Share :  

YESAYA 22:12. PANGGILAN UNTUK MENANGIS DAN MERATAP

PADA HARI ITU TUHAN ALLAH SEGALA TENTARA MEMANGGIL UNTUK MENANGIS DAN MERATAP DAN PENGGUNDULAN DAN MENGENAKAN KAIN KABUNG

Kadang2 kita mendapat panggilan untuk makan, itu enak. Juga panggilan untuk bekerja, itupun baik, sebab kalau kita sungguh2 bekerja, pasti ada upahnya. Tetapi ini panggilan untuk menangis, meratap, penggundulan dan perkabungan ini suatu panggilan celaka. Dan panggilan ini tidak salah, sebab Allah tidak pernah salah.

Ini adalah masa dalam zaman Antikris, nasib dari Gereja dan orang2 beriman yang tertinggal.

MENANGIS DAN MERATAP

Masa2 yang betul2 untuk menangis, tidak ada kesukaan dan penghiburan sama sekali, hanya menderita dan menangis. Ini seperti Neraka, tempat tangisan dan kertak gigi Mat 22:13, hanya saja tidak ada apinya dan masih berada dalam tubuh manusiawi. Ini siksaan Neraka, baik dalam segi ekonomi, hukum, budaya, hak2 azasi dll. Juga tidak ada kekuatan atauperlengkapan rohani. Bapa, Putra dan Roh Kudus sudah meninggalkan dunia, dunia gelap sama sekali. Waktu Petrus ditangkap dan hendak dipancung, ia tinggal tenang dan tabah sebab Roh Kudus menguatkannya, Firman Tuhan limpah dalam hatinya. Tetapi pada masa ini tidak ada Firman maupun Roh Kudus. Persekutuan tubuh Kristuspun juga tidak ada, semua dihancurkan oleh Antikris.

PENGGUNDULAN. Betul2 gundul, tidak punya perlengkapan apapun, rohani atau apapun, tidak punya kekuatan apapun. Gereja2 yang tertinggal betul2 gundul dalam segala2nya. 

BERKABUNG. Ini masa yang amat dahsyat, umat Tuhan mengalami siksaan neraka dalam tubuh manusiawi.

Ini keadaan orang2 beriman yang tertinggal, suatu celaka besar, suatu panggilan untuk menangis dan meratap, penggundulan dan perkabungan.

Ini tentu bukan kebetulan dan tidak dibuat Tuhan sembarangan tetapi pasti ada sebabnya, ada perhitungan yang tepat dari Tuhan yaitu karena dosa2nya yang begitu dahsyat, yaitu keras hati, sekalipun sudah tahu bahwa itu dosa,tetap tidak mau bertobat. Inilah orang2 yang diserahkan ke dalam tangan iblis sebab di dalam tangan Tuhan, mereka tetap keras hati, tidak lagi mau bertobat.

Seperti orang2 Korintus yang berbuat dosa lebih jahat dan lebih keji daripada orang kafir 1Kor 5:1-4, sebab itu oleh Paulus, akhirnya mereka diserahkan dalam tangan iblis untuk dibinasakan tubuhnya, sebab diharapkan masih ada diantara mereka yang mau bertobat supaya jiwanya selamat.

1Korintus 5:5 menyerahkan orang semacam itu kepada iblis untuk dibinasakan dagingnya, agar rohnya dapat diselamatkan pada hari Tuhan Yesus. (KJI)

Inilah prinsip zaman Antikris. Bukan sebab Antikris dan iblis menang, tetapi sebab mereka dibiarkan menang dengan dahsyat bahkan menang penuh untuk menghancurkan orang2 yang tertinggal dengan cara yang paling dahsyat, tetapi ini justru menjadi kesempatan yang terakhir bagi mereka,supaya kalau ada diantara mereka yang mau bertobat, masih bisa selamat, sekalipun dengan gundul dan tidak mendapat apa2, sekedar selamat1Kor 5:13. Betul2 semua dibakar habis dalam zaman Antikris, sehingga yang bertobat hanya bisa sekedar selamat tetapi itu adalah keuntungan yang sangat besar dan sangat mulia bagi orang2 yang keras hati yang masih mau bertobat pada kesempatan terakhir ini.

Yang selamat pindah dari neraka ke Surga, sekalipun gundul tetapi ini luar biasa, untung besar. Inilah kasih Allah yang tidak ingin seorangpun binasa, sebisa2nya semua selamat 2Pet 3:9 asal mau bertobat sungguh dalam sengsara yang top ini.

Inilah sudah panggilan untuk menangis,meratap, peenggundulan dan perkabungan oleh Hakim yang adil itu karena dosa2 dan kekerasan hati orang Israel.

Tingkatan keras hati yang sangat, baru  bisa dihancurkan oleh sengsara yang dahsyat. Kalau tingkat keras hatinya hanya sedikit, cukup dengan hajaran sedikit. Tuhan tahu dosis yang tepat untuk melepaskan orang2 ini dari ikatan dosanya yaitu orang2 yang sudah diketahui Tuhan lebih dahulu bahwa mereka masih mau bertobat kalau dihajar. Kalau tidak mau bertobat, percuma dihajar, bahkan tidak dihajar sama sekali, sebab sekalipun mati dengan tertawa dan megah, toh akhirnya masuk Neraka kekal, dan disini hukumannya lengkap dan adil Maz 73:4 (3-9).

YESAYA 22:13-14. AKHIR DARI ORANG YANG BERSENANG2 DALAM DOSA

YESAYA 22:13. PESTA ANTIKRIS

LIHATLAH, SUKACITA DAN KEGIRANGAN MENYEMBELIH SAPI DAN MEMBUNUH DOMBA, MAKAN DAGING DAN MINUM ANGGUR. MARILAH KITA MAKAN MINUM SEBAB BESOK KITA MATI

Ini semboyan orang yang keras hati dalam dosa, sebab mereka mau bersukacita dalam dosa selagi hidup, sampai mati 1Kor 15:32. Ini orang2 yang tidak percaya kebangkitan atau tidak peduli dan tidak mau tahu tentang kebangkitan dan pengadilan Allah. Bagi orang2 ini, yang penting sekarang mereka bersukacita menuruti dan memuaskan kedagingannya, kalau mati selesai, habis, tidak peduli apa yang akan terjadi. Sebab itu mereka berbuat dosa2 sesuka hatinya, tanpa batas, tanpa perhitungan, sehingga menjadi sangat keji.

Orang2 yang dosa2nya keji2 ini, akan masuk dalam pesta Antikris, menjadi makanan bagi pesta Antikris. Iblis, Antikris, nabi palsu dan semua algojo dari neraka, mereka masuk dalam dunia untuk berpesta, tetapi bukan berpesta secara jasmani tetapi pesta neraka. Bukan dengan makan minum dan rekreasi seperti manusia, sebab mereka adalah roh2 jahat (tidak mempunyai tubuh manusiawi), tetapi maka berpesta seperti di Neraka yaitu dengan menyiksa orang2 yang tertinggal yang masih hidup. Ini neraka bagi orang2 yang tertinggal, yang masih hidup, tetapi sudah tersiksa seperti di Neraka oleh algojo2 yang kejam dan jahat, tetapi tanpa api. Orang beriman yang tertinggal, tetapiyang mau bertobat kembali akan dianiaya sampai mati.

Ini bagi Antikris dkk seperti berpesta dengan menyembelih sapi dan domba lalu dimakan dagingnya dan minum anggurnya, bersuka2 menyiksa orang Kristen yang tertinggal dan sampai mereka mabuk (minum anggur kesukaan dosa) yaitu menganiaya dan menyiksa manusia sampai mati, sukacita sampai mabuk, habis2an. Jangan sampai kita tertipu dengan cara hidup mabuk kesukaan dosa yaitufalsafah daging yang membinasakan ini. Orang2 seperti ini akan limpah dengan dosa dan menjadi bahan pesta bagi Antikris dkk.Justru orang beriman harus pikul salib, hidup dalam kesucian, itu akan menjadi sumber sukacita sekarang di dalam hatinya Mat 11:30, Pil 4:4 dan akhirnya akan menjadi mahkota dalam Surga yang kekal Rom 8:17,18

YESAYA 22:14. DAN ITU DINYATAKAN DALAM TELINGA SAYA OLEH TUHAN BALA TENTARA; KESALAHAN INI PASTI TIDAK DAPAT DIBERSIHKAN DARIPADAMU SAMPAI ENGKAU MATI, KATA TUHAN BALA TENTARA

Yesaya mendapat pengertian ini dari Tuhan. Juga kita, kalau kita lekat dengan Tuhan, Roh Kudus bisa memberi pengertian ini (dan pengertianFirman Tuhan lainnya) kepada kita Yoh 16:13, 1Kor 2:10. Tetapi orang2 yang hidup dalam dosa, tidak bisa mengerti Mrk 4:11, sekalipun pengertian sederhana,  sebab matanya sudah buta dengan segala perkara2 yang fana dan sukacita dosa sesaat Ibr 11:25, dibutakan oleh penghulu dunia ini 2Kor 4:4.

Ini kesalahan yang dahsyat yang tidak dapat dibersihkan sampai mati. Mengapa? Sebab orang yang hidup dalam dosa (segala dosa) dan tertinggal, akan dianiaya Antikris sampai mati, apalagi kalau ia kembali bertobat Wah 13:7. Ini akibat dari keras hati dan akhirnya sesudah tertinggal, mereka tetap keras hati tidak mau bertobat, maka mereka akan cepat tumbuh dalam dosa sebab keras hati dan kena hukuman Allah dalam zaman Antikris; sekalipun dihukum Allah langsung, orang2 ini tetap tidak bisa bertobat Wah 9:20-21; 16:9,11,21.

Jadi ada dua macam orang beriman yang tertinggal dalam zaman Antikris:

1). Mereka yang masih bisa bertobat, akan dianiaya Antikris dkk dengan sengsara sampai mati, kalau mereka mau bertahan, mereka akan selamat.

2). Kelompok yang lain sekalipun dianiaya sampai mati tetap tidak mau bertobat lagi. Ini orang2 yang ikut Antikris, mula2 mereka bersukacita dengan Antikris sebab undur, murtad, ikut bersukacita dalam dosa dengan Antikris 1Yoh 2:18-19. Mereka  mengkhianati saudara2 seiman yang bertobat. Mula2 mereka senang ber-sama2 Antikris (menjadi pengikut Antikris), mereka bersukacita dengan kesukaan dalam dosa dan juga ikut menganiaya saudara2nya seperti Yudas yang menyerahkan Putra manusia Yesus. Tetapi sesudah orang2 yang mau bertobat ini mati, gilirannya mereka yang dianiaya sampai mati, sekalipun mereka sudah berkhianat dari Tuhan dan masuk golongan Antikris. Tetapi mereka tetap tidak mau bertobat dan masuk neraka. Kalau dosa sudah sampai keras hati (Ibr 3:13,15, sudah tahu, tetap terus berdosa), itu berbahaya, sebab iblis akan masuk sehingga timbul dosa dalam roh setan dan lama2 dikuasai penuh seperti Yudas (Luk 21:3), lalu dengan dosa dalam roh setan, mereka cepat tumbuh sampai dosa sempurna dan tingkatan ini tidak lagi bisa bertobat.

                                                                             

YESAYA 22:15-19. SHEBNA MEMBUAT KUBURANNYA SENDIRI

YESAYA 22:15. DEMIKIANLAH KATA TUHAN BALA TENTARA, PERGILAH, PERBAIKILAH KEPADA BENDAHARA, KEPADA SHEBNA, PEMERINTAH RUMAH (ISTANA) ITU DAN KATAKANLAH

SHEBNA adalah salah satu dari orang penting dalam istana yang disuruh oleh Hizkia  menghadapi Rabsaki, panglimaraja Asyur 2Raj 18:18-37. Ia mempunyai kedudukan dan kuasa yang tinggi dalam istana. Tetapi Firman Tuhan mengatakan tentang hal2 celaka baginya, tentang kejatuhan dan penawanannya. Selain ini berlaku baginya secara pribadi, ini juga berlaku pada orang2 yang serupa, yaituyang tampaknya berkedudukan tinggi dalam pekerjaan Tuhan, tetapi ternyata Tuhan berfirman baginya hal2 yang celaka seperti Achab 1Raj 22:8, orang Parisi Mat 23. Lebih2 waktu pengangkatan mereka akan tertinggal dan mengalami hal2 yang mengalami aniaya yang dahsyat dalam zaman Antikris.

Tuhan tidak pernah keliru mengizinkan celaka datang sebagai hukuman. Sebab itu jangan mencari kedudukan dan kehormatan di hadapan manusia, itu semua sia2. Rom 2:19.

Orang yang membesarkan diri kalau tidak bertobat sungguh2, maka upah dosanya itu dahsyat yaitu maut. Dosa selalu membawa perkara2 yang jahat dan celaka, yang akhirnya menjadi maut Rom 6:23. Semua dosa akibatnya pasticelaka. Apalagi kalau orangnya masuk zaman Antikris, lebih dahsyat akibatnya. Tentu Shebna belum masuk zaman Antikris tetapi tetap celaka akibat dosa2nya.

YESAYA 22:16 SHEBNA MEMBUAT KUBURANNYA SENDIRI

APA YANG ADA PADAMU DISINI DAN SIAPA YANG ADA PADAMU DISINI, SEHINGGA ENGKAU MEMAHAT SEBUAH KUBUR BAGIMU DISINI SEPERTI ORANG YANG MEMAHAT SEBUAH KUBURAN DI TEMPAT TINGGI DAN YANG MEMAHAT SEBUAH TEMPAT TINGGAL BAGINYA SENDIRI DI BUKIT BATU?

Shebna memahat sebuah tempat tinggal baginya sendiri di bukit batu, di tempat tinggi. Apa yang dibuat oleh Shebna itu mengakibatkan celaka besar bagi dirinya sendiri. Rencananya adalah membuat sebuah rumah yang indah, artistik dalam bukit batu yangditinggi, tetapi Tuhan mengatakan bahwa ia membangun kuburannya sendiri. Dari luar tampak baik, hebat dan megah, tetapi di hadapan Tuhan terlalu jahat dan keji. Begitulah orang yang ingin membangun kedudukannya, kerajaannya sendiri, namanya sendiri itu membangun hubungannya sendiri.Apa yang ada padamu disini? Seringkali karena punya uang, kedudukan, kepintaran, kemasyuran dll, lalu orang2 ini mau membangun hidupnya dengan kemegahan sepertiistana menurut kehendaknya sendiri, di luar kehendak Tuhan. Kita harus sadar, bahwa semua yang ada pada kita itu dari Tuhan1Kor 4:7, jangan semaunya sendiri, tanya Tuhan, lakukan kehendak Tuhan.Bahkan Tuhan tanya siapa yang ada padamu disini? Siapa yang mempengaruhi dan mendorong engkau, siapa yang membackingi engkau sehingga berani bertindak semaumu sendiri bahkan dengan jahat?  Jangan sombong dan membangun kedudukan atau kerajaannya sendiri di tempat2 yang tinggi. Jangan mengangkat diri sendiri dan menetapkan di tempat yang tinggi2. Kita justru harus menjadi hamba, bukan tuan Mat 20:26-28.. Bangunkan kerajaan Allah, lakukan kehendakNya, permuliakan nama Allah sehingga kita berkenan kepadaNya, maka Tuhan sendiri yang akan mengangkat kita. Kalau bukan Tuhan yang mengangkat itu sia2 Maz 127:1. Kalau Tuhan yang mengangkat, baru teguh, indah dan dijamin oleh Tuhan, dan tidak akan runtuh, sebab Tuhan yang menjamin; tetapi kita harus tetap rendah hati, tetap melakukan kehendak Allah dan membangunkan kerajaanNya, bukan nama kita sendiri, maka Tuhan akan membangunkan rumah kita di Surga Yoh 14:2.

Orang yang mengangkat dirinya sendiri akan rontok pada waktunya, apalagi kalau dibangun dengan sombong dan dengan dosa2 lainnya, maka hukuman Tuhan sudah di muka pintu Yak 5:9, sewaktu2 bisa masuk, kena dan binasa.  Tuhan langsung mengatakan bahwa Shebna akan membangun kuburannya sendiri dengan kata lain akan celaka dan binasa.Jangan mengangkat diri, meninggikan diri dan bermegah2, bersukacita di luar Tuhan. Untuk bisa mengangkat dirinya sendiri, biasanya ia membutuhkan banyak perkara2 yang fana dan seringkali harus menghalalkan banyak dosa. Kita hanya bisa menjadi indah, bersukacita dengan betul di dalam Tuhan Pil 4:4. Di luar Tuhan, semua kemegahan dan sukacita itu tercampur dengan dosa, bahkan bisa terjerumus lebih dalam, dalam bermacam2 dosa yang lebih keji.(sombong, duniawi, berhala2 dll) sehingga membuat kuburannya sendiri.

Kuncinya, jangan bangunkan "kuburan" di tempat tinggi tetapi bangunkan Rumah yang kekal di Surga mulia bersama2 dengan Tuhan Tuhan Yoh 14:2, 2Kor 5:1. Kalau kita hidup dipimpin Roh, melakukan kehendak Bapa, sehingga berkenan kepada Tuhan, apalagi kita tumbuh makin suci makin seperti Kristus dan banyak kemuliaan dari jiwa2 yang dimenangkan/ dilayani Pil 4:1, 1Tes 2:19 itu akan membuat rumah kita yang di Surga makin mulia, juga di dunia kita terpelihara dan makin indah.

Lazarus tidak punya rumah di dunia, tetapi di Surga ia mempunyai rumah seperti Abraham dan ini kekal dan sangat mulia.

YESAYA 22:17 SHEBNA AKAN TERTANGKAP DAN TERTAWAN

LIHATLAH TUHAN AKAN MEMBAWA ENGKAU PERGI DENGAN SUATU PENAWANAN YANG KUAT DAN PASTI AKAN MELINGKUPI ENGKAU

Kemanapun seorang berdosa lari, pasti ia akan kena, hukuman akan mengejarnya, bahkan Hakim sudah berdiri di muka pintu Yak 5:9. Kalau kita berkenan pada Tuhan, maka berkat Tuhan akan mengejar kita, akan sampai kepada kita Ul 28:2. Allah itu adil dan berkat atau hukumanNya itu juga akan datang pada orang yang sesuai pada waktu yang tepat. Sebab itu kita harus hidup berkenan pada Dia, Kol 1:10; apalagi di akhir zaman, dimana dosa dan kesucian sama2 meningkat. Apa yang kita pilih  akan menghasilkan akibat yang sesuai Gal 6:7-8. Orang yang tumbuh dalam kesucian maka ia akan makin indah dan diberkati Tuhan, tetapi yang tumbuh dalam dosa, hidupnya akan makin parah, pahit dan rohaninya akan rusak.

Allah itu adil, yang celaka itu orang yang tepat, sesuai dengan penaburannya. Yang menabur akan menuai yang sama, dst. Tetapi dalam dunia kita melihat yang lain, campuran! Ini yang sering kita dapatkan. Sekalipun Allah adil dan maha kuasa tetapi tidak semua orang berdosa menderita, sebagian ada yang tertawa dan bersukacita dan sampai matinya mereka tidak mengenal perkara2 yang membatasi mereka Maz 73:4 (3-15). Orang2 benar justru ada yang menderita seperti Yusuf, Ayub, Stefanus, Paulus, Petrus dll.

Lalu dimana keadilan Allah? Semua tetap dalam tangan Allah yang adil, tetapi ada pengecualiaan pengolahan dan ujian bagi orang beriman dan kesukaan sesaat dari orang berdosa. Sebab itu dalam dunia nasib itu kadang2 sulit kalau dilihat hanya dari luarnya saja, se-olah2 Allah tidak adil Hab 3. Tetapi sesudah mati, dalam Surga dan neraka, disini betul2 100% murni. Orang berdosa hanya menderita melulu, sama sekali tidak ada lagi kesukaan dosa yang sesaat. Dan orang2 benar dalam Surga hanya semangat dan sukacita melulu, tidak ada sedikitpun sengsara dan penderitaan lagi. Kita harus mengerti hal ini baik2, supaya jangan keliru mengambil kesimpulan dan jangan ditipu oleh iblis dan dalam pandangan dari luar dari orang2 di dunia ini.

YESAYA 22:18 DIPERMAINKAN SEPERTI BOLA

DENGAN KEKERASAN IA PASTI AKAN MENJUNGKIRKAN DAN MELEMPARKAN ENGKAU SEPERTI BOLA, KEPADA SUATU NEGERI YANG LUAS.

DI SANA ENGKAU AKAN MATI DAN RATA KEMULIAANMU AKAN MEMPERMALUKAN RUMAH TUANMU.

Begitu celaka nasib Shebna ini, tentu karena banyak dosanya. Ia dipercayai kedudukan yang tinggi tetapi menyalagunakannya.

Ia diperlakukan dengan kasar dan seenaknya oleh musuh (tidak adil) seperti bola yang ditendang ke sana sini dalam suatu tempat yang luas (tempat yang luas ini adalah seluruh dunia yang waktu ini dikuasai oleh Antikris yang menguasai seluruh dunia, tempat yang luas ini).

Kadang2 orang mengalami hal2 yang tidak adil dan tidak enak dan perlakuan keras, kasar oleh musuh2nya dengan seenaknya. Itu tidak kebetulan bagi orang2 beriman. Yer 15:2. Ada sebab2nya, sebab Allah tidak pernah keliru mengizinkan setiap perkara terjadi pada anak2Nya. Mat 10:30. Allah menguasai semuanya.

Dalam dunia sering kita melihat orang2 menjadi korban dari banyak ketidakadilan, banyak celaka yang seolah2 makan korban seenaknya. Kalau kita mengalami hal2 yang tidak adil dan tidak enak. Periksa diri, kalau kita tidak salah berdoalah. Jangan bereaksi dosa dengan marah, dendam, benci dll, tetapi tetap dalam kesucian, itu berarti tetap di pihak Allah, maka semua itu akan berubah menjadi kebaikan bagi kita. Rom 8:28. (Ada orang tanpa salah diPHK, tetapi ia bersyukur dan justru sesudah ia berusaha sendiri, Tuhan memberkati sangat limpah Rom 8:28).

Jangan bereaksi dosa = tetap di pihak Tuhan, maka sekalipun dijungkir balikkan seperti bola yang bisa dipermainkan seenaknya, juga seperti Ayub, sampai isterinya marah2 dan bersumpah serapah, tetapi Ayub tetap mempermuliakan Tuhan. Akhirnya Ayub diberkati dua kali ganda. Ingat, Allah kita menguasai seluruh dunia, termasuk orang2 jahat dan yang keji2 itu, dan tangannya tidak akan sampai pada kita kalau tidak diizinkan Allah. Sebab itu tetaplah tinggal di pihak Allah (artinya tetap benar, suci, tidak bereaksi dosa,  tidak bersungut2 atau dendam = dosa), maka Tuhan akan bekerja dan membalikkan semuanya menjadi faedah bagi anak2Nya yang lulus ujian, tetapi yang gagal, yang jatuh dalam dosa akan makin pahit dan celaka.

DI SANA ENGKAU AKAN MATI

Nubuatan ini sama seperti nubuatan2 tentang zaman Antikris. Sekalipun Shebna belum mengalami zaman Antikris, ia tetap celaka sampai mati seperti zaman Antikris akibat dari dosa2nya.

Kalau seorang yang mengalami hal2 yang tidak enak sebab dosa2nya dan tidak bertobat, itu semua akan makin menghancurkannya menjadi celaka besar.

Tetapi Yunus untung sebab ia bertobat, kalau tidak ia akan hancur dalam perut ikan dan keluar menjadi tahi ikan. Sebab Yunus bertobat, sekalipun menderita dan semua barangnya hilang, ia masih hidup dan mendapat kesempatan kembali untuk melayani Tuhan.

Orang yang diperlakukan seenaknya oleh musuhnya seperti bola, harus periksa diri, pasti ada sebabnya dan kalau bertobat, masih bisa ditolong seperti Yunus!

Tentang Shebna tidak banyak diceritakan, tidak jelas salahnya, tetapi Allah tidak pernah salah. Periksa diri, bereskan semua dosa yang ada, rendahkan diri, jangan terus keras hati, kalau masih hidup masih ada kesempatan asal bertobat.

RATA KEMULIAANMU AKAN MEMPERMALUKAN RUMAH TUANMU

Tidak ada keterangan lain tentang Shebna, tetapi Shebna punya rata kemuliaan, suatu tingkat atau kedudukan yang tinggi. Tetapi dari ayat2 ini tampak bahwa kedudukan Shebna yang mulia itu karena dosa dan kesalahan2nya justru mempermalukan tuannya.

Orang yang sudah dipercayai kedudukan dan hal2 besar harus hati2, jangan justru hidupnya menjadi jahat di hadapan Tuhan seperti Saul. Sesudah menjadi raja dan kedudukannya tinggi, ia tidak hidup benar di hadapan Allah dan mempermalukan Tuhan Allahnya.

YESAYA 22:19 SHEBNA DIRENDAHKAN

AKU AKAN MENGELUARKAN ENGKAU DARI TEMPAT MU DAN DARI KEDUDUKANMU DAN IA AKAN MENURUNKAN ENGKAU

Ini orang2 yang tampaknya seolah2 mulia dalam pekerjaan Tuhan, tetapi waktu masuk dalam zaman Antikris akan tampak bahwa segala kemuliaannya itu sia2, hanya mempermalukan nama Tuhan. Belum tentu orang yang besar atau kecil sekarang ini juga besar atau kecil di hadapan Tuhan. Orang Parisi yang besar dalam pandangan umum hanyalah seperti kubur yang kotor. Mat 28:27 dan tidak masuk dalam Surga Mat 7:21-23. Biar kita berusaha sungguh2 menghadapkan diri kita benar dan suci di hadapan Tuhan 2Tim 2:15, jangan sampai segala kemuliaan yang se-olah2 ada pada kita itu ternyata hina. Tetapi sekalipun tampak biasa atau hina, sesungguhnya mulia di hadapan Allah seperti Lazarus (yang meskipun tidak melakukan hal2 besar di dunia) tetapi mulia di Surga untuk kekal.

Nyanyian:

Tuhan ku mau menyenangkan-Mu