Share :  

YESAYA 22:6  ELAM DAN KIR DATANG MENYERANG

DAN ELAM MEMBAWA TABUNG PANAH DENGAN ORANG-ORANG RATA DAN ORANG-ORANG BERKUDA; DAN KIR MEMBUKA TUTUP PERISAINYA

Elam adalah bangsa kafir yang tinggal di Timur lembah Efrat - Tigris, ibu kotanya Susan

Elam sering berperang dengan Babil. Dalam Yer 49:34-39 dikatakan Elam akan dibinasakan sampai tersebar ke seluruh dunia, juga sampai di Kanaan Ezr 4:9, tetapi pada akhirnya mereka akan dipulihkan kembali. Pada hari Pentakosta juga ada orang Elam di Yerusalem Kis 2:9.

Kir juga bangsa kafir, orang2 Syria (Damsyik) dibawa tertawan ke Kir 2Raj 16:9, Amos 1:5, tetapi akhirnya dilepaskan kembali oleh Tuhan Amos 9:7.

Musuh (Elam dan Kir) berdatangan ke Israel dan mengepung serta menghancurkannya baik dengan panah, orang berkuda, rata dan orang2 Kir dengan perisainya yang terbuka. Israel betul dihancurkan habis2an pada saat ini, yaitu pada masa kepicikan Yacob Yer 30:7, Mat 27:25. Ini adalah akibat orang Israel menolak Mesias di dunia, begitu dahsyat, apalagi di Neraka!

Jangan menolak Tuhan Yesus, akan celaka di dunia dan dalam kekekalan, orang2 ini kehilangan pertolongan dari Allah yang diperlukan untuk bisa masuk Surga. Jangan keras hati, kalau nyata ada salah, selagi masih hidup bertobatlah sungguh2.

YESAYA  22:7 KEPUNGAN MUSUH SAMPAI PINTU GERBANG

DAN AKAN TERJADI BAHWA LEMBAH PILIHAN AKAN PENUH DENGAN RATA, DAN ORANG-ORANG BERKUDA AKAN MENGATUR DIRINYA DALAM SUATU SUSUNAN DI PINTU GERBANG

Keadaan makin parah sebab lembah2 yang utama bagi Israel sudah dikuasai oleh musuh dan mereka sudah mengatur diri di muka pintu gerbang, siap untuk masuk dan menghancurkan Yehuda dan Israel. Seharusnya kalau sudah sampai disini orang2 Israel bertobat sungguh2, seperti yang terjadi pada zaman raja Zedekia, tetapi sayang, mereka terus berusaha mencari jalan lepas sendiri, tidak mau bertobat dan lari kepada Tuhan Yesus Juru selamat yang sesungguhnya, sebab itu akhirnya sangat mengerikan 2Taw 36:17- 21, 2Raj 25:1-7(-25). Andaikata Zedekia dan orang Yehuda bertobat sungguh2, pasti ada discount dari hukumannya, bisa 25%, 50% atau lebih, malahan Manasye dapat discount hampir 100%  2Taw 33:13.

Seringkali orang sudah lihat musuh/ maut ada di pintu gerbang, tetapi belum juga bertobat, sebab itu mereka binasa dan sangat mengerikan sampai di Neraka. Kadang2 diagnosa dokter tentang penyakit yang tidak bisa sembuh dan akan mati, juga kalau umur sudah di daerah kuburan (70-80 tahun) atau lebih, atau ada ancaman2 lainnya, itu berarti musuh sudah di Pintu Gerbang, sedikit waktu yang ada itu suatu kesempatan emas untuk bertobat (tolong dan doronglah orang2 seperti ini, kita bisa mendapat jiwa, sebab ini kehendak Tuhan 2Pet 3:9); tetapi wai bagi yang tetap keras hati, akan celaka. (Ingat menurut nubuat ini, Israel akan tetap berkeras hati, sehingga akan mengalami masa kepicikan Yacob habis2an sampai hanya bersisa 144.000. Juga Israel rohani, banyak yang keras hati dan akhirnya binasa! Mungkin juga mereka sudah sampai dosa sempurna, sehingga tidak bisa bertobat lagi sekalipun dihukum dahsyat oleh Allah seperti Wah 9:22. (Ingat tingkat2 dosa, dari dosa biasa, lalu kelemahan, keras hati, dosa dalam roh setan, dosa sempurna = seperti iblis, tidak lagi bisa bertobat).

Mereka yang bertobat kembali akan selamat, tetapi siksaan Antikris itu luar biasa, namun tetap ada banyak yang selamat Wah 7:9.

Lembah2 pilihan berarti tempat2 yang strategis dikuasai oleh musuh, sehingga keadaan musuh sangat kuat, siap untuk menghancurkan umat Tuhan. Seringkali kita melihat bahwa orang2 yang merencanakan kehancuran Gereja sudah mengatur diri dengan sangat teratur dan sistematis dan semua berjalan menurut rencana untuk menunggu hari penghancuran itu. Semua rencana ini akhirnya akan terlaksana, jadi, sesudah pengangkatan. Tampaknya mereka sukses, tetapi sebetulnya tidak, sebab umat Tuhan yang sungguh2 tetap tumbuh dengan baik sesuai rencana Allah dan pada saat yang tepat ikut masuk dalam pengangkatan. Semua berjalan sesuai dengan rencana Allah dan orang beriman yang bersedia akan masuk dan ikut rencana Allah. Yang tertinggal itu orang2 yang memang akan kalah sebab mereka undur dari Tuhan, tidak mau bersedia, dan Tuhan sudah tahu dan mereka akan mengalami rencana musuh yang teliti, terencana dengan baik dan sistematis. Mereka merasa sukses, sebab akhirnya rencana mereka jadi, Israel habis, juga Gereja dihabiskan yaitu semua orang2nya yang tertinggal, tetapi orang yang ikut pengangkatan tidak ada yang jatuh dalam tangan mereka, sangat indah dan mereka sudah hilang dan musuh tidak tahu dan tidak akan mengerti. Tetapi orang2 Kristen yang tertinggal mengerti dan sangat meratap tetapi sudah terlambat. Semua rencana pengepungan terjadi tepat seperti rencana mereka, tetapi yang kena hanya orang yang tertinggal. Orang2 yang tulus dan sungguh2 ikut Tuhan tidak ada satupun yang kena.

YESAYA 22:8 TUDUNG YEHUDA DIBUKA

DAN IA MEMBUKA TUDUNG YEHUDA. DAN PADA HARI ITU ENGKAU MELIHAT KEPADA SENJATA DARI RUMAH DALAM HUTAN.

Pada hari ini adalah hari malapetaka, hari celaka tetapi ini tidak datang kebetulan. Ini semua adalah akibat penaburan masing2 Gal 6:7,8 bahkan waktu2 terakhirpun tidak digunakan untuk bertobat tetapi tetap keras hati, sebab itu datanglah hari hukuman yang celaka ini. Tudung Yehuda dibuka, mereka seperti telanjang, tidak punya apa2, tidak berdaya, seperti yang terjadi pada zaman Zedekia betul2 lemah total, tidak ada perlawanan sama sekali, tetapi sayang mereka tidak sungguh2 bertobat seperti Manasye, mereka masih mencari senjata, tidak mencari Tuhan.

Rumah dalam hutan hanya ada satu dalam Alkitab, yaitu yang dibangun Salomo (50x100x30hasta) seperti ukuran Kemah Suci dan membutuhkan waktu 13 tahun (padahal untuk bait Allah hanya 7 tahun) 1Raj 7:1 dan sangat mewah, semua alatnya dari emas 1Raj 10:21, 2Taw 9:20 dan disini 300 perisai2 emas (masing2 beratnya 3 kati) disimpan disini, mungkin juga senjata2 lain 1Raj 10:17, 2Taw 9:16.

Ini salah satu hasil canggih waktu Salomo undur dari Tuhan dalam dosa2nya, mereka mempersiapkan hal2 yang penuh kedagingan, baik dalam kemewahan dan dalam persenjataan. Tetapi pada waktu Rehabeam, raja Mesir (keluarga mertua Salomo, meskipun masih keluarga, tetapi karena emas, mereka tidak peduli lagi akan hubungan kekeluargaan) mengalahkan dan menjarah semua perisai2 emas ini 2Taw 12:9.

Tehnologi tinggi yang dicapai Israel tidak bisa menolong mereka, baik dalam zaman Salomo, begitu juga dalam masa kepicikan Yacob, semua tidak berguna. Segala kekuatan dan kepintaran manusia tidak dapat menolong. Hanya Tuhan yang bisa menolong Israel. Begitu juga dengan Israel rohani. Seluruh rahasia dan keadaan Gereja yang tertinggal akan dibuka sebab kalah dan semua ada dalam tangan Antikris. Mereka ingat dan melihat pada senjata dalam rumah dalam hutan (inilah istana Salomo yang ada dalam hutan). Ini adalah segala kekuatan (manusiawi, politik, ekonomi dll) kepintaran, ke-mampuan, senjata dll semuanya sia2, tidak bisa menolong sama sekali. Gereja yang tertinggal tidak bisa berbuat apa2, Antikris menguasai semuanya. Yang tertinggal tidak ada kekuatan sama sekali.

Sebab itu kita perlu limpah dengan perlengkapan ilahi, dengan kuasa, hikmat dan pimpinan Roh Kudus. Kita perang dengan iblis bukan dengan manusia. Sebab itu tanpa kuasa Allah peperangan rohani kita tidak bisa menang.

Tuhan harus ada di dalam kita, baru kita bisa menang atas segala tantangan akhir zaman! Tetapi dalam zaman Antikris, sesudah pengangkatan, dunia sudah ditinggalkan Allah sama sekali, orang2 yang tertinggal harus meng-hadapinya sendiri (dengan dua saksi) dan mereka dibinasakan sama sekali. Wah 13:7.

YESAYA 22:9 CELAH-CELAH KOTA DAUD

ENGKAU AKAN MELIHAT CELAH-CELAH DARI KOTA DAUD YANG JUMLAHNYA BANYAK DAN ENGKAU BERSAMA-SAMA MENGUMPULKAN AIR DARI KOLAM YANG DI BAWAH

Kota Daud adalah Yerusalem. Pada zamannya, Salomo membetulkan celah2 yang ada di tembok Yerusalem 1Raj 11:27 (Neh 4:7).

Dalam ayat ini dinubuatkan tentang kerusakan pada kota Daud (seperti nubuat tentang kehancuran dari rumah/ kemah, Tabernakel Daud). Semua ini disebabkan karena dosa yang diperbuat orang Israel sehingga hukuman Allah jatuh, istimewa pada zaman Zedekia. Pada waktu ini Zedekia raja Yehuda melihat celah2 di tembok kota Daud yaitu Yerusalem, dan kemudian keluar dan lari lewat celah2 ini, tetapi mereka tertangkap dan semuanya dianiaya sampai mati. Ia harus melihat anggota2 keluarganya disembelih di hadapannya lalu ia sendiri dicukul matanya sampai buta dan kemudian mati. 2Raj 25:4. Suatu penderitaan yang amat sangat, yang masih akan diulangi lagi sebab Israel menolak Mesiasnya dan melawan Allah.

Dalam ayat2 lain, sesudah Israel disucikan dari dosa2nya (Yer 30:7) maka rumah Daud akan didirikan lagi Amos 9:11-16 bahkan sampai di seluruh bumi Yer 23:5-6, Hos 3:5, Mik 3:5.

Dalam ayat ini dikatakan bahwa celah2 kota Yerusalem itu banyak. Keadaan begitu celaka, dan mereka mengumpulkan air dari kolam yang di bawah untuk kelangsungan hidupnya, sebab mereka sudah tidak bisa hidup lagi karena kelaparan dan tidak ada air. Ini keadaan orang2 dalam zaman Antikris, sampai lapar jasmani dan rohani, sampai airpun tidak didapatnya.

Selain kolam yang di bawah, adalagi kolam yang di atas 2Raj 18:17, Yes 7:3; 36:2.

Arti rohaninya mirip dengan air yang di bawah dan air yang di atas Kej 1:7. Air yang di bawah ialah air dari dunia ini dan air yang dari atas adalah air dari Surga, sejahtera dan sukacita pekerjaan Roh Kudus dari Surga Yoh 4:13-14. Dalam kesukaran, air yang di bawahpun sulit dicari.

Keadaan pada masa kepicikan Yacob dan masa aniaya Antikris untuk orang2 yang tertinggal itu sangat dahsyat. Hanya ada penderitaan, sengsara, malapetaka, sama sekali tidak ada penghiburan dan kekuatan. Akhirnya semua mati, baik Israel jasmani juga Israel rohani yang tertinggal. Ini betul2 masa yang sangat dahsyat dan belum pernah terjadi dan tidak akan terjadi lagi Mat 24:21, Dan 12:1, Yoel 1:2,3, Yez 5:9. Sebab itu pada akhir zaman orang2 beriman harus bersedia. Bagi Israel tidak lagi ada pertolongan, sebab tidak mau bertobat, maka Allah tidak bisa berbuat apa2. Juga orang2 yang tertinggal, tidak ada kekuatan dan penghiburan dari Atas. Air dari bawahpun tidak cukup. Yang ada hanya penderitaan, sengsara dan malapetaka sampai akhirnya semua habis mati.

YESAYA 22:10 RUMAH-RUMAH DI YERUSALEM DIROBOHKAN

DAN ENGKAU MENGHITUNG RUMAH-RUMAH DI YERUSALEM, DAN RUMAH-RUMAHNYA ENGKAU ROBOHKAN UNTUK MEMPERKUAT TEMBOK

Keadaan yang sangat mengenaskan. Ada banyak sekali celah2 dalam pagar tembok sehingga musuh bisa masuk. Untuk mencegah, mereka merobohkan sebagian rumah untuk meneguhkan tembok, sebab tanpa ini, celah2 yang begitu banyak, kalau tidak dibetulkan bisa roboh semua dan semua akan binasa. Sebab itu sekalipun penting, rumah2nya sendiri dirobohkan, sesudah dihitung baik2, sebab jumlah yang adapun sudah sedikit dan itu mutlak masih dibutuhkan. Tetapi meskipun pengorbanan yang berlebih2 ini akhirnya mereka tetap dikalahkan dan dibinasakan sampai habis, baik orang2 yang tertinggal, juga orang Israel sampai hanya tinggal sisa2.

Semua pengorbanan dan cara tidak berguna, bahkan seperti orang2 Israel dalam sejarah di Masada, mereka bunuh diri supaya tidak dibunuh musuh, tetapi semua itu sia2 dan menjadi lebih celaka, masuk dalam jerat iblis, sebab orang bunuh diri itu masuk Neraka. Dalam keadaan yang sangat sulit ini, banyak orang nekad bunuh diri, padahal itu betul2 melawan hukum Allah. Orang yang dengan sengaja bunuh diri itu langsung masuk Neraka, sebab ini melawan Allah, dosa rangkap 5, bahkan lebih, yaitu:

1. Membunuh orang, sekalipun yang dibunuh adalah dirinya sendiri Wah 22:15.

2. Membinasakan rumah Allah yaitu tubuhnya sendiri 1Kor 3:16,27, 2Kor 6:16.

3. Tidak bertobat. Luk 13:3. Biasanya orang2 yang bunuh diri itu tidak ada kesempatan untuk bertobat, lebih2 karena memang mereka tidak mengerti dan tidak mau bertobat. Kalau ada kesempatan bertobat, mungkin masih bisa, tetapi itu mempermainkan Allah.

     Sebab orang berbuat dosa lalu sesudah berbuat minta ampun, itu jahat, mungkin tidak diampuni, kecuali orang yang tidak mengerti. Misalnya seorang rencana mau membunuh orang lalu sesudah ia membunuh ia akan minta ampun, ini dosa sengaja, tidak ada ampun Ibr 10:26. Begitu juga terhadap dirinya sendiri. Dalam zaman yang sulit, jumlah orang bunuh diri meningkat, apalagi dalam zaman Antikris, ini betul2 makin susah, tidak akan pernah ada waktu seperti ini dalam dunia ini.

4. Melawan rencana Allah 1Kor 6:19, Pkh 11:9b, sebab semua masa ditentukan Allah Pkh 3:2a. Orang bunuh diri itu melawan waktunya Allah.

5.  Melawan hak Allah, sebab mati hidup ditentukan Allah. 1Sam 2:6. Jangan berani2 mempermainkan dan merampas hak Allah. 1Kor 10:22. (Lihat lebih lanjut dalam traktat atau buku bunuh diri dari majalah Tulang Elisa).

Jangan sampai tertipu oleh iblis dan kaki tangannya. Sebab hari2 ini keadaan makin susah. Orang yang sekarang mengerti Firman Tuhan lalu undur masih ingat akan pelajaran bunuh diri. Orang2 yang sudah kenal Tuhan, tetapi menghinakan Firman Tuhan, lalu undur, waktu masuk zaman Antikris, ia tidak punya pengertian yang betul tentang bunuh diri (Zaman Antikris tidak ada pelajaran Alkitab lagi, hanya sisa2 yang diingat orang2 beriman!).

Orang2 yang bodoh ini berani ikut bunuh diri, itu celaka dobel. Sudah mengalami sengsara Antikris sebab mau bertobat kembali, tetapi karena bodoh, ia bunuh diri dan langsung masuk neraka.  Bagi yang masuk zaman Antikris (bahkan sekarangpun tidak boleh bunuh diri) harus ingat bahwa tidak boleh bunuh diri, sebab banyak orang bodoh dan putus asa melakukan hal ini dan merkea masuk ke Neraka ini.

YESAYA 22:11 TIDAK MEMANDANG KEPADA PENCIPTANYA

ENGKAU JUGA MEMBUAT SUATU PARIT* DIANTARA KEDUA TEMBOK ITU, UNTUK AIR DARI KOLAM LAMA, TETAPI ENGKAU TIDAK MEMANDANG KEPADA YANG MEMBUATNYA, JUGA TIDAK MENGHORMATI DIA YANG MEMBENTUKNYA DARI DAHULU KALA.

Penderitaannya begitu dahsyat, mereka betul2 sangat menderita. Makanan sudah tidak ada, hanya airpun sulit, keadaannya sangat mengerikan jasmani dan rohani. Ini sudah terjadi waktu holocaust oleh Hittler dan akan terjadi lagi menurut nubuat2 Alkitab (Yer 30:7) bahkan lebih dahsyat, maha dahsyat, juga bagi orang2 yang tertinggal. Sebab itu bersedialah. Sudah begitu banyak dan sering Tuhan mengingatkan, wai bagi orang yang berani mengabaikannya.

Kolam lama. Cara2 lama, kuno, yang paling sederhanapun tidak bisa menolong, sekalipun mereka membuat hanya parit kecil diantara dua tembok (membuatnya ini sulit sekali) tetapi itu semua sia2. (dua saksi ini juga cerita tentang kolam lama, yaitu orang2 yang diurapi dengan cara lama (seperti dalam Wasiat Lama) tetapi tetap tidak berhasil).

Orang2 ini tidak berhasil dengan cara apapun, sebab mereka tidak memandang kepada Sang Pencipta, juga sama sekali tidak mau menghormatinya, terus melawan dan memberontak. Penderitaan di dunia sangat dahsyat, bahkan inilah puncak2nya, dan ini akan diteruskan dalam neraka yang jauh lebih dahsyat lagi untuk kekal. Di zaman Antikris masih ada dua Saksi dan masih ada akhirnya yaitu kalau orang2 itu mati (tetapi tidak boleh bunuh diri). Tetapi di Neraka sama sekali tidak ada yang menolong. Juga tidak ada lagi batas akhir penderitaan, sebab di Sana tidak ada kematian.

Percayalah akan Firman Tuhan dan taat. Kalau kita percaya dan taat, dalam ukuran duniapun tidak rugi, pasti lebih bahagia dan lebih untung dari semua orang dunia, apalagi ada tambahan yang maha besar dan kekal dalam kesukaan ilahi. Hormati Allah dan taat, pandang Dia dan sembah Dia, pasti tidak rugi.

KESIMPULAN

Ini masih tentang Minggu ke-70 Daniel, istimewa zaman Antikris, supaya kita mengerti baik2 betapa jahat dan kejinya, masa Antikris dan masa kepicikan Yakub ini. Kalau seorang mengerti pasti ia tidak mau hidup sembrono sampai terjebak ke dalam masa yang paling celaka ini.

Nyanyian: Berjagalah dan penuh Roh Kudus.