnya, tetapi jahat di hadapan Allah.

Akhirnya orang-orang yang disesatkan cara halus ini terpisah, ditipu dan diseret iblis dalam pihaknya. Orang yang lepas, terpisah dari Gereja yang betul, hari-hari ini menjadi Antikris atau pengikutnya 1Yoh 2:18-19. Sebab itu tumbuhlah terus dalam pengertian Firman Tuhan 2Pet 3:8, jangan minum "susu" terus Ibr 5:14. Jangan hanya 1 gomer (sampai cukup untuk menghadapi segala keperluan atau kesulitan-kesulitan) tetapi sampai 2 gomer (lebih dari cukup, sehingga menerima rahasia Allah yang dalam dengan limpah, itu 2 gomer, tidak cukup hanya 1 gomer). Jangan lupa juga selalu dipimpin Roh dan semuanya harus berdasar ayat-ayat Alkitab. Sudah banyak pelajaran dan khotbah yang tercampuri pikiran manusiawi sehingga akhirnya menyesatkan. Orang yang tersesat akan jatuh dalam segala macam dosa keluar dari Gereja Tuhan menjadi Antikris atau tertinggal dan menjadi korban segala ajaran-ajaran sesat.

Tetapi dalam zaman Antikris, orang-orang ini bukan saja disesatkan tetapi juga orang-orang beriman yang tertinggal akan diremukkan sampai berkeping-keping. Sebagian dari orang-orang yang disesatkan ini akan makin jahat tersesat dalam ajaran sesat itu, sebagian dibinasakan dengan dahsyat.

DAN MEREKA TIDAK AKAN BERBELAS KASIHAN PADA BUAH KANDUNGAN

Ini anak-anak yang akan lahir; inipun langsung dibinasakan dengan kejam secara jasmani dan rohani.

Orang-orang yang mungkin baru bertanya-tanya akan Kristus, belum lahir baru sudah ditindak tanpa belas kasihan seperti yang dibuat beberapa negara yang berperang, menghukum dengan keras orang-orang yang mulai berpaling pada musuh.

Dalam zaman sekarang, Antikris dan iblis tetap terbatas kuasa dan kemampuannya, sebab satu rambutpun tidak akan gugur tanpa diizinkan Tuhan Mat 10:30.

Tetapi dalam zaman Antikris mereka berkuasa penuh Wah 13:7. Sebab itu kalau ada sedikit tanda hubungan dengan Kristus (meskipun belum lahir baru, mungkin baru mendengarkan dan percaya dalamhati, belum mengakui apa-apa) mereka langsung disiksa sampai habis.

MATANYA TIDAK MENYAYANGI PARA PUTRA

Putra-putra Allah adalah orang-orang yang berani berperang, orang-orang yang kuat dalam kerajaan Allah. Mengapa masih ada putra-putra dalam zaman Antikris? Inilah putra-putra Allah yang undur, yang mulai dalam Roh dan berakhir dalam daging Gal 3:3-4. Ini juga disebutkan sebagai benih perempuan yang tertinggal atau bintang-bintang yang gelap dan kemudian gugur. Mereka mula-mula yang menurut hukum Allah dan memegang kesaksian Yesus tetapi tidak ada Mezbah Dupa Wah 12:17, sebab itu mereka tidak dihitung Wah 11:2, mereka kurang minyak dan tertinggal seperti ligabo (= lima gadis bodoh hanya punya satu bagian minyak. Ligabis punya dua bagian minyak yaitu untuk pelitanya dan untuk tempat persediaannya. Orang-orang ini tidak tertinggal tetapi ikut pengangkatan atau menjadi sempurna). Orang-orang yang tertinggal ini tidak disayangi dan tanpa ampun dianiaya Antikris sampai mati Wah 13:7. Sebab itu jangan sampai mundur seperti putra-putra ini yaitu benih perempuan yang tertinggal, sayang, sudah indah di dalam Tuhan seperti ligabo, kurang sedikit lalu undur. Misalnya Nuh, pada permulaan sangat indah, cukup lama, 120 tahun, tetapi sayang kemudian ia mabuk anggur sampai telanjang. Coba Nuh hidup dalam Minggu ke-70 Daniel, ia bisa tertinggal seperti ligabo, suatu nasib yang sangat dahsyat dan celaka, tetapi Antikris tidak sayang sama sekali, bahkan ia menikmati menyiksa dan membunuh orang-orang.

YESAYA 13:19 BABEL MENGHANCURKAN GEREJA YANG TERTINGGAL
DAN BABIL, KEMULIAAN KERAJAAN-KERAJAAN DAN KEINDAHAN KASDIM YANG MEGAH

Babil sangat megah tetapi juga penuh dengan dosa, digambarkan dalam Wahyu 17 seperti sundal Babel yang besar, penuh dengan dosa-dosa perzinahan, pembunuhan, kesombongan dll, itu luar biasa. Ia sudah jaya dari dahulu dan mencapai puncaknya dengan Antikris, seolah-olah seperti mempelai dari Antikris, lawannya Kristus dan Gereja.

Memang Allah itu sabar, sehingga orang-orang berdosa berani tumbuh terus dalam dosanya Pkh 8:11, mereka mabuk dalam anggur lama / Sodom dan tidak mau mengerti bahwa kesabaran Allah itu maksudnya untuk menarik mereka dari dosa supaya bertobat Rom 2:4. Orang yang memilih iblis ini memang tampaknya jaya, seolah-olah ia dan iblis menang, tetapi ada batas waktunya. Jangan tergiur dengan kebesarannya (yang sementara) seperti Yosafat tergiur akan Ahab dan kebesarannya. Orang-orang yang tidak mengerti dan tidak bisa melihat kemuliaan Allah dan kebesaran-Nya (dari Firman Tuhan dalam pengurapan Roh Kudus), akan mudah tergiur oleh kemuliaan dan kemegahan Babel yang sebetulnya hanya sesaat, yaitu hanya dalam kesabaran Allah Ibr 11:25, tetapi satu kali akan binasa dan masuk dalam hukuman kekal. Orang yang bisa melihat yang tidak kelihatan seperti Musa Ibr 11:27,25 bisa mengerti dan memilih untuk menderita sengsara karena Kristus daripada menyukakan kesukaan yang berdosa yang sesaat. Juga Paulus 2Kor 4:16-18.

ITU AKAN JADI SEPERTI SODOM GOMORA YANG DIJUNGKIRBALIKKAN ALLAH

Kalau sudah melebihi batas, akan diperlakukan seperti Sodom Gomora, barulah orang sadar akan kejahatannya, tetapi sudah terlambat. Semua yang masuk Neraka sadar, tetapi semuanya juga terlambat dan tidak ada harapan untuk kembali. Justru sesudah sadar orang-orang ini akan menyesal sebab menyia-nyiakan kesempatan emas waktu hidup, sehingga mereka makin tersiksa oleh kebodohannya atau kekerasan hatinya.

Waktu di dunia mereka tidak mau memakai kesempatan emas yang begitu limpah, sekarang hanya tinggal penyesalan saja. Jangan sampai terlambat, percayalah akan Firman Tuhan yang benar, tidak pernah salah atau keliru.

YESAYA 13:20 NEGERI YANG DITINGGALKAN
YANG TIDAK AKAN ADA LAGI PENDUDUKNYA, JUGA TIDAK AKAN DIDIAMI DARI GENERASI KE GENERASI

Ini bukan tempat kediaman, tetapi ini tempat aniaya iblis. Rumah bapa iblis yang asli ada di Neraka Mat 25:41 tetapi yang di dunia ini sama jahat dan celakanya seperti di Neraka, ini neraka di bumi. Zaman Antikris itu seperti Neraka hanya tidak ada api dan ulatnya; ini masih di dunia dan orang-orangnya masih memakai tubuh yang fana, betapa ngeri. Seluruh algojo Neraka ada di sini (sesudah sangkakala V, VI) dan mereka menganiaya orang-orang yang tertinggal. Algojo-algojo ini khusus datang untuk menganiaya dengan kejam dan jahat.

Dunia dalam zaman Antikris bukan lagi menjadi tempat tinggal orang, tetapi tempat aniaya yang besar lengkap dengan semua algojo Neraka. Zaman sekarang hanya ada tempat-tempat pengasingan dan konsentrasi camp yang kejam tetapi hanya di tempat-tempat tertentu, kecil-kecil, tetapi pada zaman Antikris seluruh dunia menjadi tempat hukuman, Neraka di dunia. Tetapi kalau mau bertobat masih bisa keluar dari "neraka ini". (Inilah orang-orang yang mati dalam aniaya Antikris karena bertobat dan percaya Tuhan Yesus Wah 7:9).

Tidak akan didiami lagi sampai semuanya dibinasakan, segala generasi, semua dihabiskan pada perang Harmagedon yang praktis "seperti kiamat".

MAUPUN ORANG-ORANG ARAB TIDAK MEMASANG TENDANYA DI SANA

Siapakah orang-orang Arab ini?

Dalam zaman Yosafat mereka tunduk dan membayar upeti 2Taw 17:11, tetapi sekarang sebaliknya, mereka menjadi musuh-musuh umat Tuhan dan menjadi jaya dan menganiaya mereka yang tertinggal. Sekalipun mereka bisa hidup dengan jaya, menang sebab mereka menjadi pemerintahnya, tetapi mereka juga tidak bisa memasang tendanya dengan baik, tenda hidupnya penuh dengan celaka dan hukuman Allah; Sebab itu meskipun berkuasa, mereka terus menderita, sebab kerajaan Antikris ini dihujani dengan 3 Meterai, 3 Sangkakala dan 7 Bokor murka Allah. Sekalipun tahtanya megah dan luar biasa, juga di sana ada kesakitan dan penderitaan Wah 16:10, apalagi semua pengikut Antikris, semua menderita, sehingga kerajaan emas iblis dan Antikris ini terdiri hanya dari penderitaan di atas penderitaan (yang dibuat terhadap orang-orang yang disiksanya). Tidak ada damai dan sukacita pada mereka Rom 3:17 tetap berlaku dan kerajaan Antikris ini suatu kerajaan yang mengerikan. Isinya penyiksaan tetapi mereka juga tersiksa dengan dahsyat oleh murka Allah yang dahsyat. Meskipun mereka penguasa tunggal dan menang, mereka bisa menyiksa semua orang yang dikehendakinya (juga pengikut-pengikutnya sendiri, sesudah orang yang tertinggal habis) mereka juga tersiksa dan menderita. Begitu juga kemudian hari dalam Neraka dan Tasa (tasik api) yang kekal. Inilah tenda penyiksa yang disiksa.

JUGA GEMBALA-GEMBALA TIDAK AKAN MEMBANGUNKAN KANDANGNYA DI SANA

Siapa gembala-gembala ini? Gembala rohani yang baik sudah tidak ada, hanya sisa 2 Saksi. Dua Saksi inipun tidak bisa membuat kandang-kandang penggembalaan, sebab semua dikuasai Antikris dan hanya dua Saksi ini yang ditakuti dan tidak bisa dikalahkan oleh Antikris dan pengikutnya, tetapi semua orang beriman ada di dalam tangan Antikris sampai mati. Sebab itu sama sekali tidak ada penggembalaan dalam zaman Antikris.

Sekarang adalah masa emas untuk penggembalaan yang baik, sebab Tuhan menyertai para gembala-gembala (kecil dan besar) untuk menggembalakan domba-dombanya yaitu untuk diberi makan kebenaran Firman Allah.

Gembala-gembala zaman sekarang yang menunaikan tugasnya baik-baik (termasuk orang tua juga adalah gembala bagi anak-anaknya, juga gembala-gembala dalam Gereja, tubuh Kristus) semua yang menggembalakan dengan baik akan menerima mahkota kemuliaan dari Penghulu gembala yaitu Tuhan Yesus 1Pet 5:4. Gembalakanlah baik-baik.

Domba-domba yang mau digembalakan akan tumbuh dengan baik, (bukan yang nakal dan lari terus), mereka akan tumbuh kuat dan berbiak-biak terus dalam penggembalaan yang baik. Dalam zaman Antikris tidak ada penggembalaan sama sekali, tidak ada domba yang bergembala Mrk 6:34, tidak ada yang bisa membangun kandang-kandang gembala sebab semuanya sudah jatuh dalam tangan Antikris sampai mati Wah 13:7. (Kalau toh gembala-gembala ini diartikan gembala upahan atau yang jahat tetapi iblis tidak pernah digambarkan sebagai gembala tetapi sebagai singa dan serigala), keadaannya sama dengan orang-orang Arab ini.

YESAYA 13:21-22 TEMPAT BINATANG BUAS BERPESTA
YESAYA 13:21 TETAPI BINATANG BUAS DARI PADANG GURUN AKAN BERBARING DI SANA

Semua binatang buas yang haus akan darah ialah algojo-algojo Neraka, semuanya keluar dari tempat tahanan setan di abusos (Lutal = lubang tanpa alas) Wah 9:1-11 pada Sangkakala ke-5, juga dari penjara di sungai Efrat Wah 9:13-21 yaitu pada sangkakala ke-6, semuanya naik ke dunia dan berbaring di sini. Di sini mereka tidak lagi tersiksa seperti di tempat-tempat tahanan itu (setan-setan ini tersiksa secara rohani, kena rohnya Luk 8:28, 30, tetapi dalam zaman Antikris aniaya yang terjadi itu untuk tubuh jasmani, siksaan cara lahiriah); di sini algojo-algojo ini justru bisa menyiksa atau menganiaya orang-orang beriman yang tertinggal, lalu sesudah mereka habis, juga pengikut Antikris sendiri yang di siksa. Menyiksa dan membunuh (di sini secara lahiriah) adalah kesukaan mereka dan ini yang dicari dan mereka memuaskan hawa nafsunya dalam zaman Antikris, zaman keemasan bagi iblis dkk.

DAN RUMAH-RUMAHNYA AKAN PENUH DENGAN MAHLUK YANG MELOLONG

Rumah siapa? Ini dahulu rumah semua orang di dunia termasuk rumah umat Tuhan yang tertinggal. Tetapi sekarang sudah menjadi tempat makhluk-makhluk yang melolong. Segala macam setan bergembira dalam zaman keemasan bapaknya yaitu iblis untuk berpesta dengan menganiaya umat Tuhan yang tertinggal dan kemudian orang-orang yang menjadi pengikut Antikris.

Ini pesta binatang yang melolong yang menjarah umat Tuhan habis-habisan Mik 2:3-4. Sangat dahsyat.

DAN BURUNG HANTU AKAN TINGGAL DI SANA DAN SETAN-SETANPUN (SATYR) AKAN MENARI-NARI DI SANA

Ini adalah puncak kejayaan kerajaan iblis dan Antikris di dunia dalam segala masa, sebab waktu ini Tuhan meninggalkan dunia sama sekali. (Pada waktu air bah zaman Nuh, Sodom Gomora dan Israel masuk dalam tawanan dll, Tuhan tetap ada di dunia, sehingga orang-orang yang selamat seperti Yeremia, itu tetap terpelihara. Semua masih dibatasi oleh Allah. Tetapi di sini Allah lepas tangan, betul-betul gelap pekat sampai pada puncak-puncaknya dan inilah pesta dari seluruh kerajaan iblis di dunia. Mereka berbuat jahat, keji, menyiksa tanpa batas).

Ini semua cerita tentang pesta besar iblis, Antikris dan semua pengikutnya di atas dunia. Mereka limpah dengan segala macam dosa yang pernah ada dan dosa-dosa yang baru.  Korbannya untuk pesta ini adalah orang-orang yang tertinggal, juga akhirnya pengikut-pengikut Antikris itu sendiri saling menangkap dan membunuh, sebab korbannya sudah habis. Jadi orang-orang yang tertinggal itu yang menjadi bahan atau korban dari pesta yang luar biasa ini.

YESAYA 13:22 DAN BINATANG-BINATANG BUAS DARI PULAU-PULAU AKAN BERTERIAK-TERIAK DALAM RUMAH-RUMAHNYA YANG SUNYI

Binatang buas dari pulau-pulau itulah segala bagian dari kerajaan Antikris dari mana-mana, yang menjadi satu dalam dunia ini berpesta selama 1260 hari, luar biasa.

Di Surga ada Pesta Kawin Anak Domba dan di dunia ada pesta kawin Antikris dan Babil serta pesta seluruh kerajaan iblis yang berteriak-teriak dengan bebas sebab tidak ada peraturan atau hukum-hukum Allah yang membatasi. Mereka bebas berbuat apa saja atas semua orang yang di dunia, luar biasa dahsyat aniaya ini, tanpa batas, meskipun hanya 3,5 tahun tetapi itu sangat dahsyat! Jangan sampai masuk di sini.

Siapa yang masuk di sini? Yang sudah pasti orang Israel jasmani yang tidak percaya Tuhan Yesus itu ada disini menjadi korban seperti dinubuatkan dalam Zef 1:7 dan juga Gereja yang tidak ikut pengangkatan. Sesudah ini baru Israel disucikan, dan masih ada sisa 144.000 orang, tetapi Gereja yang tertinggal tidak bersisa, habis. Ada lagi sisa orang kafir yang tidak kena cap Antikris.

DAN ULAR NAGA DI DALAM ISTANA-ISTANA KENIKMATANNYA

Siapa ular naga ini? Dialah si iblis sendiri Wah 12:3-4. Inilah satu-satunya zaman keemasan bagi naga atau si iblis, sebab di manapun juga, bahkan di Nerakapun ia dijepit dan ditekan oleh Allah. Tetapi di sini ia bebas total untuk sesaat dan sasarannya adalah Gereja yang tertinggal, sebab itu dapat dibayangkan betapa dahsyatnya nasib orang yang tertinggal! Jangan menyia-nyiakan kesempatan yang sekarang, yang begini besar dan indah Ibr 2:3.

Zaman Antikris ini adalah istana-istana kenikmatan Naga dan seluruh kerajaan-Nya. Puncak kenikmatan dari mahluk yang paling jahat dan keji yaitu iblis dengan seluruh tentaranya ada di sini.

MAKA WAKTUNYA* SUDAH HAMPIR DATANG DAN HARI-HARINYA* TIDAK AKAN DIPERPANJANG

Siapakah "nya" (perempuan, she) di sini? Inilah Gereja Tuhan yang diberi peringatan dengan nubuatan-nubuatan yang dahsyat supaya umat Tuhan mau bersedia!

Tuhan sering memperingatkan supaya kita bersedia, baik untuk hari pengangkatan atau hari kematian, itu punya arti yang sama, jangan sampai undur dari Tuhan sehingga masuk Neraka (kekal, tidak bisa keluar) atau hari-hari celaka yang dahsyat (tetapi masih bisa keluar dari Neraka Antikris, meskipun seperti keluar dari lubang jarum, tetapi masih bisa! Wah 7:9).

Mengapa memilih yang celaka, padahal Tuhan sekarang memberi kesempatan yang begitu limpah untuk masuk dalam kemuliaan yang besar, bahkan orang yang hidup zaman sekarang diberi kesempatan masuk dalam zaman keemasan Gereja yang luar biasa, Surga di dunia. Jangan sia-siakan kesempatan ini.

Waktunya tidak akan diperpanjang, tetapi justru diperpendek Mat 24:42, 2Pet 3:12. Ia hampir datang!

KESIMPULAN

Zaman Antikris adalah zaman keemasan iblis, Antikris dan semua pengikutnya. Mereka berpesta dan bersukacita seperti binatang-binatang di hutan yang melolong dan berteriak-teriak. Kalau sekarang tidak mau bersedia, akan jatuh dalam dosa, atau masuk zaman Antikris, jadi bahan untuk pesta iblis dkknya. Sebab itu berjaga-jagalah dengan sungguh-sungguh, maka kita justru akan masuk dalam Surga di dunia dan Pesta Kawin Anak Domba dalam masa-masa di mana iblis dkk berpesta di dunia.

Yesaya 13:17 Lihatlah aku akan menggerakkan orang madai

Tuhan menggerakkan orang Babil menghukum umat Tuhan yang jahat.

… yang tidak menghiraukan perak dan emas, mereka tidak menyukainya.

Mereka tidak bisa disuap perak dan emas, sangat dahsyat, sebab iblis ingin membangun kerajaannya.

Yesaya 13:18 Busurnya

Heran, hanya busur tanpa panah. Busur = ajaran palsu makan banyak korban sejak sekarang, baik ajaran sesat yang nyata-nyata, juga yang halus, misalnya cara2 hidup orang dunia, sehingga menjadi suam dan tertinggal. Puncaknya dalam Minggu ke-70 Daniel.

… akan meremukkan orang muda-muda sampai berkeping-keping dan mereka tidak akan berbelas kasihan pada buah kandungan.

Pada waktu ini orang yang belum lahir sedikit indikasi, langsung tangkap, aniaya sampai mati

Matanya tidak menyayangi para putra.

Putra-putra Allah Gal 3:2-3, Wah 13:17 binasa dengan kejam karena ajaran sesat ini.

Yesaya 13:19 Dan Babel, kemuliaan kerajaan-kerajaan dan keindahan Kasdim yang megah itu

Babel adalah puncak keindahan kerajaan dunia karena dibiarkan Tuhan tetapi jangan tergiur akan menjadi seperti Sodom Gomora yang dijungkirbalikkan Allah,

Dalam zaman Antikris mencapai puncak-puncak dosanya, jadi mempelai Antikris Wah 17 dan dihukum seperti Sodom. Akhirnya Babel (pengikut-pengikut Antikris) akan dianiayakan oleh Antikris sendiri Wah 17:16-18.

Yesaya 13:20 yang tidak akan ada lagi penduduknya

Dunia bukan lagi tempat tinggal tetapi tempat siksaan dan hukuman global (bandingkan dengan Nusa kambangan, Patmos, Guatemala, dll) dan dalam zaman Antikris menjadi tempat hukuman global.

… juga tidak akan didiami dari generasi ke generasi,

Seluruh generasi habis dihukum seperti Sodom waktu Harmagedon = "kiamat".

… maupun orang-orang Arab tidak memasang tendanya di sana.

Tetapi penguasa-penguasa, musuh umat Tuhan 2Taw 17:11 yaitu Arab 2Taw 17:11 tidak bisa pasang tenda (hidup tenang damai), hidupnya tetap menderita dan tidak ada sejahtera Rom 3:17 merekalah penyiksa yang tersiksa.

Juga gembala-gembala tidak akan membangunkan kandangnya di sana

Untuk yang tertinggal dua Saksi adalah gembala waktu itu, tetapi tidak bisa menggembalakan domba-domba ini. Sebelumnya mereka tidak mau digembalakan dan gembala-gembala yang baik itu sudah diangkat (sebelum pengangkatan ada istilah: dipalu, di sini "diangkat" Mat 26:31 dll) dan semua dombanya bertebaran dalam tangan Antikris.

Yesaya 13:21 Tetapi binatang buas dari padang gurun akan berbaring di sana

Dunia menjadi tempat segala setan

… dan rumah-rumahnya akan penuh dengan mahluk yang melolong dan burung hantu akan tinggal di sana dan setan-setan (pun) (Satyrs) akan menari-nari di sana

Semua isi Neraka datang di dunia untuk berpesta dan bergembira dalam zaman keemasan iblis dan menari. Kerajaan Antikris adalah zaman keemasan iblis Antikris.

Yesaya 13:22 Dan binatang-binatang buas dari pulau-pulau akan berteriak-teriak dalam rumah-rumahnya yang sunyi dan ular naga di dalam istana-istana kenikmatannya;

Tuhan total lepas tangan, mereka bebas berteriak dalam kekejian segala dosa, tanpa batas, tanpa larangan-larangan. Bahan pesta kekejaman ini adalah orang yang tertinggal dan pengikut-pengikut Antikris sendiri sebab orang beriman habis. Ular naga adalah iblis, dan zaman bebas ini adalah istana kenikmatan iblis

… maka waktunya* sudah hampir datang dan hari-harinya* tidak akan diperpanjang.

Waktunya sudah dekat tidak akan diperpanjang lagi, tetapi dipendekkan.