Share :  

TENTANG TIRUS DAN SIDON

Ini dua kota yang amat jahat yang oleh Tuhan Yesus disamakan seperti Sodom (Gomora), yang akan dihukum dengan dahsyat pada akhirnya Mat 11:21-22, Luk 10:13-14. Tetapi heran Tuhan Yesus juga melawat kesini Mat 15:21 dan menyembuhkan anak seorang perempuan kafir dari sini; juga banyak orang2 dari Tirus dan Sidon datang ke Kanaan mendengar dan minta kesembuhan dari Tuhan Yesus dan pasti mereka juga mendapatkan.

Jelas sekali ini bukan negeri orang beriman, tetapi orang kafir Mat 15:24,27. Ini salah satu tanda bahwa Allah tetap mencintai semua bangsa, sekalipun orang kafir kalau mau percaya akan selamat. Bahkan waktu Elia, Tuhan mencari orang yang bisa percaya akan Tuhan untuk memelihara hambaNya (nabi Elia), tidak ada di Israel, sehingga terpaksa Elia diutus ke janda Sarfat di negeri Sidon Luk 4:26. Tirus dan Sidon menceritakan negeri atau orang kafir yang jahat, tetapi tetap ada diantaranya yang bertobat dan percaya pada Tuhan Yesus dan mereka selamat.

TIRUS kota pelabuhan di Fenisia di Laut Tengah, terkenal karena kaya, pelaut yang berani tetapi jahat. Tirus adalah kota koloni dari Sidon (pedagang2 Sidon datang ke sini: ayat 2), sebuah pulau berbatu2, 1Km dari pantai, tetapi kemudian sesudah menjadi kuat ia sendiri membuat koloni lain, misalnya  Khartago. Ia tidak bisa dikalahkan karena posisinya, tetapi Aleksander Agung menambak laut sampai ke Tirus dan mengalahkannya.

SIDON ibu kota Fenisia, sebagian ciri2nya sama dengan Tirus.

Izebel adalah anak raja Sidon 1Raj 16:31.

KUNCI PENAFSIRAN

1. Tirus dan Sidon disamakan dengan Sodom Gomora.

2. Tirus dan Sidon, ini sama dengan Babil dalam Wah 17-18 (lihat juga Yez 26,27,28!).

Pada akhir dari pasal ini (ayat 17,18) tampak bagaimana mereka pada akhirnya menjadi besar dan masyur dalam persundalannya, sehingga seluruh kerajaan di bumi bersundal dengan dia tetapi akhirnya ia dibinasakan dan segala barang2nya yang limpah diberikan Tuhan bagi orang2 yang hidup di hadapanNya.

Ini sama seperti sundal Babil dalam Wah 17:1-2 yang duduk di atas binatang Antikris dan dalam Wah 18 ia dibakar habis2an dan semua harta dan miliknya habis.

Jadi pasal ini lebih menjelaskan Wah 17,18 dari segi yang lain, melengkapi nubuat akhir zaman tentang dosa yang makin meningkat istimewa dalam Minggu ke-70 Daniel.

Sebab itu kita harus memperhatikan  nasib dari Tirus dan Sidon supaya jangan tertipu dan hanyut di dalamnya, sebab ini mempengaruhi seluruh dunia, seluruh dunia mabuk dengan anggur persundalannya. Kita harus tetap dipimpin Roh Kudus dan mentaati Firman Tuhan, tetap dalam kesucian dan jalan Tuhan maka kita bisa mengalahkan segala pekerjaan dosa dan banjir Tirus, Sidon atau Babil, luput dan masuk dalam kesempurnaan rencana Allah lalu ikut pengangkatan.

YESAYA 23:1 BEBAN TIRUS

Tuhan menguasai seluruh dunia, juga orang2 kafir, semua dalam tangan dan rencana Allah sesuai pilihan masing2 dan akhirnya akan dibawa dalam penamatan sejarah dunia ini. Tuhan sanggup menamatkan semua rencanaNya dalam dunia ini, baik terhadap orang2 yang jahat yang tidak mau bertobat dan orang2 yang percaya yang taat kepadaNya, Tuhan sanggup membawa mereka pada hukuman dan yang benar kepada kemuliaan, baik di dunia ini 2Pet 2:9 sampai masuk dalam tempatnya masing2 dalam kekekalan. Bahkan juga iblis dkk (dan orang2 jahat ini), semua akan dibinasakan dalam rencana Allah yang pasti akan digenapkan. Jangan kuatir dengan perkara2 yang dahsyat di akhir zaman, asal kita tetap berjalan dengan Allah dengan betul, taat dipimpin Roh, maka kita akan mendapat penuaian sesuai penaburan kita, masuk dalam rencana Allah yang mulia dan sempurna. Yang main2, akan jatuh dan hanyut dalam banjir dosa Tirus, Sidon dan iblis dalangnya yang begitu mempengaruhi dan menguasai seluruh dunia, seluruh dunia mabuk dalam anggur persundalan Babil.

MERATAPLAH** KAMU KAPAL2 TARSIS KARENA IA ITU SUDAH RUSAK, SEHINGGA TIADA LAGI RUMAH, TIDAK ADA TEMPAT MASUK*. DARI NEGERI KITHIM HAL INI SUDAH DINYATAKAN PADA MEREKA.

*) TL,NIV: HARBOUR, PELABUHAN

**) KJV: howl =  Wail, ayat 6 = 3213 = meratap

Komunikasi darat dan udara belum ada waktu ini, tetapi laut menjadi tempat komunikasi dan ini dikembangkan menjadi sangatcanggih.

Kapal Tarsis ini menghubungkan ke mana2. Ini alat komunikasi yang canggih.

TARSIS

Solaiman punya kapal2 Tarsis yang membawa banyak barang2 emas, perak, biji2 logam (Maz 48:7, Yes 60:9, Yez 27:25). 1Raj 10:22. Raja Yosafat meniru Solaiman tetapi gagal dan karam 1Raj 22:49, 2Taw 20:36.

Kota Tirus ini sudah rusak sampai2 rumah2 di daratpun rusak dan  pelabuhannya sudah tidak ada lagi.Disini Tuhan menghukumkan semua usaha2 di laut yang sangat maju ini. Tirus dan Sidon dihancurkan, ekonomi dan komunikasi dunia, istimewa dari Tirus, Sidon, orang2 dosa di seluruh dunia. Tirus dan Sidon itu seperti Babil yang pada akhirnya dibinasakan Tuhan, seperti dalam Wah 18.

Kithim. Terjemahan Modern KJ: Siprus. Rupa2nya Kithim ini kota pelabuhan di Siprus, sebelum sampai dari Tirus, disini mereka sudah tahu kehancuran Tirus, oleh sebab dosa2nya.Mereka semuanya tahu, karena komunikasi yang canggih di laut menghubungkan mereka semua. Berita kehancuran ini terjadi di mana2.

Umat Tuhan asal tetap dipimpin Roh tidak perlu takut, sebab (seperti dalam ayat kunci 17,18) Tuhan akan memeliharanya, justru yang suci makin suci, yang najis makin najis Wah 22:11. Kelompok yang tumbuh makin suci akan disempurnakan oleh Tuhan juga akan bertambah2 dengan pertolongan Tuhan yang limpah dan heran.

Beberapa kali sudah terjadi krisis ekonomi global sehingga orang2 banyak meraung2. Rumah2 sudah tiada, masuk pelabuhan juga tidak bisa, semua rusak, kekacauan di mana2 tetapi orang2 yang berharap Tuhan akan terpelihara dan tumbuh dalam rencana penamatan Tuhan.

YESAYA 23:2-3 PERDAGANGAN GLOBAL

YESAYA 23:2. DIAMLAH ENGKAU PENDUDUK PULAU*. ENGKAU DIPENUHI KEMBALI OLEH PEDAGANG2 DARI SIDON YANG MELEWATI LAUT

*) terjemahan Green, Modern KJ, NIV, Lama, Baru: Pesisir.

Tirus dipenuhi dengan orang2 atau pedagang2 dari Sidon dengan melewati laut.

Sidon itu cerdik, tetapi jahat, penuh dengan berhala2 baal; (Izebel adalah anak Et Baal, anak raja Sidon yang begitu cerdik tetapi jahat dan keji, tampaknya juga cantik sehingga menggiurkan Achab 1Raj 16:31, yang  meniru Salomo yang sudah jauh lebih dahulu kawin dengan putri raja Sidon 1Raj 11:1.

Akibatnya Salomo, Achab hancur hidup dan kerajaannya bahkan sampai dalam kekekalan dan rencana Allah dalam hidup mereka rusak sebab roh2 zinahnya dengan perempuan2 Sidon ini). Seringkali roh2 perzinaan dan ekonomi dicampur jadi satu untuk mengembangkan dan meluaskannya ke seluruh dunia.

Orang beriman yang ikut di dalamnya akan ikut hancur dan mati rohaninya. Sebab itu orang beriman harus disucikan bukan hanya di Gereja tetapi juga dalam pekerjaan sekuler, dalam pergaulan, pernikahan, tontonan, rekreasi dll. Jangan karena hal2 yang fana, rohani dikorbankan dan akhirnya keselamatan hilang. Mat 16:26. Akan datang waktunya Babil hancur dan kacau balau, rusak sekalipun tehnologi sangat tinggi seperti yang sekarang kita lihat, sebab dosa bertambah2 dan itu merusak banyak perkara, juga hal2 jasmani Pkh 9:18. Orang2 beriman yang diam atau berjalan di hadapan Tuhan (Yes 23:18, Kej 17:1) akan tetap terpelihara dengan kuasa dan hikmat Allah. Justru semua kelimpahan itu akan dipindahkan dan disediakan bagi Gereja akhir zaman yang akan masuk dalam kesempurnaan, apalagi waktu Gereja akhir zaman masuk dalam zaman keemasannya, semua berjalan dengan ajaib dan luar biasa!

YESAYA  23:3 DAN OLEH AIR YANG BESAR (T.L: LAUT) BIJI2AN SIHOR [YAITU] PANEN SUNGAI* ADALAH PENGHASILANNYA DAN IA ADALAH PERDAGANGAN ** DARI SEGALA BANGSA

*) Lama, Baru, Green, Darby: Nil.

**) Modern KJ, NIV, Green, Young, Darby, Lama, Baru: Pasar.

Air besar (juga dalam Wah 17:15), ini menceritakan tentang sarana komunikasi yang menghasilkan hubungan global sehingga timbul perdagangan global.

Perdagangan lewat laut di Tirus terus berkembang sampai di seluruh dunia, bahkan mereka menjadi pedagang2 dari segala bangsa, global.

Karena komunikasi yang maju (seperti zaman sekarang ini) maka seluruh dunia itu menjadi seperti satu negeri atau satu kota dan interaksi orang2 di seluruh dunia jadi mudah, lancar dan cepat.

Sihor adalah sungai Nil atau cabangnya 1Taw 13:5, Yus 13:3, Yer 2:18. Hasil panen dari sungai Mesir menjadi penghasilannya, diperdagangkan di Tirus oleh pedagang2 Sidon kepada seluruh bangsa. Perdagangan dunia menjadi begitu luas seperti yang diterangkan dalam Wah 18, karena ada komunikasi yang canggih.

Hubungan yang canggih ini bukan hanya dalam perdagangan, tetapi juga untuk segala bidang2 lainnya (sampai2 Salomo dan Achab juga masuk dalam hubungan pernikahan, berhala dan persekutuan2 lainnya).

Akibat komunikasi yang canggih dan global itu dahsyat, kita harus memperhatikannya. Cara hidup orang2 beriman jadi berubah karena pergaulan dengan segala macam bentuk kehidupan, lebih2 bentuk hidup duniawi, dosa dan kejahatan. Timbul macam2 bentuk hidup Kristen yang diencerkan dengan cara2 dunia dan kenajisannya. (Dahulu orang Kristen tidak nonton bioskop, sekarang sama pintarnya dengan orang dunia dalam TV, internet dll. Semua segi hidup kena akibatnya, lebih2 dalam pendidikan anak.

(Lihat buku pendidikan anak Bab I, IV. Bukan hanya kanak2, orang dewasa juga kena akibatnya, bahkan bisa lebih jahat. Dahulu kita lebih defensif. melindungi anak2 kita dari pengaruh2 jahat di sekitar, misalnya: tidak boleh nonton film, TV, pergaulan dan tempat2 yang jorok, tempat2 rekreasi yang tidak baik dll. Tetapi sekarang dosa dan kejahatan itu sudah membanjiri (atau seperti tsunami) di seluruh dunia, sehingga sulit untuk mencegah mereka bertemu hal2 jahat. Sebab itu kita perlu memberi fondasi Firman Tuhan, pekerjaan Roh Kudus dan sejahtera Allah dalam hidupnya, punya kesukaan Surgawi sehingga bisa menginjak2 madu duniaAms 27:7. Perlu penuh yang kesukaan dari Tuhan (Pil 4:4, Neh 8:11) dan kepuasan di dalam Tuhan.

Kalau hati atau rohnya kosong, lapar, tidak ada sejahtera, barang2 pahit dan racunpun dimakan. Pondasi rohani harus kuat (Mat 7:24- 28) supaya tahan serangan2 yang dahsyat, bahkan senjata rohani harus lengkap dan mahir menggunakannya supaya bisa menyerang iblis dan melepaskan tawanan2 iblis. Kita harus di pihak Allah dan melawan iblis dengan segala tipu daya dan serangan2nya mengusir setan, menyerang, invasif.

Yakobus 4:7-8

Karena itu serahkan dirimu kepada Allah. Lawanlah iblis, maka ia akan lari daripadamu. Dekatilah Allah, maka Ia akan mendekatimu. Bersihkanlah tanganmu, hai orang-orang berdosa dan sucikanlah hatimu, hai orang-orang yang pikirannya mendua. (KJI)

Kita harus bisa dan berani berkata: Tidak! pada iblis, dunia dalam segala godaannya dan mengusir iblis dan segala ajakan dan kaki tangannya dengan kuasa Allah dan Firman Tuhan (invasif) supaya anak2 dan kita semua menang atas segala serangan dan tantangannya.

Begitu banyak hal2 duniawi dan kenajisan dosa dipromosikan dalam komunikasi yang hebat ini. Ada dua ayat yang harus kita perhatikan untuk menghadapinya.

1)   Lari dari yang jahat.

Amsal 22:3

Orang bijaksana itu serta dilihatnya jahat, maka disembunyikannya dirinya, tetapi orang bodoh melangsung juga lalu kena. (TL)

Jangan mau diajak lihat2 atau coba2 atau hal2 dosa sekalipun manis. Lari daripadanya. Jangan icip2 anggur dunia (anggur lama) itu akan menawan dan mengikat sehingga tidak lagi mau anggur baru dari Tuhan, akhirnya terkat anggur lama, mabuk dan terseret dalam banjir dosa yang menenggelamkan.

2.   Kanak2 dalam kejahatan.

      1Korintus 14:20   

      Saudara-saudara jangan menjadi kanak-kanak dalam pengertianmu, melainkan jadilah kanak-kanak dalam kejahatan, tetapi dalam pengertian jadilah dewasa. (KJI)


      Tidak perlu tahu semua. Banyak orang terjebak karena ingin tahu, tahu lebih banyak lama2 ingin, terkat dan rusak! Belajar Firman Tuhan lebih banyak. Orang yang mentas dari perzinaan, tahu banyak tentang perzinaan, tidak perlu membagi2 pengalaman perzinaannya dengan orang yang belum tahu. Kesaksian pertobatan dari perzinaan jangan menyebar cara2 berzinah dan manisnya kesukaan dosa sesaat dari zinah, nanti merusakkan yang dengar, dipakai iblis! Sebab itu tidak perlu memuaskan semua keinginan tahu. Lebih baik kanak2 dalam kejahatan.

      Tirus dan Sidon akhirnya akan hancur, tetapi sekarang masih jaya, jangan umat Tuhan terseret di dalamnya sehingga binasa rohaninya karena dosa2nya!

YESAYA 23:4 SIDON HIDUP SEPERTI SUNDAL BABIL

HENDAKLAH ENGKAU MALU, O SIDON, SEBAB LAUT SUDAH BERKATA, BAHKAN KEKUATAN LAUTAN BERKATA, SAYA TIDAK SAKIT BERANAK, JUGA TIDAK MELAHIRKAN ANAK-ANAK. SAYA JUGA TIDAK MEMELIHARA TERUNA-TERUNA, JUGA TIDAK  MEMBESARKAN GADIS-GADIS

Sidon memang tidak menikah, tetapi menuruti hawa nafsunya menjadi perempuan sundal. Ini kehidupan perempuan sundal, tidak beranak, tidak memelihara dan membesarkan anak tetapi berzinah terus. Tidak mau kawin baik2 dan merawat anak, justru bersukaria dengan banyak laki2 lain, menuruti nafsu persundalannya.

Ini perbuatan sundal Babil yang salah, Tuhan menunjukkan jalan yang benar kepada Hawa supaya jangan menjadi sundal Babil atau putri Sidon yang penuh kekejian persundalan.

1Timotius 2:15 Tetapi ia akan diselamatkan dengan melahirkan anak-anak, jikalau ia bertekun di dalam iman, dan kasih, dan kekudusan serta menguasai dirinya. (KJI)

Hawa harus memelihara kesucian hidup nikah yang baik dan kemudian mendidik danmengasuh anaknya baik2 di dalam Tuhan supaya mereka menjadi orang2 yang berkenan kepada Tuhan. Kalau Hawa atau perempuan dan isteri2 mau hidup sedemikian, maka mereka tidak sampai ditipu oleh iblis dan dunia ini untuk menuruti nafsu2 daging yang hina menjadi sundal babil yang keji yang merusakkan seluruh dunia dengan anggur persundalannya dan satu kali kelak semua akan dibinasakan.

Perempuan:


 

 

 

 

 

 

 

 

Roh Persundalan pada akhir zaman ini membuat mabuk seluruh dunia, tetapi orang2 yang dipimpin Roh memelihara rumah tangganya dan mereka menikmati kesukaan dan bahagia dari Tuhan dalam hidup dan rumah tangganya. Putri Sidon bertobatlah seperti perempuan Samaria dalam Yoh 4, maka engkau akan selamat.

Kekuatannya di laut (lupa karena banyak air), kekuatan komunikasi ke seluruh dunia dan ini digenapkan hari2 ini. Di dalam Wasiat Baru inilah sundal Babil yang besar Wah 17:1-2,15. Ia juga duduk di atas air yang banyak, yang menceritakan komunikasi dengan seluruh umat manusia, sehingga dosa2nya menjalar dengan begitu cepat, mengglobal. Ia menggoda seluruh dunia dengan anggur perzinaannya, sehingga seluruh dunia mabuk dalam segala macam dosa2nya. Andilnya begitu dahsyat sampai di seluruh dunia karena kekuatan air = komunikasi yang canggih, sehingga dosa meningkat dengan cepat dan luar biasa dalam segala segi hidup di seluruh dunia. Wah 22:11.

Persundalan disini baik secara jasmani maupun secara rohani yaitu mencintai atau berzina dengan dunia ini Yak 4:4 sehingga hatinya tidak lagi ada kasih Bapa tetapi kasih akan segala isi dunia ini 1Yoh 2:15-16. Ini ikut serta meningkatkan dosa2 dalam dunia sampai pada puncak2nya dan menarik hukuman Allah turun ke dunia. Ini justru target setan supaya seluruh dunia makin najis dan dikuasai iblis seluruhnya untuk bersama2 melawan Allah. Ini juga menyeret dan menjatuhkan orang2 beriman yang tidak berjaga2 sehingga timbul kejatuhan yang besar di akhir zaman dalam zaman komunikasi yang canggih ini Wah 17:6, 1Tim 4:1, 2Tes 2:3.

Kita harus siap dengan pondasi rohani yang kuat dan suci dan lengkap dengan senjata Allah dan kesukaan, kepuasan di dalam Tuhan Neh 8:11.

YESAYA 23:5 LAPORAN TENTANG MESIR DAN TIRUS

SEPERTI LAPORAN TENTANG MESIR, BEGITULAH MEREKA AKAN SANGAT SAKIT HATINYA PADA WAKTU LAPORAN DARI TIRUS.

Ini laporan kerusakan yang membuat orang2 sangat sakit hatinya sebab dosa itu merajalela di mana. Mengapa sedih? Mula2 dosa menawarkan sukacita (sesaat, Ibr 11:25) dan banyak orang tertarik sebab cocok dengan selera kedagingannya. Tetapi sambungannya lain! Berapa banyak kesukaan mammon membuat penipuan dan korupsi dan ketidak jujuran, yang mengakibatkan banyak orang menderita. Sukacita perzinaan akhirnya mengakibatkan kerusakan rumah tangga, perkelahian, pengkhianatan dan pembunuhan yang mengakibatkan dukacita yang tidak terkatakan.

Dahulu perkara2 yang keji dalam Mesir tetapi sekarang menjalar dalam perdagangan di Tirus kepada segala bangsa, ke seluruh dunia, semua ikut dalam kenajisan dan kekejian2 dosa. Ini dosa2 yang mengglobal dan juga umat Tuhan yang tidak bertobat, suam2, tidak punya pondasi rohani, mereka juga ikut kena dan roboh. Betapa sedih hati Tuhan dan kita mendengar begitu banyak kejatuhan 2Tes 2:3, 1Tim 4:1.

YESAYA 23:6-7 INIKAH NEGERI KESUKAANMU?

YESAYA 23:6 PINDAHLAH KE TARSIS, MERATAPLAH ENGKAU PENDUDUK PULAU

(Pulau Tirus)

Dalam ayat 1 sudah diterangkan bahwa kapal2 Tarsis rusak (dahulu pernah membawa banyak barang2 untuk Salomo). Seperti Yunus juga mau lari ke Tarsis, tempat yang indah, daripada ke Niniwe Yun 1:3, tetapi akhirnya Yunus meraung2 dalam perut ikan. Karena bertobat sungguh2, ia masih dimuntahkan keluar dalam keadaan selamat tetapi setengah mati.

Juga zaman sekarang, di mana2 orang hendak pergi "ke Tarsis" seperti Yunus, dan membangun Tarsis, tempat yang indah dan menjanjikan, tetapi celaka makin banyak, bunuh diri, pembunuhan, pencurian, peperangan, kekerasan dll. Mereka pergi ke Tarsis, tetapi disitu ada kehancuran dankerusakan, makin banyak dan makin limpah. Dimana ada dosa, disitu ada neraka, sekalipun mereka membuat Tarsis atau Surga, kalau ada dosa, semuanya akan menjadi Neraka, apalagi dosanya begitu dahsyat seperti dosa iblis, yang bertambah2 terus, sampai di puncak2nya.

YESAYA 23:7 INIKAH KOTA KESUKAANMU YANG ANTIK SEJAK HARI2 PURBAKALA. KAKINYA SENDIRI AKAN MEMBAWANYA (PERGI) JAUH UNTUK MENUMPANG

Manusia sejak zaman purba punya kota atau tempat2 yang indah penuh sukacita, tetapi semua tempat2 itu tidak tahan oleh perkembangan dosa. Semua jadi rusak oleh dosa, sebab dosa itulah Neraka. Banyak orang tidak percaya, bahkan ada yang percaya bahwa kalau bisa menuruti hati, sekalipun banyak dosa tidak apa2, seolah2 dosa itu Surga; sebab itu mereka berdosa lebih banyak seperti Salomo, Herodes, Nero, Hitler, dll tetapi justru mereka masuk dalam penderitaan yang lebih dahsyat.

KAKINYA SENDIRI akan membawanya sampai jauh2. Apalagi dalam zaman komunikasi yang canggih ini, orang2 bisa pergi sampai jauh2 di negeri yang jauh dengan budaya yang berbeda, baru, tetapi apakah mereka menemukan sukacita dan merasa " di rumah"? Mereka hanya menumpang, tidak merasa seperti tinggal di rumah (home). Dosa menciptakan permulaan neraka. Tetapi di dalam kesucian ada permulaan Surga. Dunia yang penuh dengan dosaini hanya tempat yang penuh dengan air mata dan penderitaan (belaka). Kalau kita tidak bisa hidup dalam kesucian, maka dunia menjadi Neraka, tetapi kalau kita hidup dalam kesucian dengan Kristus, duniapun menjadi seperti Surga, mulai sekarang sampai betul2 masuk Surga sepenuh2nya Yoh 4:14. Dunia ini pintu gerbang dari Surga dan Neraka. Yang masuk dari pintu gerbang neraka (jalan lebar) akan terus menderita jiwanya dansampai akhirnya betul2 masuk Neraka, banyak orang salah pilih menuruti daging dan hawa nafsunya, dikira jalannya benar, sebab ada sukacita sesaat (Ibr 11:25), tetapi ternyata dalam kesukaan hatinya bersa sakit dan akhirnya Neraka kekal. Ams 14:12-13.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tetapi yang masuk pintu gerbang yang betul yaitu jalan sempit, bisa mengalami sejahtera dari Allah di tengah2 dunia yang jahat dan penuh penderitaan, tetap ada sejahtera dan sukacita dari Tuhan. Contoh Paulus dalam penderitaan yang sangat masih mengalami sukacita dari Tuhan dan menyanyi dengan gembira Kis 16:25 sampai kuasa Allah datang melawatnya, sehingga dengan ajaib dan sukacita ia keluar dari penjaraterpelihara sampai sepenuhnya masuk dalam Surga kekal. Yoh 4:14.

Nyanyian:

Surgalah rumahku yang amat ku rindu
Ke sana kutuju pandangan mataku
Tidak lama lagi ku tiba di Sana
O betapa senang untuk selamanya

Indah-indah tanpa air mata
Tanpa kesakitan, tanpa kematian
Dengan Tuhan Yesus dan s'mua orang suci
O betapa senang untuk selamanya