Share :  

YESAYA 14:9 NERAKA GONCANG
NERAKA YANG DI BAWAH ITU GONCANG KARENA ENGKAU, UNTUK MENYONGSONG KEDATANGANMU

Siapakah yang dimaksud di sini? Dalam ayat 12 disebutkan ini adalah Lucifer (Terj Baru, : Bintang timur; Terj lama: Bintang kejora). Sistem dunia ini digambarkan seperti kerajaan Babel dan di atas semuanya, ada penghulu dunia ini Yoh 12:31, yaitu Lucifer rajanya. Ia berkuasa dan memerintah melawan Allah dalam dunia ini tetapi tidak pernah menang penuh, baru dalam zaman Antikris ia berhasil sukses penuh tetapi hanya sebentar yaitu 1260 hari atau 3,5 tahun.

Neraka yang di bawah. Ini adalah istilah Alkitab atau istilah rohani untuk Neraka dan semua tempat iblis dan orang dosa itu di bawah Ef 4:9,10; Wah 5:13, Flp 2:10. Istilah di bawah ini bukan istilah ilmu alam sebab dimensi alam roh dan dunia nyata itu sangat berbeda. Bayangkan, kalau di Indonesia di bawah bumi, maka untuk Amerika itu berarti di atas bumi. Juga "di bawah" bukan berarti di dalam atau di tengah-tengah bumi. Di bawah adalah tempat iblis yaitu tingkatan yang di bawah dan di atas Kol 3:1-2 adalah tingkatan ilahi yang suci dan mulia.

Neraka goncang, heboh karena si raja Babel dicampakkan ke dalam Neraka. Sebetulnya Iblis dan tentaranya tidak mau dibuang dan ditahan di Neraka, apalagi di penjara dalam lubang tanpa alas Luk 8:31, tetapi di sini mereka dibuang dalam Neraka yang dibuat untuk iblis dan pesuruh-pesuruhnya. Mereka suka tinggal di dunia (dan Tuhan mengizinkannya sampai pada waktunya) untuk "mencari jiwa" di dunia, sebab mereka hendak membangun kerajaannya. (Satu jiwa manusia, kalau disempurnakan dalam dosa, bisa menjadi sedahsyat Lucifer. Ingat manusia yang percaya Tuhan Yesus itu lebih tinggi dari malaikat, kita akan mengadilinya 1Kor 6:3, meskipun pada mulanya dijadikan lebih rendah dari malaikat Ibr 2:7. Sebab itu iblis sangat tekun "mencari jiwa" untuk menguatkan kerajaannya melawan Allah).

Mengapa Neraka heboh waktu Lucifer dicampakkan ke sini. Ini terjadi sebagai kelanjutan dari Yesaya 14:4-7, Babel dihancurkan, penguhulunya ditangkap dengan semua tentaranya, dilempar dalam lubang tanpa alas dan bumi menjadi tenang. Iblis kalah dan baru nanti sesudah perang Gog dan Magog ia akan dibuang ke dalam Tasik Api untuk selama-lamanya.

Iblis pasti kalah. Tetapi mulut besar iblis berkata bahwa dia pasti menang. Semua tentaranya (malaikat-malaikat yang jatuh sebab percaya pada mulut besarnya) dan banyak orang terpengaruh oleh tipu daya iblis itu, tetapi sekarang mereka bertemu di Neraka, mereka menjadi heboh, karena Lucifer itu dibanting begitu saja ke Neraka. Sebetulnya dari permulaan iblis itu sudah bisa dihancurkan, tetapi Tuhan membiarkannya sebab ada maksud dalam rencana Allah. Tuhan membiarkan bukan sebab tidak mampu mengalahkan Lucifer, tetapi supaya manusia ini memilih, juga semua yang percaya akan selamat, yang tidak percaya akan memilih dan percaya pada Lucifer, akhirnya binasa. Kalau sudah bisa percaya itu untung besar, jangan sia-siakan pilihan yang mulia ini Ibr 2:4. Jangan percaya satupun tawaran dan rayuan iblis, tetapi percayalah akan setiap Firman dan janjiNya. Kalau tidak, akan heboh, terkejut dan menyesal seperti semua isi Neraka yang heboh akan Lucifer atau iblis ini.

ORANG-ORANG YANG MATI BANGUN KARENA ENGKAU, BAHKAN SEMUA PEMIMPIN-PEMIMPIN (KEPALA) BUMI, MEREKA BANGUN DARI TAHTANYA, SEMUA RAJA SEGALA BANGSA

Semua orang yang mati dalam dosa belum dibangkitkan, menunggu Tahta Putih Yang Besar, tetapi mereka tetap ada di Neraka. Mereka bangun menyambut, mengelu-elukan rajanya yang diharapkan akan menang dan melepaskan mereka dari Neraka dan membuat suatu Surga yang indah. Tetapi ternyata mereka sudah tertipu. Dari rakyat sampai raja, bahkan dari segala bangsa, mereka semua yang disini sudah tertipu oleh dusta iblis. Mereka menunggu janjinya yang kosong.

Lucifer tidak akan menang, Allah yang maha kuasa yang sudah dan akan tetap menang. Tetap hidup di pihak Tuhan dan lawan iblis, ia musuh yang sudah dan tetap akan kalah. Jangan ada yang tertipu oleh segala dusta, rayuan dan godaan iblis.

YESAYA 14:10 ISI NERAKA HERAN AKAN KEKALAHAN LUCIFER
SEMUANYA AKAN BERKATA, KATANYA KEPADAMU, APAKAH ENGKAU JUGA MENJADI LEMAH SEPERTI KAMI, APAKAH ENGKAU MENJADI SEPERTI KAMI?

Orang-orang isi Neraka keheran-heranan. Mereka masih percaya kepada Lucifer bapaknya. Dalam Neraka mereka tetap bisa berpikir baik-baik, bahkan lebih terang dari di dunia, sebab roh tidak bisa mati dan dimensi alam roh itu jauh lebih tinggi dari dunia. Mereka heran mengapa Lucifer kalah berkali-kali dan dilempar ke Neraka, padahal ia adalah penghulu dunia ini. Orang-orang yang sudah mati dan sekarang di Neraka, sekarang mereka tidak berdaya, mereka lemah. Keluar dari Neraka juga tidak bisa, tidak bisa balik ke bumi. Dukun En-Dor memanggil roh Samuel untuk bertemu Saul itu dusta. Memang iblis itu sarjana bohong. Itu bukan roh Samuel tetapi roh setan yang menyamar seperti Samuel. Itu diceritakan dalam 1Tawarikh 10:13 KJV bahwa dukun ini punya banyak setan-setan yang dipeliharanya. Tidak mungkin dukun, musuh Allah memerintahkan Allah untuk mengirim Samuel datang dalam pertemuan perdukunan yang dilarang Allah. Itu bukan roh Samuel. Semua orang-orang yang dalam Neraka atau di Surga (seperti dalam Lukas 16:25) tidak boleh kembali ke dunia kecuali Tuhan mengirimkannya seperti Musa dan Elia turun ke bumi untuk menguatkan Putra manusia Yesus di atas gunung Mat 17:3.

Mereka yang dalam Neraka keheran-heranan melihat Lucifer dikalahkan, sebab mulut besarnya Wah 13:5, menjanjikan perkara-perkara besar penuh kemenangan, sukacita dan bahagia kekal. Tetapi yang terjadi sebaliknya. Mereka heran, apakah Lucifer nasibnya seperti mereka, yang sekarang lemah dan tidak berdaya sama sekali. Tetapi itu kenyataannya, meskipun dalam Firman Tuhan dikatakan bahwa Lucifer masih akan bangkit dan keluar sekali lagi. Memang hal ini (akan dilepas satu kali lagi) untuk membuktikan dustanya (bahwa ia menang), padahal iblis sudah kalah dan tetap akan kalah. Jangan takut dan jangan terpengaruh oleh siasat dan dusta setan.

Ia musuh yang sudah kalah dan tetap akan kalah untuk selama-lamanya. Lucifer menjadi sama seperti para tahanan di neraka, tidak ada kelebihannya. Sebab itu jangan ragu-ragu, lawanlah iblis dengan yakin, dengan iman, kita punya kuasa dari Tuhan Yesus untuk mengusir setan Mrk 16:17 dan kuasa atas segala kekuatan musuh, untuk menginjak-injak dan mengalahkannya Luk 10:19. Tentu kita hanya kuat dan menang di dalam Kristus, jangan hidup dalam dosa, itu kelemahan yang menhancurkan, sebab di dalam dosa, iblis akan mengalahkan orang itu. Tetapi dengan dan di dalam Kristus kita pasti menang Flp 4:13, baik atas daging, dosa, dunia, iblis, bahwa atas segala problem! Jangan bertindak sendiri, minta pimpinan Roh dan taat dengan iman, pasti menang. Dengan Kristus kita bisa hidup suci, menang atas dosa. Jangan terpengaruh oleh deru Sodom Gomora yang hebat tetapi lawan dan kalahkan dia.

YESAYA 14:11 KEMEGAHAN LUCIFER DITURUNKAN KE NERAKA
SEGALA KEMEGAHANMU SUDAH DITURUNKAN KE NERAKA

Di dunia, apalagi di Sodom Gomora, ia tampak dahsyat dan hebat, penuh kemegahan dan kemenangan, juga di zaman Nuh dan akhir zaman ini. Tetapi jangan takut, ia tetap kalah. Tangan Allah menekannya sampai di dalam Neraka, ia tidak lebih dari orang-orang yang tidak berdaya dalam Neraka. Tidak lagi ada kemegahannya. Rupa-rupanya mulutnya masih besar dan mempengaruhi orang-orang yang sudah terlanjur untuk terus percaya kepadanya, yaitu orang-orang jahat yang percaya dusta setan 2Tes 2:11-12.

Di dunia orang yang tidak mau percaya pada Tuhan Yesus itu percaya pada iblis dan bahkan yakin sampai dosanya sempurna, kalau sudah sempurna dosanya, tidak mau bertobat lagi Wah 9:20- 21. Sekalipun sudah masuk Neraka, juga tidak ada kesempatan lagi sesudah mati. Tetapi di Neraka semua menjadi jelas, juga orang kaya yang masuk Neraka itu sadar tetapi sudah terlambat, sekalipun ia bisa memintakan pertobatan saudara-saudaranya Luk 16:28. Semua kemegahan di bumi sia-sia, sama seperti Lucifer.

DAN BUNYI SEGALA KECAPIMU

Lucifer terkenal dengan banyak musik dalam dirinya yang begitu indah dan meriah.

Memang Lucifer diciptakan dengan musik dalam dirinya (dalam rohnya, sebab malaikat semua hanya roh saja) Yez 28:13. Juga orang-orang yang lahir baru, bisa punya musik hati, dalam rohnya yang baru, suatu keindahan dan kesukaan rohani dalam memuji-muji Tuhan Ef 5:19 dan ini indah, merdu di hadapan Tuhan. Musik Lucifer yang limpah de-ngan segala dosa dan mendorong manusia dalam kemanisan dan kesukaan dosa, sekarang juga tidak ada di Neraka. Di dunia ada kesukaan dosa sementara dan palsu Ibr 11:25, Ams 14:13, tetapi di Neraka yang palsu dan sementara pun sudah tidak ada, semua berhenti diganti dengan siksa, penderitaan dan penyesalan yang kekal, sebab itu jangan sampai tertipu oleh iblis, seperti Hawa, dikira enak, senang, pengalaman manis kalau makan buah larangan, ternyata pahit dan penuh air mata sepanjang umur hidupnya, apalagi kalau tidak bertobat dan masuk Neraka, orang-orang seperti ini akan menderita untuk kekal selama-lamanya Wah 14:11.

ULAT-ULAT DIBENTANGKAN DI BAWAHMU DAN CACING-CACING MENUTUPIMU

Atas bawah penuh dengan ulat yang tidak mati. Ini sudah mulai di Neraka ini bagi iblis (Antikris dan nabi palsu sudah dilempar dalam tasik api Wah 19:20), tetapi di sini iblis sudah disiksa dengan ulat dan api hukuman. Semua dosa ada hukumannya, semua ada akibatnya. Neraka ini tempat hukuman iblis dan pesuruh-pesuruhnya Mat 25:41. Apakah iblis dan orang-orang di Neraka bisa terlepas dari hukuman yang menyiksa berupa api dan ulat? Mrk 9:48. Apakah Tuhan menjaga di Neraka? Tentu tidak. Tetapi hukuman ini seolah-olah menjadi satu hukum dan terus berlaku dalam Neraka untuk kekal. Betapa dahsyat. Sekarang dalam duniapun siksaan itu sudah terasa. Orang-orang yang hidup dalam dosa, hatinya tiada sejahtera Rom 3:17, tetapi gelisah, takut, pahit, kuatir dsb. Di dunia sudah terasa, apalagi nanti di Neraka kekal. Dahsyat Yes 66:24. Yesaya juga sudah melihat orang-orang yang seperti bangkai, sama sekali tidak ada keelokan padanya, begitu busuk dan penuh penderitaan kekal. Jangan tukar kesukaan yang kekal dengan kekayaan atau kemuliaan kesukaan dunia yang seketika dan palsu Mat 16:26. Lebih baik pikul salib limpah, sebab itu menjadi kemuliaan yang kekal Rom 8:17-18. Orang yang mengerti akan bersukacita dan bersorak-sorak gembira kalau mendapat sengsara salib Kis 5:41, Luk 6:23. Bagaimana dengan sikap kita. Sudahkah kita mengerti rahasia salib yang mulia dan kekal ini? 1Pet 4:12.

YESAYA 14:12 LUCIFER JATUH
BAGAIMANA ENGKAU SUDAH JATUH DARI SURGA, OH LUCIFER, PUTRA FAJAR

Lucifer sudah jatuh berkali-kali, sejak dari Kejadian 1:2, waktu ia merusak bumi ciptaan Allah, Allah datang dan melemparkannya ke Neraka Yes 14:15. Berkali-kali ia diusir oleh Allah tetapi belum dibinasakan (= dipisahkan untuk kekal dalam tasik api), baru dalam 2 Tesalonika 1:9 yaitu dalam tasik api. Sekarang bolak balik ia masih keluar masuk dari Neraka dan tasik api.

Iblis itu adalah si pencoba Mat 4:3-4 yang mencobai manusia. Tetapi justru dosa, orang jahat, iblis dan kejahatan, semuanya itu justru mengoah kita sehingga makin murni dan makin suci di hadapan Allah.

Semua pencobaan itu dibatasi oleh Allah 1Kor 10:13 (kecuali dalam zaman Antikris setan bebas mencobai sampai mati, begitu dahsyat pencobaan dalam zaman Antikris, tidak ada batas, dahsyat, biarpun hanya 3,5 tahun, sebab itu yang tidak percaya, tidak akan tahan dan gugur, sudah disiksa lalu masuk Neraka. Tetapi akan ada banyak orang yang masuk dalam zaman Antikris mulai sadar, sehingga mereka berani menderita sengsara, sekalipun tanpa batas, sebab meskipun sengsaranya dahsyat, itu hanya sebentar tetapi selamatnya untuk kekal. Juga dua Saksi menguatkan mereka sehingga masih banyak yang selamat meskipun sangat berat Wah 7:9.

Lucifer (Unger's: brightness, cemerlang; Terj. baru: Bintang Timur; Terj. lama: Bintang kejora). Ini adalah iblis yang memang paling cemerlang di antara orang berdosa. Ia mula-mula penghulu setan, tetapi jatuh sebab sombong. Orang yang pintar, sukses, besar harus hati-hati jangan sampai sombong, sebab itu berarti kejatuhan. Seringkali sesudah berhasil manusia menjadi lupa daratan dan merasa dirinya hebat dan itulah kejatuhannya. Tetapi orang yang dipimpin Roh, mengerti Firman Tuhan, tahu bahwa semua dari Tuhan, sekalipun orang dunia yang menjadi besar, itu juga dari Allah seperti Nebukadnezar Dan 4:31. Kalau kita mengerti bahwa peninggian itu dari Tuhan Maz 75:7-8, maka kita akan punya sikap yang betul yaitu sadar dan mengakui dengan segenaphati bahwa semua itu dari Tuhan, patut kita mengembalikan segala puji bagi Tuhan Yes 42:8, maka Tuhan akan mengangkat kita pada waktunya 1Pet 5:5-6. Orang yang tidak sabar menunggu waktunya itu sombong (kita tidak bisa menuntut, sebab semua dari Tuhan) dan jatuh. Kita bisa menjadi pintar, mengerti banyak rahasia Allah, sukses, berbuah-buah dst itu semua dari Tuhan. Jangan seperti Lucifer yang tidak mau mengakui bahwa semua itu dari Tuhan.

Bintang Timur. Tuhan Yesus juga disebut bintang fajar Wah 2:28, 22:16, tetapi Dia lain, Ia dijadikan Putra manusia Yesus rendah untuk menjadi korban tebusan, direndahkan sampai lebih rendah dari malaikat, tetapi taat sampai mati Flp 2:8. Sebab itu sebagai Putra manusia, Allah mengangkat Dia sangat tinggi di atas segala-galanya Flp 2:9-11. Suatu contoh dan cara hidup yang heran yang patut dan harus kita tiru sehingga hidup menjadi puas dan bahagia untuk kekal.

Semua isi dunia tidak akan membahagiakan kita, itu kesukaan yang palsu, yang berakhir di Neraka, tetapi percaya pada Tuhan Yesus dan tetap rendah hati melakukan kehendak Tuhan, maka kita akan menjadi seperti Kristus, bintang fajar itu, bukan seperti Lucifer yang dijadikan mulia dan tinggi tetapi jadi sombong. Percayalah akan Firman Tuhan ambil jalan Kristus yang rendah hati dan lemah lembut Mat 11:28-30. Jangan ambil jalan Lucifer, itu celaka yang kekal.

BAGAIMANA ENGKAU DITEBANG DAN JATUH KE BUMI

Ia sudah ditebang dan jatuh ke bumi. Ia diizinkan masuk dalam dunia sejak Adam yaitu masuk Taman Eden. Kalau Tuhan tidak mengizinkan, tidak mungkin ia bisa masuk. Memang tampaknya ia sukses dan Hawa jatuh, tetapi rencana Allah tetap jadi di dalam Kristus. Sebab itu jangan keluar dari Kristus, pasti diterkam Lucifer 1Pet 5:8. Selama kita tetap tinggal dalam Kristus, maka rencana Allah akan jadi dalam hidup kita, makin lama makin indah dan akhirnya menjadi seperti Kristus, sangat mulia dan untuk kekal. Apa saja akibat dan untung ruginya, tetaplah dalam Kristus, itu yang terbaik, indah, puas, bahagia sampai kekal. Tanpa Kristus, semua orang di bumi menjadi mangsa iblis.

YANG MELEMAHKAN BANGSA-BANGSA

Segala bangsa menjadi lemah sehingga jatuh dalam dosa karena Lucifer. Semua dikuasai dan diperhambakannya Rom 7:18-25. Syukur oleh Kristus kita bebas dari Lucifer, bahkan kita bisa mengalahkan dia dengan Allah. Kalau kita menolak menuruti daging, tinggal dalam Kristus dan taat, kita akan kuat, sekalipun semua orang lemah karena daging Maz 78:39. Betapa indah, jadi orang kuat, segar, bahagia, berbuah-buah di dalam Kristus. Jangan keluar, tetapi berjalan dalam Roh melakukan Firman Tuhan, itulah carang dalam pokok Kristus yang berbuah-buah Yoh 15:5.

KESIMPULAN

Yesaya 14:9 Di Neraka, pengikut iblis melihat iblis tidak ada artinya tetapi terlambat. Sekarang masih ada waktu, ja-ngan percaya satu pun dari kata-kata dan rayuan iblis, dia pembohong dan pembunuh Yoh 8:44.

Yesaya 14:10 Iblis itu lemah, kalah dan tetap kalah, percayalah akan Tuhan dan kalahkan iblis Luk 10:19.

Yesaya 14:11 Iblis tidak punya Surga tetapi Neraka dan api dan ulat siksaan. Ini warisan yang diberi bagi orang yang menurut iblis, sejak di dunia sampai kekal.

Yesaya 14:12 Iblis sudah ditebang dan jatuh ke bumi, ia tampaknya besar di bumi tetapi hanya sesaat. Di dalam Kristus kita mengalahkannya dan berbuah serta tumbuh makin kuat makin seperti Dia.

Nyanyian

Menanglah, menanglah, ikut Tuhan menanglah