Share :  

YESAYA 19:9 MEREKA DIPERMALUKAN
LEBIH-LEBIH MEREKA YANG BEKERJA DENGAN RAMI HALUS DAN MEREKA YANG MENENUN PAKAIAN YANG HALUS (PUTIH), AKAN DIPERMALUKAN

Kain rami, lenan, pakaian halus (putih) adalah tanda dari hidup benar Wah 19:8. Ini menceritakan tentang hidup yang benar atau suci. Orang-orang Mesir bayangan dari orang dunia yang berusaha untuk hidup benar akan gagal dan dipermalukan, sebab tidak seorangpun bisa hidup benar kecuali orang tebusan Allah, yang ditebus darah Yesus. Orang dunia melihat bahwa dosa itu merusak dan menghancurkan segala-galanya, tetapi mereka tidak bisa mengalahkannya,bahkan diperbudak. Contoh: banyak orang dunia memandang dansa merusak rumah tangga, sebab ada dosa di dalam berganti-ganti partner. Kerja sama rusak, sebab tidak jujur. Bahkan kongsi keluarga seringkali sesudah tiga turunan bubar karena dosa, lebih-lebih kalau tamak akan uang sehingga tidak jujur; semua pecah, kacau karena dosa benci, tamak, iri dsb. Orang dunia tidak bisa merdeka dari dosa. Hanya orang-orang tebusan Allah, orang yang percaya Tuhan Yesus bisa bebas dan terus merdeka dari segala dosa bahkan terus meningkat dalam kesucian. Mesir hancur sebab tidak bisa bekerja dengan rami halus dan tidak bisa menenun pakaian halus (putih), tetapi orang-orang percaya yaitu Gereja justru akan disempurnakan dalam pakaian lenan halus yang putih Wah 19:8. Selalu ada orang-orang beriman yang mengabaikan kesucian sehingga menjadi batu sontohan bagi orang-orang dunia, tetapi setiap orang percaya yang mau hidup suci, pasti bisa, darah Yesus melepaskannya dan Roh Kudus, Firman Tuhan serta persekutuan tubuh Kristus akan menolongnya sampai mampu hidup benar dan suci. Bisa hidup suci itu suatu keunggulan, kemenangan dan keistimewahan dari orang-orang yang percaya Tuhan Yesus, sebab orang dunia yang manapun akan gagal dan dipermalukan. Sebab itu orang-orang beriman harus memelihara hidup kesuciannya dan dengan kuasa Roh Kudus menggarami dan menerangi dunia ini. Gereja Tuhan dan anggota-anggota tubuh Kristus harus memelihara keistimewaan dan kemenangan yang heran ini atau dipermalukan dalam dosa seperti orang Mesir. Pada akhir zaman akan tampak polarisasi dari dosa dan kesucian Wah 22:11, sebab yang gagal, yang jahat akan makin jahat dan limpah dengan dosa tetapi yang suci akan makin suci. Orang-orang Halaman yaitu orang Kristen yang suam, yang jatuh bangun dalam dosa, kalau tidak sungguh-sungguh bertobat, akan hanyut dalam arus tsunami dosa yang kuat dan akan tenggelam dalam dosa.

YESAYA 19:10 DIPECAHKAN SAMPAI PONDASINYA
DAN MEREKA AKAN DIPECAHKAN SAMPAI PONDASINYA, SEMUA YANG MEMBUAT SALURAN (PINTU AIR) DAN KOLAM-KOLAM IKAN (BARANG YANG HIDUP)

Kolam ikan (barang-barang yang hidup) menceritakan tentang kumpulan orang dengan segala saluran, pintu air dll ini menceritakan tentang organisasi dari perkumpulan itu, baik orang kecil sampai orang yang besar seperti negara dan orang global seperti PBB. (Ini tertulis hanya satu kali dalam Alkitab, hanya di sini). Dalam nubuatan ini diceritakan tentang organisasi-organisasi manusia dalam dunia, yang akan hancur sampai pondasinya. Ini terjadi berulang-ulang, istimewa dalam hari-hari ini, misalnya di Timur tengah banyak organisasi manusia, negara-negara yang hancur sampai dasar-dasarnya. Meskipun terjadi banyak kehancuran dari semua organisasi manusia yang besar dan kecil, tetapi Gereja Tuhan akan tetap teguh, tempat ikan atau jiwa-jiwa, sebab Kristus yang menjadi Tuhan bala tentaranya, yang memelihara dan menang atas pekerjaan iblis yang hendak menghancurkannya. Gereja Tuhan akan tetap teguh sampai rencana Allah digenapkan semuanya yaitu sampai hari pengangkatan. Sebab itu jangan kecil hati melihat banyak serangan-serangan atau kerusakan yang terjadi, sebab Tuhan sanggup memperbaikinya bahkan menumbuhkannya sampai sempurna, asal kita mau taat melakukan Firman dan kehendak-Nya.

YESAYA 19:11 PENGHULU-PENGHULU MESIR YANG BODOH DAN DUNGU
PENGHULU-PENGHULU ZOAN ITU SUNGGUH ORANG BODOH, PARA PENASEHAT FIRAUN MENJADI DUNGU

(*) Modern KJ, Young: brutish, kejam, kebinatangan)

Penghulu-penghulu Zoan Yes 19:11,13; 30:4. Ini orang-orang besar dari dunia (Mesir) menjadi bodoh. Penasehat-penasehat tingkat duniapun sudah menjadi dungu (senseless, tidak bisa merasakan atau membedakan, dengan kata lain ngawur) maka tindakan-tindakannya dalam organisasi massal / negara menjadi kacau sehingga semua menjadi kacau. Mengapa orang-orang besar ini menjadi bodoh dan dungu? Sebab ada perubahan-perubahan yang tidak bisa dimengerti dan aneh, hal-hal baru yang tidak bisa diatasi sehingga pemimpin-pemimpin ini bingung dan tidak punya pegangan. Semua yang dibuat menjadi serba salah, juga penasehat-penasehat tingkat nasional atau dunia menjadi dungu. Tindakannya menjadi kejam (brutish) dan seperti binatang, dahsyat sekali sebab sudah bingung, tidak tahu lagi apa yang harus diperbuatnya.

Begitu keadaan yang kita lihat sekarang, baik dalam bencana alam, juga dalam pemberontakan di Timur tengah dll seringkali timbul tindakan-tindakan yang dahsyat dan kejam. Ini semua adalah tanda-tanda dari akhir zaman yang akan menuju puncaknya pada Minggu ke-70 Daniel. Kita harus bersedia, tetapi jangan takut, sebab Gereja Tuhan akan tetap terpelihara sekalipun ada kekurangan-kekurangannya, belum sempurna, tetapi tetap percaya dan berharap Tuhan.

BAGAIMANA ENGKAU DAPAT MENGATAKAN KEPADA FIRAUN, SAYA ADALAH PUTRA ORANG-ORANG BIJAK, PUTRA RAJA-RAJA PURBAKALA

Di mana kata-kata hikmat, ilmiah, pengalaman orang-orang bijak, ahli-ahli sejarah zaman dahulu? Banyak hikmat yang terkenal dari raja-raja purbakala, tetapi semuanya itu tidak bisa menolong keadaan zaman ini. Ada banyak piala dan hadiah-hadiah seperti nobel dll sejenisnya, tetapi semua orang-orang berhikmat dan termasyhur ini tidak bisa mengatasi macam-macam problem yang timbul di akhir zaman ini. Hal-hal baru yang dahsyat,  tidak ada penyelesaiannya. Keadaan akhir zaman ini sungguh mengerikan. Sampai hari ini terorisme belum bisa diselesaikan, sekalipun biaya, peraturan, tenaga dll yang dikeluarkan sudah banyak sekali. Dalam malapetaka tsunami dan nuklir di Jepang, hampir-hampir tidak ada ahli yang bisa menolong dan beberapa negara menutup PLTN-nya sebab takut kalau terjadi demikian, tidak ada jalan keluarnya. Belum lagi malapetaka dan pemberontakan-pemberontakan lain di seluruh dunia.

Tetapi dalam umat Tuhan, Gereja justru akan mengalami pertumbuhan yang heran oleh Hujan akhir yang menyempurnakan Gereja sesuai rencana Allah yang ajaib. Gereja akan masuk dalam zaman keemasannya Hag 2:10, Wah 12:1 dan rencana Allah akan digenapkan.

YESAYA 19:12 RENCANA ALLAH YANG TIDAK BISA DIMENGERTI ORANG-ORANG BIJAK MESIR
DI MANA MEREKA? DI MANAKAH ORANG-ORANG YANG BIJAK? BIARLAH MEREKA MENGATAKAN KEPADAMU SEKARANG DAN BIARLAH MEREKA MENGETAHUI APA YANG DIRENCANAKAN TUHAN BALA TENTARA ATAS MESIR

Kalau hikmat Allah ditandingkan dengan hikmat manusia, maka akan nyata sekali hikmat Allah jauh lebih tinggi seperti bumi dengan langit Yes 55:8-9, 1Kor 1:20,25. Hikmat manusia sangat terbatas, tetapi hikmat Allah tidak terbatas, tidak terhingga. Sebab itu kalau umat Tuhan dipimpin Roh dan menuruti hikmat Allah, kita akan mempunyai kuasa dan hikmat ilahi yang tidak terbatas. Bahkan Stefanus anak muda itu tidak bisa dikalahkan orang-orang Farisi dan ahli Taurat yang menyerangnya dengan ganas Kis 6:10-15. Gereja tidak perlu takut, sebab Roh Kudus sendiri yang hidup di dalam kita, sehingga kita bukannya kita lagi tetapi Kristus, sebab Dia hidup di dalam kita Gal 2:20. Sebab itu kita harus belajar hidup dipimpin Roh terus, supaya mendapatkan hikmat dan kuasaNya untuk menghadapi segala problem dan tantangan yang dahsyat ini.

Orang-orang dunia yang pintar sekalipun tidak bisa mengerti rencana Allah atas dunianya sendiri, apalagi atas Gereja. Dan apa yang sudah ditetapkan Allah bagi dunia ini pasti akan digenapkan! Dunia tidak bisa mengenalinya apalagi membatalkannya dengan hikmat dan teknologinya yang canggih, sebab Allah ada di atas semuanya.

Jangan lupa, semua hikmat, rencana dan nubuatan Allah itu ada dalam Alkitab yang akan terbuka semuanya di akhir zaman ini oleh pimpinan Roh Kudus Mat 10:26-27. Sebab itu kita harus limpah mempelajari Alkitab dalam pengurapan Roh Kudus dan terus mengikuti pembukaan Firman yang diberikan Tuhan bagi Gereja akhir zaman. Kita juga perlu tumbuh dalam persekutuan tubuh Kristus, sebab Tuhan menyatakan rahasiaNya itu dibagi-bagi dalam semua Gereja yang dipimpin Roh, supaya Gereja-gereja Tuhan bersatu dan bersekutu dalam Kristus sebab kita memerlukan satu sama lain sehingga semuabisa masuk dalam kesempurnaan rencana Allah Yoh 17:23. Tanpa persekutuan dalam kasih Kristus, dalam Roh Kudus dan Firman Tuhan, kita tidak bisa masuk dalam rencana Allah yang besar dan sempurna.

Tentu perlu kerendahan hati, sebab orang sombong tidak bisa bersekutu, tetapi memisahkan diri kecuali ia dipuja dan diangkat tinggi, tetapi orang seperti ini akan direndahkan Tuhan, langsung, keluar dari rencana-Nya. Kita harus menyangkal diri, saling mengampuni dan merendahkan diri dalam Roh dan kasih-Nya, baru kita bisa bersekutu dengan betul dalam rencana Allah yang mulia dan sempurna.

Dunia punya rencana yang indah-indah ke depan, baik rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang, apalagi dengan kemajuan teknologi yang luar biasa. Tetapi Tuhan menentukan nasib dunia dari dosa-dosanya. Seperti Sodom yang makmur dan meriah (sampai Lot sangat tergiur menginginkannya) tetapi karena dosa-dosanya akhirnya hukuman Allah turun ke atasnya. Begitu juga dunia ini. Dunia tidak mengenal dan tidak mempercayai semua ini, tetapi itu akan tiba jadi Luk 17:26-30, sesudah dosa-dosanya melebihi batas, tiba-tiba hukuman yang dahsyat itu akan datang termasuk semua peristiwa-peristiwa dahsyat sebelumnya. Mereka tidak mengenalnya dan tahu-tahu mereka binasa. Tetapi orang beriman yang dipimpin Roh akan mengerti dan terus meningkat dalam kesucian dan akan menuai kemuliaan dan kesukaan yang kekal.

YESAYA 19:13 PENGHULU ZOAN DAN NOP MENYESATKAN MESIR
PENGHULU ZOAN MENJADI BODOH, PENGHULU NOP TERTIPU, MEREKA JUGA SUDAH MENYESATKAN MESIR, BAHKAN JUGA KEPALA SUKU-SUKUNYA

Penghulu-penghulunya jadi bodoh dan tertipu sebab itu mereka dengan sendirinya juga menyesatkan Mesir. Juga semua kepala suku-sukunya sehingga timbul kekacauan bahkan peperangan satu sama lain. Mereka mengakui atau diakui pemimpin-pemimpin yang pintar, tetapi ternyata tindakannya menyesatkan sehingga semua menjadi kacau. Dari pusat sampai di bawah, bagian-bagian kecil dari suku-suku bangsanya timbul kekacauan dan perkelahian, sehingga justru Mesir tersesat dalam kekacauan, dunia jadi kacau dan ribut. Pertemuan-pertemuan pemimpin bangsa (Zoan, Nop dan kepala-kepala suku) biasanya bisa saling menolong tetapi sekarang justru keputusan mereka malah menyesatkan orang banyak, bahkan seluruh dunia. Kelak badan-badan dunia seperti PBB juga akan bingung, bahkan menyesatkan seluruh dunia.

YESAYA 19:14 ROH-ROH YANG TERBALIK DAN MENYESATKAN
TUHAN MENCAMPUR ROH-ROH YANG TERBALIK-BALIK DI TENGAH-TENGAHNYA

Tentu Tuhan tidak mau merusak, sekalipun dunia sudah rusak. Tetapi mengapa Tuhan mencampurkan atau mengirim roh-roh jahat kepada mereka? Ini ada sebabnya.

1. Kalau seorang berbuat dosa, maka iblis menuntut kepada Tuhan untuk mendapatkan orang itu, sebab orang yang berbuat dosa, apalagi mencintai dan hidup dalam dosa itu memilih setan. Orang yang berbuat dosa satu kali saja, itu sudah memberi tempat pada iblis Ef 4:27, apalagi kalau berdosa terus menerus, itu berarti memilih iblis dan iblis menuntut akan jiwanya supaya orang itu dihukum sesuai keadilan Allah. Allah tidak mau langsung menghukum sebab itu peraturan Allah Pkh 8:11. Allah mencari orang untuk berdoa syafaat baginya dan untuk menasehati supaya bertobat. Kadang-kadang Tuhan mengizinkan suatu hajaran, teguran, mimpi dll supaya bertobat. Kalau orang itu bertobat, Allah mengampuninya dan iblis tidak berhak untuk menuntut hukuman baginya lagi. Tetapi kalau orang itu tetap tidak mau bertobat sampai waktunya habis, maka terpaksa Allah melepaskannya dan roh-roh jahat dapat kesempatan untuk makin menyesatkannya sehingga hukuman Allah yang lebih dahsyat menimpanya 2Tes 2:10-12. Inilah orang-orang yang menolak menerima kasih akan kebenaran dan memilih dosa bahkan mengasihinya.

2. Juga dalam ujian seperti dalam kasus Ayub. Iblis menuntut kesempatan untuk mencelakakan Ayub untuk mencobainya. Kalau sudah waktunya untuk diuji, Tuhan mengizinkan iblis mengganggunya tetapi tidak lebih dari kekuatannya. Kalau orang itu lulus, iblis datang lagi menuntut ujian yang lebih besar. Kalau sudah sampai waktunya Allah bisa mengizinkannya lagi, orang itu diuji sesuai dengan kekuatannya 1Kor 10:13. Tetapi kalau lulus seperti Ayub, Allah memberkati kembali dua kali ganda. Jadi di sini, sebab orang-orang itu tetap tidak bertobat dan melebihi batas dosa dan Allah tahu bahwa mereka tidak akan bertobat lagi sampai mati, maka Allah mengizinkan roh-roh yang terbalik-balik itu menyerang dan menyesatkan mereka sampai hukuman jatuh dan mereka binasa masuk Neraka dalam tangan iblis. Jadi, iblis selalu minta kesempatan untuk merusak dan mengacaukan orang-orang yang hidup dalam dosa dan yang patut dihukum, dan kalau orangnya hidup benar terus, iblis selalu berusaha untuk minta kesempatan mencobai, merusak, membunuh dsb. Tuhan memang mengizinkan orang yang hidup dalam dosa (atau untuk diuji) diganggu roh-roh setan ini 2Tes 2:11.

Ini roh yang terbalik-balik yang membuat  perasaan hati dan pikiran orang-orang itu juga terbalik-balik, sehingga perbuatannya sangat keji, seringkali seperti binatang. Seharusnya penuh belas kasihan, sekarang sangat kejam. Seharusnya saling tolong menolong, sekarang menjerumuskan, merusakkan dan menghancurkan. Roh-roh yang najis dan yang terbalik-balik ikut bekerja dalam dunia sehingga makin kacau. Sebab mereka hidup dalam dosa dan juga orang-orang beriman yang hidup menuruti daging, tidak mau dipimpin Roh, maka roh-roh setan ini juga akan memimpin mereka dan memutarbalikkan segala perbuatannya.

Orang beriman yang tidak dipimpin Roh, akan mudah menjadi korbannya sehingga ikut kacau dan masuk dalam jerat-jerat iblis dan jatuh dalam dosa.

Setan penipu memang pintar memutarbalikkan segala perkara dan menyesatkan, tetapi orang-orang yang penuh Roh Kudus dan tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan tidak akan sampai tertipu, tetap dalam rencana Allah, tidak sampai kena, tidak dikuasai roh-roh jahat ini, justru tumbuh makin indah dalam rencana Allah bagi Gereja. Kejahatan akhir zaman akan makin cepat bertumbuh, sebab roh-roh jahat ini ikut bekerja sehingga cepat rusak dan makin parah. Hanya kuasa Allah yang bisa melawan dan mengusir roh-roh jahat ini.

DAN MEREKA (ROH-ROH JAHAT INI) MENYEBABKAN MESIR BERBUAT KESALAHAN DALAM SETIAP PEKERJAANNYA, SEPERTI ORANG YANG MABUK BERGELUMANG DALAM MUNTAHNYA

Semua yang diperbuat menjadi salah, sebab tidak lagi dengan pikiran sehat tetapi dipimpin roh-roh jahat yang terbalik-balik ini, seperti orang mabuk, kacau semua.  Apalagi kalau pemimpin-pemimpin yang dikacau dan mabuk dalam dosa, akibatnya lebih dahsyat dan luas. Keadaannya seperti orang mabuk yang bergelumang dalam muntahnya sendiri.

Kita ingat Yunus yang dikocok dalam perut ikan, penuh dengan segala macam isi perut ikan yang amis dan juga dengan muntahnya sendiri. Orang seperti ini sudah tidak lagi bisa berpikir waras, tetapi kacau dan semua perbuatannya salah sehingga makin celaka. Baik secara lahiriah, juga dalam arti kiasan, mereka menjadi kacau oleh kata-kata yang keluar dari mulutnya seperti muntahan dari segala pikiran jahat dalam hatinya. Tetapi orang beriman yang dipimpin Roh Kudus akan makin indah, makin ajaib dan mahir, menuju kepada kesempurnaan rencana Allah yang heran.

YESAYA 19:15 KEPALA DAN EKOR, SEMUA HIDUP SIA-SIA
JUGA DI SANA TIDAK ADA LAGI PEKERJAAN UNTUK MESIR, YANG BISA DILAKUKAN OLEH KEPALA DAN EKOR, CABANG ATAU KERCUTNYA

(Kercut, tangkai atau daunnya lebih kecil, bisa dianyam menjadi tikar dll). Kepala dan ekor, cabang dan kercut, orang besar dan orang kecil, orang pintar dan orang bodoh, yang di atas dan yang di bawah,semuanya menjadi kacau, tidak lagi ada pekerjaan yang bisa dilakukan semua orang. Sungguh dunia menjadi kacau dan semua menjadi bodoh, hidup dalam dosa, berbuat perkara-perkara yang keji seperti orang bodoh, seperti bermain tetapi dianggap rekreasi. Contoh bagaimana banyak orang dunia membela homo dengan dalih emansipasi dan memaksakan mendidik anak-anak sejak SD untuk dibiasakan dengan homo sampai mereka bisa mengganggap ini sebagai hal yang normal. Belum lagi macam-macam perubahan yang dianggap wajar.

Tetapi umat Tuhan, istimewa yang penuh Roh Kudus akan melakukan hal-hal besar bagi Tuhan sebab Roh Kudus memberi hikmat dan kuasa-Nya, sehingga orang-orang beriman hidupnya makin berarti, penuh kuasa dan berkat Tuhan. Lain dengan dunia yang kacau. Jangan takut, orang beriman dan Gereja akan tetap survive dan berkemenangan bahkan limpah dengan berkat dan tindakan yang ajaib dan menumbuhkan Gereja kepada kesempurnaan. Kalau dalam dunia yang besar dan yang kecil menjadi kacau dan hidupnya menjadi sia-sia dalam dosa, tetapi dalam Gereja justru anggota-anggota tubuh Kristus, baik yang besar dan yang kecil, semuanya makin indah,semua bisa melakukan hal-hal yang tepat dan berguna bahkan sangat berfaedah dan menumbuhkan sampai sempurna. Tantangan dan aniaya tetap banyak tetapi dengan kuasa dan hikmat Allah, umat-Nya selalu lolos dan hidup dalam kemenangan dan terlepas dari semua yang jahat.

KESIMPULAN

Sekarang ini zaman Gereja, justru Gereja akan terus berkemenangan dengan Tuhan bahkan tumbuh sampai sempurna.

Jangan bersandar atau berharap pada dunia. Justru waktu dunia jatuh bangun, runtuh, Gereja tetap penuh dengan perkara-perkara yang ajaib, penuh kemenangan dan hasil yang indah-indah untuk kekal.

Tetapi orang yang harap pada dunia dan bersandar padanya, memakai segala perkara dunia dengan kepintarannya, akan kacau, terbalik-balik, kecewa dan gagal besar. Tetapi mereka yang berharap pada Tuhan, dipimpin Roh dengan mahir akan mengalami hal-hal yang besar dan indah dari Tuhan.

Mulai sekarang jangan mengandalkan dunia ini dengan segala fasilitasnya yang heran-heran hasil teknologi yang tinggi. Tetapi yang harap pada Tuhan, terus dipimpin Roh maka kita akan mengalami hal-hal yang luar biasa indahnya. Limpah dengan pekerjaan Roh Kudus, dengan hikmat kuasa-Nya, dengan buah dan karunia-karunia-Nya, berjalan dalam Roh dan terus tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan, maka kita akan masuk dalam rencana Allah yang indah-indah, bukan dalam rencana dunia yang akan binasa semuanya, tetapi dalam rencana kemuliaan Allah yang tidak pernah gagal.

Ini hanya mungkin kalau kita bisa berjalan dengan Tuhan dengan mahir, tepat, selalu dalam kesucian dan taat dengan penyerahan yang penuh seperti Abraham yang taat dan melakukan kehendak dan rencana Allah.

Nyanyian

Dunia lalulah seg'ra dengan keindahannya