Share :  

YESAYA 23:14 KAPAL-KAPAL TARSIS MERAUNG

MERAUNGLAH ENGKAU KAPAL2 TARSIS SEBAB KEKUATAN MU SUDAH HABIS

Kapal2 Tarsis yang terkenal dan sudah membawa banyak emas dan hasil2 yang ajaib bagi Salomo dan seluruh dunia, sekarang me-raung2, sebab semua kekuatannya sudah habis. Semua keindahan dunia akan habis sama sekali. Memang kesukaan dan kemuliaan dunia yang begitu indah tiba2 habis begitu drastis dalam sekejab dan bukan saja begitu, semuaberubah menjadi penderitaan yang paling dahsyat untuk kekal. Kita bisa melihat hebatnya dalam perbandingan sbb : Wah 8:1; 18:10. Satu jam dibandingkan setengah jam.

Dalam Wah 8:1 ada sunyi senyap setengah jam dalam Meterai VII di Surga. Ini adalah pengalaman Anak domba Allah dengan mempelai Anak domba yaitu 144.000 orang sempurna di atas bukit Zion Wah 14:1,4 yang selalu ada ber-sama2 dengan Anak domba Allah. Tetapi dalam Wah 18:10, hanya dalam 1 jam, tiba2 sundal Babil dibakar sampai habis dan lenyap.

Setengah jam 144.000 orang sempurna berada dengan Tuhan Yesus di atas gunung Sion Wah 14:1. Ini saat sendirian yang heran dan indah, antara Kristus dengan mempelai Anak domba Allah.

Rahasia iman dalam dunia 1Tim 3:9 adalah permulaan dari rahasia mempelai yang manis dalam Surga.

Lebih banyak penderitaan karena Kristus yang dicintai, lebih banyak kemanisan khas yang akandidapat. Rahasia penderitaan mempelai wanita karena Kristus, itu menghasilkan kemanisan tersendiri di atas gunung Zion.

Di Surga tidak ada naluri sex dan kesukaan sex, tetapi ada kesukaan kasih yang besar antara 144.000 orang sempurna dengan Kristus seperti kesukaan antara suami isteri. Ini sulit dimengerti sebab manusia hanya mengerti kesukaan sex diantara suami-isteri, padahal di Surga tidak ada kesukaan sex, tetapi ada kesukaan yang sangat mendalam yaitu kesukaan kasih ilahi yang sempurnabagi 144.000 orang yang tinggal sendiri dengan Krsitus. Ini kesukaan khusus, tertinggi hanya ada di antara orang2 sempurna dan Kristus yang selalu ada ber-sama2 dan orang lain tidak bisa berada terus menerus dekat seperti ini.

Ini kesukaan orang2 sempurna di atas gunung Zion dengan Kristus yang tidak dirasakanorang2 lain yang di Surga, hanya oleh orang2 sempurna, bukan kesukaan sex tetapi kesukaan kasih yang tertinggi, yang begitu indah. Mereka bisa mengerti rahasia2 yang dalam, antara lain rahasia Nama Bapa dan rahasia2 lain yang masih belum terbuka tetapi akan terbuka semua pada waktu ini.

Satu jam. Wah 18:19. Kesukaan raja2 di bumi dengan perempuan sundal Babil lebih lama yaitu 1 jam, dua kali lebih lama, senangnya hebat, luar biasa, tetapi sesudah itu susah dan dukacitanya luar biasa untuk kekal. Memang kesukaan perzinaan dan persundalan itu ramai dan meriah seperti Sodom Gomora dan seperti tempat2 perzinaan.

Sangat ramai dan meriah, tetapi hanya sebentar. Betul dua kali dari kesukaan gunung Zion tetapi sesudah itu pahit sekali dan tidak terhingga sampai kekal. Bahkan pada waktu kesukaan sundal Babil itu sedang berlangsung, mereka sudah diancam (sebab itu barang curian, haram) sehingga tidak ada kesukaan yang berarti, sebab segera sesudahnya mereka sangat menderita dan itu diteruskan dalam neraka kekal.

Jangan memilih kesukaan yang berdosa atau kesukaan persundalan, itu hanya seketika lalu berubah menjadi dukacita dan diteruskan sampai kekal.

Tetapi dalam kesukaan yang suciada sukacita yang tampaknya hanya setengah jam, tetapi manis, asli, dankesukaannya berlanjut dalam Surga dalam kesukaan yang tidak terhingga untuk kekal. Sebab itu jangan memilih kesukaan Tarsis atau Babil yang meskipun 1 jam tetapi berubah menjadi dukacita yang tidak terkatakan untuk kekal. (Kata Half an hour dalam concordance tidak ada, hanya ada satu kali dalam Wah 8:1).

YESAYA 23:15 TIRUS DILUPAKAN SEPERTI HARI2 SEORANG RAJA

MAKA AKAN TERJADI PADA HARI ITU, BAHWA TIRUS AKAN DILUPAKAN 70 TAHUN, SESUAI DENGAN HARI2 SEORANG RAJA. SESUDAH AKHIR 70 TAHUN ITU, MAKA TIRUS AKAN MENYANYI SEPERTI SEORANG SUNDAL

(Tirus itu seperti sebuah nyanyian sundal, versi Green, Young, Darby)

(akan terjadi pada Tirus seperti yang ada dalam nyanyian sundal, NIV).

Tirus dan Sidon ini sangat jahat, setara dengan Sodom Gomora yang dibakar Tuhan sebab dosa2nya sudah melebihi batas. Mat 11:20-24. Bahkan raja Tirus ini adalah lambang dari .pa

Lucifer atau iblis yang dilempar ke bumi sebab berdosa amat dahsyat, yaitu ia hendak menjadi sama dengan Allah Penciptanya. Yez 28:1-19. Lucifer juga diceritakan dalam Yes 14:12-17 dan disini ia dilempar ke dalam Lubang.

Dilupakan. Israel (Yehuda) dihukum selama 70 tahun di Babil (sampai mati sebagian besar). 2Taw 36:21, Zak 1:12,7:5, Yer 25:11,12; 29:10, Dan 9:2. Disini hanya dikatakan dilupakan, sebab sesudah lupa, akan teringat kembali. Begitu dengan iblis, meskipun dihukum iblis tidak bisa mati dan sesudah itu ia akan keluar lagi seperti semula, sebab itu dikatakan : "dilupakan". Dalam Yes 23:15 dikatakan bahwa Tirus akan dilupakan 70 tahun, se-olah2 ia tidak ada lagi. Dalam riwayat Lucifer yang diceritakan dalam Alkitab tidak ditemukan ia "dilupakan" selama 70 tahun. Dalam Wah 20:1-3 iblis dilempar dalam Abusos selama 1000 tahun. Dalam Yez 28:8 dikatakan bahwa ia dilempar ke dalam lubang itu juga. Disinijelas dikatakan bahwa ia dilempar dalam abusos sehingga dalam kerajaan 1000 tahun seluruh penduduknya se-olah2 sudah lupa akan iblis dkk. Ia sudah tidak diingat lagi tetapi ia tetap ada disitu sampai akhir dari kerajaan 1000 tahun, baru sesudah itu ia diingat Allah dan dilepaskan dan mulai kembali berbuat seperti sebelumnya, seperti perbuatan perempuan sundal (merayu, menyanyi dengan kecapi dan mendapat upah persundalannya).

SESUAI DENGAN HARI2 SEORANG RAJA.

Orang Yehuda ditawan di Babil sesuai dengan hari2 raja Babil Yer 25:11 dan sesudah itu Tuhan melawat kembali dan membebaskannya.

Disini raja Tirus yaitu Lucifer sendiri adalah seorang raja Yez 28:1. Raja Tirus yang dilupakan dalam Abusos adalah Lucifer atau iblis. Sesudah itu ia diingat kembali dan dibiarkan bekerja mencobai orang2 di bumi, maka ia kembali merayu dan menjerat orang2 di muka bumi dengan rayuan seorang perempuan sundal, dan kembali mendapatkan upah persundalannya. Heran banyak orang terjerat olehnya dan mengikuti dia lagi. Nyanyian rayuannya begitu merdu sehingga banyak orang2 yang sudah merasakan pemerintahan yang ideal dari kerajaan Mesias yaitu Tuhan Yesus, Putra Daud, masih bisa tertipu, terjerat dan tersesat sampai mereka ikut dia dan berbalik menyerang Allah. Akibatnya dahsyat, mereka berani melawan Allah, dan semuanya binasa Wah 20:7-10.

YESAYA 23:16 KECAPI DAN NYANYIAN MERDU PEREMPUAN SUNDAL

AMBILAH SEBUAH KECAPI, PERGI(LAH) KELILING KOTA, ENGKAU SUNDAL YANG DILUPAKAN. BUATLAH IRAMA YANG MERDU, NYANYIKANLAH BANYAK NYANYIAN SUPAYA ENGKAU DIINGAT.

Heran, pada waktu itu (akhir kerajaan 1000 tahun) dimana Tuhan serwa sekalian alam? Mengapa Ia tinggal diam? Sehingga perempuan sundal yang jahat ini mulai bereaksi kembali. Memang Tuhan tinggal diam saja, se-olah2 setuju. Sebab kalau Allah Bapa atau Tuhan Yesus tidak setuju Ia akan membiarkan iblis tinggal dalam Abusos.

Lucifer dkknya dilepas untuk menguji orang2 Israel dan bangsa kafir yang sudah mengalami pemerintahan ideal 1000 tahun dari Tuhan Yesus.

Tetapi orang yang tidak mau percaya, sekalipun diberi kesempatan ideal 1000 tahun akan tetapjatuh dalam pencobaan. Kalau tidak dicoba, tidak kelihatan; tetapi sesudah dicoba tampak begitu banyak orang yang jatuh dan disebut Gog dan Magog. Ini betul2 seperti orang yang pergi kepada perempuan sundal dengan kecapi dan nyanyian yang merdu.

Hubungan umat Tuhan dengan Tuhan itu dianggap seperti kekasih atau suami isteri (ada hubungan cinta). Tuhan mencintai kita dan diharapkan kita juga mencintai Tuhan. Tetapi kemudian ada sebagian umat Tuhan yangberzina dengan yang lain Yak 4:4, seperti isteri Hosea Hos 2:1-2; 3:1-2. 

Pada waktu diperintah dengan tongkat besi, mereka tetap setia, tidak berani berdosa; tetapi sesudah tongkat besi diangkat, tampak siapa yang setia dan tidak setia. Orang beriman yang cinta Tuhan tidak mau mencari kesempatan untuk berdosa, bahkan lari dari kesempatan yang ada Ams 22:3. Tetapi pada akhir zaman ini seperti pada akhir kerajaan 1000 tahun, secara tidak langsung ada banyak kesempatan untuk berdosa, sebab dosa meningkat terlalu tinggi dan limpah di mana2 seperti banjir (tsunami) yang menghanyutkan orang yang tidak punya pendirian, yang tidak sungguh2 mau hidup suci! Kesempatan untuk berbuat dosa itu begitu limpah sehingga tidak lagi bisa dibendung dan setiap orang tidak bisa menghindar, terpaksa menghadapi kesempatan ini. Tetapi orang yang percaya dan cinta Tuhan itu menolak kesempatan dan lari!

Sebab itu cara penggembalaan (atau cara pemeliharaan iman) pada akhir zaman ini (seperti dalam akhir kerajaan 1000 tahun) tidak bisa lagi dengan diisoler, disendirikan, dipingit, tetapi serta kuasa yang besar dari Roh Kudus (Hujan-akhir) sehingga sekalipun ada kesempatan ia tidak mau memakai kesempatan ini, menolak dan lari!(ini lain dengan rata2 orang dunia: Kesempatan membuat orang jadi pencuri). Orang yang percaya Tuhan dan punya pendirian yang betul itu menolak dan lari dari kesempatan yang ada supaya tidak jatuh dalam dosa.

Sebab itu orang beriman di akhir zaman perlu mempunyai:

1). Kemauan dan keputusan, komitment yang betul untuk setia kepada Tuhan dalam susah atau senang, mahir pikul salib.

2). Pengurapan dua kali ganda (seperti ligabo) dan

3). Dapat manna 2 gomer Kel 16:25 dan

4). Bersekutu dengan betul dalam persekutuan tubuh Kristus Ef 4:3, 1Yoh 1:7, Ibr 10:25.

5). Setia dalam pelayanan yang tulus dan dipimpin Roh.

Orang seperti ini baru bisa saling menasehati Pil 2:1, menguatkan dan ada dalam persekutuan yang tetap tidak berlalu, tidak ada hubungan yang baik dan tetap tahan dalam arus dosa dan pencobaanakhir zaman yang luar biasa. Masih banyak orang beriman yang mengabaikan hidup dan ibadah ekstra diakhir zaman ini serta tidak mau membuat pondasi iman yang kuat dari Firman Tuhan Mat 7:24-28, mengerti dan taat Mat 13:23, maka orang2 ini pasti akan jatuh, tidak bisa menolak dan lari dari kesempatan2 dosa yang limpah.

Kesempatan limpah seperti zmman Nuh, Lot itu :

1. Penuh nyanyian2 merdu dengan kesukaan yang berdosa sesaat.

2. Kecapi. Dengan tehnologi modern, makin nikmat merata ke semua orang.

3). Keliling negeri "promosi, advertensi" untuk menjemput bola, di-mana2 ia masuk dan menjerat umat Tuhan. Penggoda2 itu penuh dengan sukacita, oleh nyanyian merdu dan kecapi kelezatan dosaserta keliling sampai masuk dalam setiap orang.

Sebab itu perempuan sundal ini dingat kembali (bahkan dicari dan diperebutkan) dan terjadilah kejatuhan yang besar di akhir zaman. 1Tim 4:1, 2Tes 2:3.di akhir kerajaan 1000 tahun seperti juga di akhir zaman ini.

YESAYA 23:17 TIRUS KEMBALI MENJADI PEREMPUAN SUNDAL

MEREKA AKAN JADI PADA AKHIR DARI 70 TAHUN, TUHAN AKAN MELAWAT TIRUS DAN IA AKAN KEMBALI PADA UPAHNYA DAN AKAN BERSUNDAL DENGAN SEMUA KERAJAAN DUNIA DI ATAS MUKA BUMI INI.

Kerajaan 1000 tahun adalah kesempatan yang terbesar dan terakhir untuk memilih percaya pada Tuhan. Manusia tidak diciptakan seperti robot, sebab itu sesudah "dipaksa" hidup suci dan bahagia 1000 tahun. Sekarang merekadilepas dan orang yang memang tidak mau memilih dan percaya pada Tuhan akan kembali memilih iblis dan menuruti kehendaknya sendiri dan binasa!

Tirus diumpamakan seperti perempuan sundal, sebab memang ibadah kepada Tuhan itu digambarkan seperti proses cinta antara suami isteri.

Kekristenan itu adalah hubungan cinta (ilahi)pada Allah dan pada orang2 yang berhubungan dengan dia atau yang ada disekitarnya. Kalau tumbuh rohani, maka cinta ilahi di dalamnya akan makin nyata.

UPAH PEREMPUAN SUNDAL

Kesukaan persundalan sesaat dibayar dengan siksaan kekal di dalam Neraka, sungguh tidak seimbang. Sebab itu iblis terus bodoh dan menipu sampai sesat. Kalau terus terang, jujur, tidak ada orang yang mau, sekalipun ada kesukaan dosa, itu hanya sesaat (Ibr 11:25) dan celaka untuk kekal. Dan orang yang kena tipu daya sundal Tirus itu (karena bunyi kecapi, nyanyian2 yang merdu dan terus keliling kota) itu seperti rusa yang masuk jerat dan binasa. Jangan tertipu oleh kesukaan dosa sesaat,  lebih baik pikul salib, itu memberi sukacita yang sejati (kalau percaya Mat 11:30) dan hidup kekal yang senang dan mulia.

YESAYA 23:18 DIJARAH HABIS

MAKA BARANG2 DAGANGANNYA DAN UPAHNYA AKAN MENJADI SUCI BAGI TUHAN, ITU TIDAK AKAN DISIMPAN ATAU DITARUH, KARENA BARANG2 DAGANGANNYA AKAN BAGI MEREKA YANG DIAM DI HADAPAN TUHAN UNTUK MAKANAN SECUKUPNYA DAN UNTUK PAKAIAN YANG TAHAN LAMA.

Biasanya dalam peperangan, barang2 jarahan itu sebagian diambil menjadi suci bagi Tuhan. Misalnya dalam 1Taw 26:27, 2Taw 15:11. Kecuali dalam beberapa kasus itu dilarang oleh Tuhan, misalnya dalam kasus Yerikho (Semua dihitung sebagai barang tumpas Yus 7:1), tetapi Achan melanggar.

Tetapi disini Tuhan berkata barang2nya suci bagi Tuhan, tetapi itu tidak langsung, sebab upah persundalan itu najis, misalnya Yer 17:11. Tetapi Tuhan akan membuat jalan yang betul, benar dan jujur, sebab jarahan dari perang yang dimenangkan, itu boleh disucikan. Misalnya lewat perdagangan yang resmi, jual beli dsb. Misalnya dalam toko kita berjualan beras atau komputer, semua orang boleh beli dan hasilnya itu suci, sebab kita bekerja dengan jujur dan suci, sehingga keuntungannya itu suci. Dengan cara tidak langsung dan betul, keuntungan orang berdosa yang jahat itu dipindahkan oleh Tuhan dengan cara2 yang legal kepada orang2 yang hidup dalam kebenaran dankesucian Pkh 2:26. Orang yang hidup di hadapan Tuhan itu hidup dalam kesucian, bahkan sampai angan2 dan cita2nya Gal 5:24, Ul 5:21 dll dan Tuhan yang memelihara dengan benar. Contoh lain misalnya orang Mesir memberi barang2 emas dan barang2 berharga lainnya pada orang Israel (yang mendapatkan upahnya dengan tidak adil). Domba2 Laban diberikan kepada Yacob sesuai dengan perjanjian Laban sendiri, begitu juga jarahan2 yang didapat Abraham, Daud dsb sesudah menang perang.

KESIMPULAN

Segala rencana Allah akan jadi dan tidak pernah salah atau gagal. Kalau kita cinta dan taat kepadaNya, jangan kuatir untuk segala perkara yang kita butuhkan dan kita akan tetap bisa hidup dalam kesucian bahkan meningkat sampai puncak2nya dan Tuhan akan memelihara. Sebab itu dengan sejahtera dan tanpa kuatir, taat saja hidup dipimpin Roh, yaitu dengan cara yang ekstra khusus di akhir zaman yang jahat ini.