Share :  

YESAYA 23:8  PERDAGANGAN TIRUS YANG MAKMUR SIAPAKAH YANG MEMUTUSKAN INI MELAWAN TIRUS, KOTA MAHKOTA, YANG PEDAGANG2NYA ADALAH PENGHULU2NYA DAN PEMBELI2NYA* ADALAH ORANG YANG TERHORMAT DI BUMI* (KJV: Penyelundup).


Tirus disebut sebagai kota mahkota dalam perdangan yang makmur dan masyur, bahkan disini timbul perdagangan global, ia merajai segala perdagangan sampai kepada segala bangsa (ayat 3). Disini terdapat komunikasi global, baik dalam ekonomi, juga dalam semua segi lainnya. Pedagang2nya adalah penghulu2, sebab itu mereka mempunyai lebih banyak kesempatan untuk membuat perdagangannya berhasil.

Pembeli2nya (juga pedagang2, Darby: dealers), bahkan dalam KJV dikatakan mereka adalah trafficker, penyelundup. Tetapi orang2 ini jadi orang2 yang terhormat di bumi. Kita tidak tahu bagaimana definisi penyelundup zaman dahulu, hanya saja itu tidak halal, tetapi sebab mendatangkan untung, mereka tetap diperlakukan sebagai orang yang terhormat, karena uang! Di mana2 pembeli atau orang yang mendatangkan untung, diperlakukan terhormat. Mereka tidak lagi melihat orangnya tetapi uangnya sebab ini falsafah sukses dan kebahagiaan manusia yaitu uang, uang yang disembah, mammon. Seperti Hawa yang ditipu ular untuk mengambil buah larangan, sebab itu yang akan membawa bahagia, menjadi seperti Allah dan nikmat, tetapi hasilnya celaka. Begitu juga tipu daya iblis tentang uang, memberi janji2 bahagia dan kemuliaan. Tetapi cinta uang itu akar segala jenis kejahatan. 1Tim 6:9-10. Kalau uang jadi raja, berhala yang disembah, dosa akan makin meningkat.


Dua hal yang kita lihat disini yaitu:

1. Uang jadi ilah dan ini meratakan jalan pada akhir zaman untuk Antikris. Sebab roh mammon yang akan menjadi meterai atau cap Antikris.

2. Cinta uang itu akarnya segala dosa 1Tim 6:9-10 sehingga dosa meningkat luar biasa dalam segala segi. Ini menjadi ciri2 khas dalam akhir zaman apalagi dalam Minggu ke-70 Daniel. Wah 22:11.


Pada akhirnya Tuhan menjatuhkan hukumanNya atas Tirus. Tuhan adalah Hakim bumi yang adil 2Tim 4:1. Tidak ada orang yang bisa lolos dari hukumannya.

Hanya saja hukuman orang dunia itu tidak jatuh dengan segeranya Pkh 8:11, tetapi lambat sebab kasih dan kemurahan Allah, mereka masih diberi kesempatan. Berapa lama? Masing2 menurut keadaannya, tetapi jauh lebih lambat daripada orang beriman. Orang percaya itu anak2 Allah, dan waktu salah segera dihajar (bukan dihukum) supaya bertobat dan kembali dalam posisi orang benar di hadapan Allah. Ibr 12:6. Tetapi orang2 berdosa yang tidak mau bertobat diberi batas waktu dan kalau itu sudah habis, pasti hukuman Allah datang atasnya, apapun alasannya, sebab Allah adil.

Orang zaman Nuh diberi waktu 120 tahun, tetapi tidak bertobat. Niniwe 40 hari dan bertobat. Dosa orang akhir zaman terus meningkat dan dalam Minggu ke-70 Daniel, orang2 berdosa akhir zaman dihukum dengan dahsyat melalui 7 Meterai, 7 Sangkakala dan 7 Bokor murka Allah.


YESAYA 23:9. SEMUA YANG MULIA DUNIAWI DIRENDAHKAN.

TUHAN BALA TENTARA TELAH MENENTUKANNYA, UNTUK  MENCEMARKAN KEJEMAWAAN SEGALA YANG MULIA DAN MENGHINAKAN SEMUA YANG  TERHORMAT DI BUMI.


Hukuman untuk Tirus dan Sidon sudah ditentukan. Pengadilan Allah tidak rumit, sebab Dia Allah yang maha tahu dan maha adil. Bahkan selagi masih hidup, seringkali Hakim dengan vonis hukumannya sudah berdiri di muka pintu Yak 5:9, kalau orang itu tidak bertobat maka sesudah habis waktunya, hukuman langsung jatuh. Juga pada waktu mati, langsung vonis dibe-rikan Ibr 9:27 (proses pengadilan Allah selesai seketika itu juga) sehingga orang itu langsung dibawa ke Surga atau neraka, langsung pada detik ia mati dan hukuman tidak lagi bisa berubah.

Waktu seorang berdosa di dunia, kalau ia mau bertobat, nasibnya masih bisa berubah, tetapi pada waktu mati, sudah tidak bisa berubah, kecuali ia dibangkitkan lagi seperti Lazarus, anak Yairus dll.

Proses pengadilan Allah itu langsung, seketika selesai sebab Dia maha tahu, maha adil sehingga langsung vonis atau hukumannya sudah jadi.

Begitu pula pada hari pengangkatan, semua orang beriman dibagi dua, yang diangkat dan ditinggal, langsung ditentukan saat itu, seketika itu juga.

Di dalam Pesta Kawin Anak Domba dibagi2kan pahala pada semua yang masuk Surga dan itu juga terjadi dalam sekejab. Mereka yang tertinggal dan bertobat lalu menyusul masuk Surga tidak mempunyai pahala, hanya jubah putih dan daun palm. Wah 7:9.

Dalam perang Harmagedon, semua yang ada cap Antikris langsung mati dan baru bangkit pada Tahta Putih yang Besar; dan disini proses pengadilan juga terjadi dalam sekejab, semua dilempar dalam tasik api dan masing2 dengan jumlah hukumannya.

Semua yang besar di luar Tuhan, di dalam dunia itu selalu penuh dengan dosa dan kesombongan Luk 16:15, sebab di luar Tuhan semua diperbudak iblis dalam dosa,  lebih2 sesudah sukses dan menjadi besar, biasanya limpah dengan kesombongan karena menuruti daging dan dorongan iblis; sekalipun tampaknya rendah hati, tetapi diperhambakan iblis dalam kesombongan, semua yang meninggikan dirinya itu direndahkan Tuhan. Apalagi orang2 besar yang terhormat, yang menjadi besar dengan menghalalkan segala cara, semua akan menerima hukumannya masing2. Sebab itu jangan undur atau keluar dari Tuhan, sebab di luar Tuhan semua diperhambakan iblis, tidak ada keselamatan, semua keselamatan hanya di dalam Tuhan Maz 3:9.


YESAYA 23:10. NEGERI TARSIS SEPERTI SUNGAI.

LEWATI NEGERIMU SEPERTI SEBUAH SUNGAI. O PUTRI2  TARSIS, SEBAB KEKUATANNYA TIDAK ADA LAGI.


Tarsis negeri indah yang dituju Yunus dan juga Solaiman untuk mendapatkan harta begitu banyak dengan kapal2 Tarsis. Tetapi negeri ini diliputi air seperti sungai.

Secara jasmani zaman sekarang hal itu lebih mudah dibayangkan, seperti beberapa tempat, istimewa Bangkok dalam hari2 ini banjir berbulan2 seperti sungai yang besar.

Putri2 Tarsis, ini orang2 yang bisa menikmati paling banyak dari Tarsis tetapi sekarang mereka harus meninggalkan negerinya yang menjadi seperti sungai. Semua habis, kekuatannya habis dan tenggelam dalam air.

Tarsis menceritakan puncak dari proyek kenikmatan manusia. Baik dalam uang, kedudukan, kedagingan dll, semua ini sia2 dan lenyap.

Sekarang kekuatannya tidak ada lagi, habis, mereka meninggalkan negerinya yang bukan lagi menjadi tempat yang indah, sebab semuanya sudah hilang, habis, seperti sungai, tenggelam dalam air. Segala dosa dan kejahatan manusia yang bertambah2, akhirnya jadi sia2, tidak lagi sukacita tetapi celaka dan sengsara. Ini bisa terjadi dalam tiga tahap:

1. Waktu masih di dunia habis semua atau kena penyakit atau kena problem sehingga tidak bisa menikmati lagi hasilnya.

2. Waktu mati, mereka menderita dalam Neraka, sebab semua kekayaan dan kebesaran dunia tidak bisa dibawa.

3. Sesudah Pengadilan Tahta Putih yang Besar, semua dilempar dalam Tasik api dengan hukumannya yang dahsyat.

Ini diceritakan dalam Luk 16:25 seperti orang kaya yang seolah2 hidup di Tarsis lalu mati masuk Neraka dan kemudian akan masuk Tasik api.


YESAYA 23:11. KEHANCURAN TIRUS DAN SIDON.

IA MENGEDANGKAN TANGANNYA DI ATAS LAUT. IA MENGGONCANGKAN KERAJAAN2.


Sungai itu ternyata menjadi lebih luas menjadi laut sehingga semua tenggelam dan tidak bisa kembali lagi. Ini seperti kehancuran Babil dalam Wah 18:21-22. Yang seperti batu kisaran dilempar ke dalam laut dan tidak akan bisa muncul kembali.

Manusia berusaha membuat dunia menjadi kerajaan yang manis, nikmat, indah seperti Tarsis, semua serba nikmat dalam dosa yang tidak dibatasi. Tetapi ternyata waktu Tuhan menggoncangkannya, maka semuanya itu lenyap.

Secara pribadi, banyak orang sudah mengalaminya. Dalam Minggu ke-70 Daniel, semua orang berdosa akan kena hukuman dari Allah sehingga hancur. Tetapi dalam zaman Antikris mereka masih berusaha lagi mendirikan kerajaan Antikris, namun tangan Tuhan di atas lautan menghancurkan kerajaan Antikris, dan semuanya habis sama sekali dalam perang Harmagedon.

Sungai menjadi laut dan tangan Tuhan dikedangkan di atasnya meng-goncangkan kerajaannya dan semuanya lenyap, tidak mungkin kembali lagi, semua binasa untuk selama2nya. Janji2 iblis untuk membuat Surga di dunia itu sia2 dan kosong. Manusia sudah berusaha tetapi semua hasilnya akan dilenyapkan seperti Babil yang lenyap untuk selama2nya.


TUHAN TELAH MEMBERI PERINTAH MELAWAN KOTA PEDAGANG ITU*, UNTUK  MENGHANCURKAN  BENTENG2NYA.

*) KJV: Ibrani: Kanaan.


Kota pedagang yang makmur itu dibinasakan, juga segala benteng2nya. Antikris yang memerintahkan dunia juga dibinasakan sampai segala benteng2 pertahanannya.

Dalam bahasa Ibrani kota2 benteng itu berarti Kanaan. Kalau ada Kanaan dalam masa kemakmuran Tirus atau Antikris, itulah orang beriman yang tertinggal dan mereka juga dibinasakan; Gereja yang bertobat kembali akan dibinasakan Antikris, tetapi juga orang2 yang tertinggal yang memihak Antikris, akhirnya juga dibinasakan Antikris; Kalau toh ada sisanya, semua akan binasa dalam perang Harmagedon.


YESAYA 23:12. PUTRI SIDON TIDAK AKAN BERSUKACITA LAGI.

DAN IA BERKATA, ENGKAU TIDAK AKAN BERSUKACITA LAGI. O ENGKAU GADIS2 YANG TERTEKAN*, PUTRI SIDON.


Sidon dan Tirus tidak akan bisa bersukacita lagi. Mereka menderita seperti putri Sidon, gadis2 yang digagahi (TL, TB). (Jangan sampai tertipu oleh iblis; orang yang kehilangan kesucian bujangnya itu, kehilangan rencana Allah yang termulia baginya, sehingga hilang sejahtera. Kalau bertobat sungguh2 masih bisa disucikan kembali tetapi sudah cacat. Peliharalah kesucian (bujang dan nikah) dengan Firman Tuhan, Roh Kudus, persekutuan tubuh Kristus dan kesukaan dari Tuhan).

Semua orang mencari sukacita, kesenangan. Tetapi di luar Tuhan, itu hanya kesukaan dosa yang sesaat. Ibr 11:25. Memang orang dosa bisa tertawa lebih lama sebab tidak kena hajaran, karena baru terakhir dihukum Allah Maz 73:4, sehingga ada juga yang sampai mati masih bisa tertawa sekalipun hatinya merana Amos 14:12-13, Rom 3:17. Air di bawah (Kej 1:7) akan membuat mereka kembali haus bahkan tertekan menjadi lebih haus lagi sampai bunuh diri seperti Yudas. Sesudah Yudas sukses mendapat 30 keping perak, justru makin pahit hidupnya, tidak ada kesukaan dan akhirnya bunuh diri masuk Neraka. Hanya di dalam Kristus ada kesukaan dan kegirangan. Jangan percaya mulut iblis dan segala pikiran/ falsafah manusia, apalagi kalau sudah jelas2 melawan Firman Tuhan, tinggalkan, itu racun maut.

Orang dunia dengan mudah ditipu iblis dkk sehingga hampir2 semua orang dunia rusak oleh falsafah yang salah (dari iblis). Misalnya oleh uang, hampir semua orang diperhambakan oleh mammon dan dikuasai falsafah2 mammon.


BANGKITLAH DAN MENYEBERANG KE KITHIM. DISITU ENGKAU JUGA TIDAK MENDAPAT PERHENTIAN.

Putri Sidon bangkit dan menyeberang ke Khitim. Negerinya sudah menjadi seperti sungai bahkan seperti laut. Dari Khitim mereka sudah mendengar kehancuran Tirus dan Sidon, sehingga isi kapal Tarsis meraung2 Yes 23:1. Waktu itu di Khitim celaka itu belum sampai, baru beritanya. Lalu putri Sidon lari ke sana mengharapkan keadaan yang lebih baik, tidak seperti di negerinya sendiri. Tetapi di sana juga mereka tidak mendapat perhentian, melainkan juga menderita. Kerusakan yang mula2 belum sampai di Khitim, sekarang juga sampai di Khitim, sehingga orang2 Sidon yang lari ke sini juga celaka. Seluruh dunia kena.

Orang2 ingin membuat dunia menjadi suatu zaman baru yang indah dan mulia (di dalam dosa), tetapi itu hanya impian manusia dan tipu daya iblis. Aliran zaman baru ini merayap ke seluruh dunia sebab iblis dalangnya yang mendorong manusia supaya ingin membangun kerajaan yang kuat dipimpin iblis untuk melawan Allah.

Tetapi akhirnya semua kena. Seluruh bumi, bahkan iblis sudah dihukum dalam Abusos selama 1000 tahun, juga setan2 lainnya.

Allah menguasai seluruh dunia dan alam berzakh. Jangan percaya tipu daya iblis dan pikiran manusia yang sudah dibutakan oleh iblis. Semua akan binasa, sekalipun putri Sidon lari ke Khitim, disitu juga ia tidak akan mengalami perhentian, tetapi celaka dan kebinasaan. Semua di luar Kristus akhirnya akan masuk dalam kebinasaan kekal dalam Neraka lalu kemudian masuk ke dalam tasik api yang kekal.


YESAYA 23:13. NEGERI ORANG KASDIM JUGA RUNTUH.

LIHATLAH NEGERI ORANG KASDIM, PENDUDUKNYA TIDAK ADA [SAMPAI] ORANG2 ASYUR MEMBANGUNKAN UNTUK MEREKA YANG TINGGAL DI PADANG GURUN, MEREKA MENDIRIKAN MENARA2NYA, MEREKA MEMBANGUN ISTANA2NYA. IA MERUNTUHKANNYA.


Belsyazar adalah raja Kasdim yang dikalahkan, lalu Darius raja Medi dan Parsi menggantikannya. Dan 5:30. Memang Babil sangat megah waktu Nebukadnezar, tetapi kemudian runtuh, habis. Orang2 Asyur membangunkan untuk mereka yang tinggal di padang gurun, yang tidak punya apa2 disini.

Dan mereka membangun menara yang hebat2 dan istana2 yang sangat indah. Asyur ibu kotanya Niniwe, kota yang besar dan jaya (terkenal kejam). Ini semua negara2 manusiawi yang membangunkan dunia menjadi negeri2 yang besar dan indah. Kita akan keheran2an melihat macam2 menara dan istana2 yang indah dan nikmat. Tetapi akhirnya, semua diruntuhkan oleh Tuhan, sebab dosa2nya menarik hukuman Allah.


Di luar Tuhan, semua manusia adalah budak iblis yang terus tumbuh dalam dosa dan upah dosa itu maut. Jangan kagum dengan segala kemuliaan dan kebesaran dunia yang makin hebat bahkan dengan banyak menara2 (keamanan dalam segala segi, baik terhadap kejahatan, juga terhadap kesehatan, keuangan dll). Mereka juga membangun istana2 yang lezat dan sangat menyenangkan. Ini semua adalah usaha manusia di mana2, sebab dalam umurnya yang pendek (70- 80 tahun Maz 90:10) mereka ingin membangun menara2 keamanan dan istana2 kenikmatan di mana2. Mereka yang diluar Tuhan tidak peduli dengan dosa, lebih2 yang sudah kenal Tuhan tetapi tetap mengeraskan hati dalam dosa, mereka menghalalkan segala cara sehingga limpah dengan dosa, belum lagi dikuasai dan didorong iblis (yang umurnya bukan 70-80 tahun tetapi kekal) yang terus menerus mengumpulkan kekuatan dengan manusia (sebagai pendukungnya) untuk melawan Allah sebab ia mau merebut kekuasaanNya. Tetapi iblis adalah musuh yang sudah kalah dan tetap kalah untuk selamanya. Sebab itu orang2 yang mau dikendalikan iblis, yaitu anak2nya (1Yoh 3:10) juga akan dibinasakan. Semua akan diruntuhkan pada waktunya, sebab semua dosa2 yang meningkat tinggi menarik hukuman Allah dan mereka dihukum dan dibinasakan oleh Allah.

Di luar Tuhan tidak ada keselamatan dan bahagia, sebab itu jangan mengecilkan keselamatannya yang begitu besar Ibr 2:3. Percayalah akan Tuhan, jangan mencari bahagia, kesukaan dan keselamatan di luar Tuhan, semua sia2. Jangan dibutakan oleh iblis sehingga hanya merebut uang, kepujian, kenikmatan daging dan perkara2 yang fana, semua itu sia2. Ingat Salomo, Yudas dll semua akan sia2Pkh 1:14. Percayalah kepada Tuhan Yesus dan taat, Dia yang menjadi menara kita yang teguh dan istana bahkan Surga yang senang untuk kekal. Jangan mengejar semua ini di luar Tuhan, pasti limpah dosa dan dikuasai iblis yang akan menyeretnya ke Neraka. Tetapi kalau kita tinggal di dalam Tuhan, kita akan tinggal dalam istana Surgawi dan dalam menara Allah yang teguh, sekalipun hidupnya seperti Lazarus. Kalau perlu Tuhan bisa dan akan menambahi segala yang kita perlukan bahkan dengan limpah, seperti Yusuf dan Maria yang miskin tetapi tidak pernah kekurangan. 


KESIMPULAN

Era komunikasi global ini menggenapi nubuatan2 disini, tentang kehancuran Tirus dan Sidon. Dosa dunia akan sangat meningkat dan akhirnya menarik hukuman Allah yang dahsyat. Tetapi umat Tuhan yang bersedia, yang berjalan dalam Roh, penuh dengan Firman Tuhan yang terus taat dan menyembah Tuhan akan tahan, bahkan masuk dalam kemuliaan rencana Allah yang ajaib.

Tarsis akan menjadi keindahan dan kenikmatan, menara2 keamanan dalam segala segi dan istana2 yang indah, akan sampai pada puncak2nya di akhir zaman ini seperti Sodom Gomora tetapi semua akan dibinasakan Tuhan.

Jangan hanyut di dalamnya, pelihara hidup kesucian dan lakukan kehendak Allah supaya kita ikut dalam rencana Allah yang heran, mulia bahkan lebih manis dari semua yang ada dalam dunia, Surga di bumi, Wah 12:1 dalam rencana Allah itu melebihi semua kemanisan dan kenikmatan dunia yang tenggelaman dalam dosa. Jangan terseret dalam Tarsis, menara dan istana dunia, tetapi tetap tinggal dalam Tuhan Yesus, itu Surga di bumi sampai kekal di Surga.


Nyanyian:

zaman sekarang berjagalah,

lihat dunia sangat indah.